Adakah Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Asma? Ini Faktanya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Juni 2024

“Pengobatan menggunakan tanaman herbal sering dijadikan opsi untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk asma. Jahe, kunyit, dan jintan hitam merupakan tanaman herbal yang dipercaya mengatasi asma.”

Adakah Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Asma? Ini FaktanyaAdakah Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Asma? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Asma adalah kondisi menyempitnya saluran udara di paru-paru sehingga menyebabkan kesulitan bernapas. Hingga kini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan asma secara permanen.

Akan tetapi pengobatan yang tepat dapat membantu mengendalikan gejalanya, sehingga pengidap asma dapat hidup normal dan aktif. Beberapa orang ada yang beralih menggunakan tanaman herbal untuk meredakan gejala asma.

Nah, pertanyaannya apakah tanaman herbal benar-benar efektif untuk mengatasi asma? 

Apakah Tanaman Herbal Efektif Mengatasi Asma?

Pengobatan menggunakan ekstrak tanaman herbal merupakan metode pengobatan tertua di seluruh dunia. Kini, pengobatan herbal dikenal juga sebagai pengobatan alternatif.

Ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa pengobatan herbal dapat meringankan gejala asma. Namun, manfaat dari pengobatan ini cenderung lebih sedikit daripada pengobatan medis. Karena itu, obat herbal sebaiknya sebagai pelengkap atau pendukung saja.

Ada beberapa risiko yang perlu kamu pertimbangkan jika kamu tertarik menggunakan tanaman herbal, yaitu:

  • Tidak ada bukti kuat yang mendukung bahwa obat herbal dapat memperbaiki gejala asma atau fungsi paru-paru.
  • Beberapa tanaman herbal mengganggu pengobatan asma secara medis dan menyebabkan komplikasi.
  • Kurangnya standarisasi mengenai kandungan, dosis, dan efek samping penggunaan obat herbal.
  • Tanaman herbal dapat menyebabkan reaksi alergi.
  • Bagi anak-anak, ibu hamil atau ibu menyusui, sebaiknya berhati-hati menggunakan obat herbal.

Ketahui juga fakta mengenai terapi lainnya yang dapat menyembuhkan asma, selengkapnya di laman berikut, “Ketahui Fakta Penyembuhan Asma dengan Terapi”.

Kamu juga bisa menemukan rekomendasi obat asma pada artikel berikut ini:

Tanaman Herbal untuk Pengidap Asma

Meskipun demikian, kamu tetap boleh kok mengonsumsi tanaman herbal untuk meringankan gejala asma atau melegakan pernapasan. Namun, pengobatan herbal ini harus bersama dengan obat resep dari dokter. 

Nah, sebelum menggunakan obat herbal, tanyakan pula pada dokter untuk memastikan bahwa tanaman herbal tersebut aman dan tidak memperparah sakit asma. 

Nah, berikut ini beberapa tanaman herbal untuk mengatasi gejala asma:

1. Jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang mengandung antiinflamasi dan dapat membantu meringankan asma berat.

Di dalamnya terdapat senyawa 6-gingerol yang berfungsi mengurangi radang paru-paru karena alergi. Adapun sebuah studi juga menunjukan bahwa jahe dapat membantu mengendurkan otot trakea dan jalan napas.

Jahe juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Simak pembahasannya pada artikel ini: “10 Manfaat Jahe yang Bisa Didapatkan untuk Kesehatan

2.  Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang berwarna kuning cerah. Warna dari kunyit berasal dari kurkumin. Kurkumin merupakan zat pewarna alami yang bisa mengurangi peradangan, termasuk peradangan paru-paru yang menyebabkan asma. 

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 500 mg suplemen kurkumin setiap hari membantu membuka saluran pernapasan, dan secara signifikan meningkatkan kekuatan ekspirasi. 

Selain itu, penggunaan suplemen kurkumin juga aman kamu kombinasikan dengan pengobatan medis. Namun, penelitian ini masih harus dikaji lebih lanjut untuk mengetahui manfaat dan bahayanya.

3. Bawang putih dan ginseng

Ginseng memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk memperbaiki kondisi pernapasan. Sementara itu, bawang putih memiliki manfaat kesehatan, seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Pada penelitian terhadap hewan tikus, bawang putih dan ginseng diketahui dapat meredakan gejala asma dan mengurangi pembengkakan pada sistem pernapasan tikus. Meskipun begitu, studi lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi efektivitasnya. 

Untuk mengatasi asma, kamu juga dapat mempertimbangkan pola hidup sehat pada artikel berikut ini: “Ini 5 Pola Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan oleh Pengidap Asma”.

4. Habbatussauda atau jintan hitam

Habbatussauda terkenal sebagai rempah-rempah yang mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya yaitu mengurangi gejala asma.

Menurut sebuah studi, habbatussauda dapat membantu meringankan gejala asma, mengurangi peradangan, dan memperbaiki fungsi saluran napas. Akan tetapi, penelitian ini juga masih harus dipelajari lebih lanjut.

5. Madu

Madu telah terbukti meningkatkan produksi air liur. Air liur dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan yang menyebabkan batuk, serta melegakan tenggorokan.

Selain itu, madu memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu meringankan edema di saluran pernapasan yang menyebabkan asma. Mengkombinasikan madu dengan jahe atau kunyit dapat membuat tenggorokan merasa hangat dan nyaman.

Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan tanaman herbal lainnya. Contohnya seperti kayu manis, yang dapat memberikan antioksidan dan anti-bakteri sehingga dapat membantu sistem pernapasan melawan kuman dan polutan.

Ketahui juga faktor-faktor penyebab asma dengan membaca artikel ini: “7 Faktor Utama Penyebab Asma yang Harus Diwaspadai”.

Itulah fakta mengenai tanaman herbal dalam mengobati gejala asma. Supaya lebih aman, sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika ingin mengonsumsi obat herbal. 

Nah, melalui Toko Kesehatan Halodoc, kamu bisa lho mengakses baik obat herbal maupun obat medis secara praktis. Dalam kurun waktu satu jam, obat akan sudah sampai di depan rumahmu.

Praktis bukan? Yuk, tunggu apa lagi download Halodoc sekarang. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 5 Herbs for Severe Asthma: Are They Effective?
Healthline. Diakses pada 2023. 14 Natural Ways to Help Treat Severe Asthma.
Healthmatch. Diakses pada 2023. How Effective Are These 7 Herbs In Treating Severe Asthma?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan