Adakah Manfaat Kembang Telang untuk Mata?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Juni 2023

“Kembang telang bisa menimbulkan iritasi dan reaksi alergi pada mata jika terjadi kontak langsung, serta penggunaan yang tidak sesuai juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pada kesehatan mata.”

Adakah Manfaat Kembang Telang untuk Mata?Adakah Manfaat Kembang Telang untuk Mata?

Halodoc, Jakarta – Kembang telang, juga terkenal dengan sebutan sebagai bunga biru, adalah jenis tumbuhan yang memiliki bunga berwarna biru. Keindahan warna yang memiliki nilai estetika sering kali dianggap sebagai sumber potensi manfaat kesehatan. 

Salah satu klaim manfaat kesehatannya termasuk bahwa ekstrak atau infus dari bunga tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan mata. Namun, sebelum mempercayai klaim tersebut, penting untuk memahami informasi yang akurat yang berdasarkan fakta ilmiah.

Bahaya Kembang Telang Untuk Kesehatan Mata

Kembang telang mengandung senyawa antosianin yang memiliki sifat antioksidan berperan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa antosianin dalam kembang telang dapat memberikan manfaat kesehatan, termasuk kesehatan mata. 

Namun, jika penggunaannya tidak tepat dapat menimbulkan masalah kesehatan mata. Berikut adalah bahaya yang bisa terjadi.

1. Efek Alkali

Bunga telang mengandung senyawa alkali yang dapat mengiritasi mata manusia. Jika kontak langsung terjadi antara bunga atau ekstrak kembang telang dengan mata, maka bisa menimbulkan rasa terbakar, peradangan, dan iritasi mata. Ini dapat memengaruhi kenyamanan visual dan menyebabkan masalah kesehatan mata untuk sementara.

2. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin alergi terhadap kembang telang. Alergi ini dapat terjadi ketika bunga atau ekstrak kembang telang bersentuhan langsung dengan mata. Gejala alergi mata dapat berupa mata merah, gatal, bengkak, berair berlebihan, dan bahkan konjungtivitis alergi. Jika kamu memiliki riwayat alergi atau mata sensitif, sebaiknya hindari kontak langsung dengan bunga telang.

3. Penggunaan yang Tidak Terkontrol

Sebagian orang mungkin mencoba menggunakan ekstrak atau infus kembang telang secara langsung pada mata dengan harapan mendapatkan manfaat kesehatan. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung penggunaan kembang telang ini secara langsung pada mata. Penggunaan yang tidak terkontrol dan tanpa petunjuk medis bisa menimbulkan iritasi, infeksi, atau bahkan kerusakan lebih serius pada mata.

Langkah Pencegahan Timbulnya Bahaya Kembang Telang Untuk Mata

Meskipun kembang telang memiliki potensi manfaat kesehatan, terutama karena kandungan antioksidannya, penting untuk memperhatikan penggunaannya dalam batas yang wajar. Terkait dengan manfaat lainnya, bisa juga membaca artikel mengenai Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan.

Sebagai tindakan pencegahan, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Hindari Kontak Secara Langsung

Jika tanaman kembang telang tumbuh di taman atau lingkungan sekitar, perhatikan untuk tidak menyentuh mata setelah menyentuh bunga tersebut. Biasakan untuk mencuci tangan sesudah menyentuhnya, untuk meminimalisir terjadinya kontak secara tidak sengaja ketika memegang mata.

2. Konsultasikan dengan Dokter Mata

Jika kamu memiliki masalah mata atau ingin menggunakan kembang telang untuk tujuan kesehatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata atau profesional medis yang berkualifikasi. Mereka dapat memberikan nasihat dan anjuran yang sesuai berdasarkan kondisi kesehatan mata.

3. Patuhi Petunjuk Penggunaan

Jika kamu menggunakan produk yang mengandung ekstrak atau infus kembang telang, pastikan untuk membaca dan mengikuti instruksi penggunaan yang terlampir dengan cermat. Jangan menggunakan produk tersebut secara berlebihan atau tanpa rekomendasi medis.

Meskipun kembang telang memiliki keindahan dan manfaat untuk kesehatan, namun penggunaan yang tidak tepat atau berlebih bisa menimbulkan bahaya terkait dengan kesehatan mata. Gunakan kembang telang dengan bijak agar dapat memperoleh manfaatnya dengan maksimal dan kesehatan mata tetap terjaga.

Ingin mengetahui lebih lanjut seputar tanaman herbal lainnya? Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter ahli secara langsung melalui Halodoc. Selain itu, nikmati kemudahan dalam memenuhi kebutuhan makanan dan minuman sehat tanpa perlu keluar rumah. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Dapatkan informasi kesehatan seputar kembang telang untuk mata.
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Butterfly Pea Flower (Blue Tea): Benefits and Side Effects.
Sweetish Hill. Diakses pada 2023. Is Butterfly Pea Good For Eyes?
Tea How. Diakses pada 2023. Blue Tea: Benefits, Side Effects, Weight Loss, and Much More.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan