Aman untuk Pernapasan, Ini 4 Jenis Obat Nyamuk Alami

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Agustus 2022

“Untuk melindungi dari gigitan nyamuk, ada baiknya untuk menggunakan obat nyamuk alami. Penggunaannya aman untuk pernapasan, serta berbagai dampak buruk lainnya dari kandungan zat kimia.”

Aman untuk Pernapasan, Ini 4 Jenis Obat Nyamuk AlamiAman untuk Pernapasan, Ini 4 Jenis Obat Nyamuk Alami

Halodoc, Jakarta – Di musim penghujan seperti sekarang ini, nyamuk dapat dengan mudah berkembang biak, sehingga risiko alami penularan penyakitnya lebih tinggi. Maka dari itu, perlu tahu beberapa cara untuk mengatasinya, salah satunya untuk menggunakan obat nyamuk alami.

Nyamuk lebih tertarik pada beberapa hal, seperti bau yang kuat (bau badan), pakaian yang berwarna gelap atau mencolok, hingga suhu tubuh yang hangat. Jika kamu ingin menghindari gigitan nyamuk, pastikan memperhatikan hal tersebut.

Obat nyamuk faktanya tidak benar-benar membunuh nyamuk. Alat ini bekerja sebagai penolak nyamuk, caranya membuat seseorang kurang menarik bagi hewan ini, sehingga tidak digigit. Meski begitu, alangkah lebih baiknya untuk memilih obat nyamuk yang alami.

Berbagai Jenis Obat Nyamuk Alami

1. Bunga Lavender

Diketahui jika bunga ini dapat menghasilkan aroma dan minyak yang ampuh dalam mengusir nyamuk. Bunga ini kerap digunakan sebagai obat nyamuk alami, sebab memiliki fungsi sebagai analgesik, antijamur, hingga antiseptik. Berarti, penggunaannya ampuh dalam mencegah gigitan nyamuk, serta menyejukkan kulit.

Cara membuat bunga lavender sebagai obat nyamuk alami:

Kamu bisa menanam lavender di area luar rumah atau ukuran kecil di dalam ruangan. Selain itu, bisa juga dengan cara menumbuk bunga tersebut hingga halus, lalu oleskan minyak ke area tubuh yang rentan terkena gigitan.

2. Minyak Kayu Putih

Memang, minyak kayu putih sudah menjadi salah satu obat nyamuk alami yang umum digunakan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah menyetujui jika minyak kayu putih adalah salah satu bahan yang efektif agar tidak terkena gigitan nyamuk. Penggunaan minyak ini bahkan bisa melindungi hingga 3 jam lamanya.

3. Minyak Thyme

Minyak thyme juga salah satu obat nyamuk alami dalam usir nyamuk, terutama nyamuk malaria. Pada beberapa penelitian disebutkan jika minyak ini ampuh melindungi tubuh dari gigitan nyamuk.

Cara membuat minyak thyme sebagai obat nyamuk alami:

Kamu bisa mencampurkan 4 tetes minyak thyme ke setiap sendok teh minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada tubuh yang rentan terkena gigitan nyamuk. Untuk membuat semprotan, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air.

4. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh terkenal karena kandungan antiseptik, antimikroba, dan anti-inflamasinya. Kandungan tersebut ampuh dalam mengusir serangga, termasuk juga nyamuk. Maka dari itu, mengoleskan minyak ini saat ke luar rumah, sebab sangat ampuh dalam mencegah gigitan nyamuk dan serangga lainnya.

Itulah pembahasan mengenai jenis obat nyamuk alami yang bisa digunakan, sehingga tubuh terlindungi dari gigitan serangga merugikan tersebut. Ada baiknya untuk diaplikasikan setiap ke luar rumah agar senantiasa terlindungi.

Lalu, jika masih memiliki pertanyaan terkait obat nyamuk alami lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui penggunaan smartphone di tangan!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Natural Mosquito Repellents.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Natural Ingredients That Repel Mosquitoes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan