Amankah Kandungan Propylene Glycol pada Skincare?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 September 2022

“Propylene glycol dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit dan tidak menyebabkan kemerahan atau iritasi. Namun, tidak semua orang dapat mentoleransi bahan tersebut, terutama bagi pengidap dermatitis kontak.”

Amankah Kandungan Propylene Glycol pada Skincare?Amankah Kandungan Propylene Glycol pada Skincare?

Halodoc, Jakarta – Propylene glycol (propilen glikol)merupakan zat yang umum digunakan dalam kosmetik dan skincare. Kandungan tersebut dibuat dari petrokimia. Perlu diketahui, bahan yang dibuat dari petrokimia, biasanya tidak aman untuk lingkungan meningkat efek iklim dari penggunaan bahan bakar fosil. Selain itu, beberapa laporan menemukan bahwa bahan Propylene glycol dapat mengiritasi kulit, dan menimbulkan reaksi alergi.

Meski begitu, peneliti juga menemukan bahwa bahan tersebut dapat dibuat dari molekul tumbuhan, seperti minyak sayur, jagung, dan tebu. Propylene glycol yang berbasis sayuran bisa menjadi alternatif pilihan tepat.

Lantas, apakah kandungan propylene glycol pada skincare aman digunakan?

Propylene Glycol pada Skincare Masih Dapat Ditoleransi

Propylene glycol adalah humektan, artinya bahan tersebut pada produk perawatan tubuh berfungsi meningkatkan retensi kelembaban di kulit dan rambut. Propylene glycol dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit dan tidak menyebabkan kemerahan atau iritasi. 

Namun, sebenarnya masalah potensial propilen glikol bersumber dari humektan yang dapat meningkatkan penetrasi kulit (pengelupasan kulit). Humektan menyerap kelembaban dari apa pun di sekitarnya. Dan jika skincare mengandung humektan yang meningkatkan penetrasi kulit, ada kemungkinan racun berbahaya dapat menembus kulit di tempat yang biasanya mereka tidak bisa tembus. Apabila racun kulit tersebut berupa polutan atau bahan kimia keras, mereka dapat merusak penghalang lipid dan menyebabkan iritasi. 

Jika molekul-molekul ini adalah racun kulit seperti polutan atau bahan kimia keras, mereka dapat merusak penghalang lipid dan menyebabkan iritasi kulit.

Namun, saat ini bahan pembuat propilen glikol menggunakan minyak bumi yang tingkatnya tidak sama dengan minyak bumi komersial. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kandungan bahan tersebut. 

Sementara itu, saat ini terdapat dua jenis propilen glikol, yaitu alfa dan beta. Versi beta terbuat dari fermentasi tepung jagung, tanpa petrokimia. Jenis propilen glikol berbasis tumbuhan ini tentu merupakan pilihan tepat dan aman. 

Manfaat Propilen Glikol pada Produk Perawatan Tubuh

Propilen glikol adalah bahan yang banyak ditemukan pada produk perawatan tubuh. Seperti losion, sabun, sampo, kondisioner, bahkan deodoran. Berikut alasan yang membuat propilen glikol begitu populer:

  • Merupakan zat pengawet. Propilen glikol dapat membantu memperpanjang umur simpan produk perawatan kulit, berkat sifat antimikroba yang membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang berlebihan. 
  • Merupakan humektan. Pada tingkat yang rendah, propilen glikol sering digunakan untuk meningkatkan manfaat pelembab dari produk perawatan kulit, karena memiliki afinitas tinggi terhadap air. Humektan menarik air ke dalam kulit dan membantu menjaga kulit lebih kenyal dan terhidrasi. Itu sebabnya propilen glikol sering digunakan dalam formulasi pelembab.
  • Membuat bahan lain di produk skincare lebih efektif. Bahan aktif dapat menembus kulit dengan baik berkat kandungan propilen glikol.

Tetap Waspadai Efek Sampingnya

Meskipun propilen glikol cukup umum dan aman digunakan, tapi kamu tetap perlu waspada. Sebab tidak semua orang dapat mentoleransi bahan tersebut. Terutama pada pengidap dermatitis kontak, propilen glikol dapat menyebabkan reaksi alergi. 

Kamu berpotensi mengalami ruam saat menggunakan produk dengan propilen glikol jika:

  • Memiliki kondisi kulit, seperti eksim.
  • Memiliki riwayat alergi.
  • Memiliki kulit sensitif.

Jika kamu khawatir akan mengalami reaksi terhadap bahan ini, atau jika kamu mengalami ruam atau reaksi lain setelah menggunakan produk yang mengandung propilen glikol, sebaiknya segera tanya dokter di aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Role Does Propylene Glycol Have in Skin Care and Beauty Products?
Byrdie. Diakses pada 2022. What’s the Truth About Propylene Glycol in Skincare?
Green People. Diakses pada 2022. WHAT IS PROPYLENE GLYCOL IN SKIN CARE?
Mind Body Green. Diakses pada 2022. Propylene Glycol: What It Is, Benefits, Safety + What To Look For 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan