Adakah Cara untuk Mengetahui Pria Masih Perjaka atau Tidak?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Desember 2022

“Secara medis tidak ada tes yang dapat menentukan apakah seorang pria masih perjaka atau tidak. Hanya saja, kalau seorang pria mengalami infeksi menular seks, sudah pasti ia sudah pernah melakukan hubungan seks.”

Adakah Cara untuk Mengetahui Pria Masih Perjaka atau Tidak?Adakah Cara untuk Mengetahui Pria Masih Perjaka atau Tidak?

Halodoc, Jakarta – Keperjakaan ataupun keperawanan adalah konstruksi sosial yang masyarakat bangun sejak zaman dahulu. Apa itu perjaka? Seorang laki-laki disebut perjaka ketika ia sama sekali belum pernah melakukan hubungan seks. 

Pada umumnya, terutama di budaya timur, perempuan belum menikah yang tidak lagi perawan kerap menjadi masalah, sedangkan pada laki-laki tidak menjadi masalah. Status perawan ataupun perjaka sebenarnya sama sekali tidak memengaruhi status kesehatannya, kecuali kalau ia melakukan seks tidak bertanggung jawab.

Lantas, adakah cara untuk mengetahui pria masih perjaka atau tidak? Baca selengkapnya di sini!

Apa itu Perjaka dan Cara Mengetahuinya

Menurut World Health Organization, tidak ada tes kesehatan yang dapat membuktikan apakah seorang pria masih perjaka atau tidak. Ada beberapa situasi yang membuat masyarakat menilai seseorang masih perjaka atau tidak, walaupun sebenarnya ini belum tentu benar, yaitu: 

1. Memahami posisi seks

Terkadang, ketika seorang pria tahu beberapa gerakan atau posisi seks, banyak orang menganggapnya sudah tidak perjaka lagi. Padahal, bisa saja mereka mengetahui informasi tersebut dari bacaan ataupun sumber informasi lain.

Jadi, tidak bisa dipastikan ketika dia mengetahui semua gerakan seks sudah tentu pernah melakukan hubungan seks. 

2. Tidak bingung saat melakukan penetrasi 

Saat pertama kali melakukan hubungan seks, khususnya penetrasi, beberapa pria kerap merasa ini hal yang membingungkan. Namun, saat pria sudah tidak mengalami kebingungan saat hendak melakukan penetrasi, bisa saja ini menandakan ia pernah berhubungan seks sebelumnya. 

3. Terlalu cepat orgasme

Jika baru pertama kali melakukan hubungan seks, pria biasanya orgasme terlalu cepat. Itu karena sensasi yang menumpuk dan kurangnya pengalaman mengenai cara menahan ejakulasi.

Namun, hal ini juga tidak mutlak. Terkadang ada beberapa kondisi pria yang sudah aktif secara seksual juga cepat orgasme karena sudah lama tidak melakukan hubungan seks, faktor psikologis, dan beberapa kondisi kesehatan lainnya. 

4. Mengidap penyakit menular seks

Ketika seorang pria mengidap penyakit menular seks, sudah tentu dia tidak perjaka lagi. Sebab penyakit menular seks terjadi akibat aktivitas seks, baik penetrasi, petting, ataupun oral seks.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi

Ketimbang kamu pusing memikirkan perjaka atau tidak, ada baiknya kamu berfokus pada kesehatan organ reproduksimu. Cara menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan menjaga kebersihan dan menghindarkan diri dari perilaku seks tidak bertanggung jawab.

Berikut beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan:

1. Makan makanan yang sehat

Pilih banyak buah dan sayuran, yang kaya antioksidan dan dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Mencegah infeksi menular seksual (IMS)

Infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Setia pada satu pasangan seksual dan selalu menggunakan kondom untuk berhubungan seks berisiko adalah langkah pencegahan IMS.

3. Mengelola stres

Stres dapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu hormon yang tubuh butuhkan untuk menjaga kesehatan reproduksi.

4. Olahraga

Aktivitas fisik sedang dapat meningkatkan kadar enzim antioksidan yang kuat, yang dapat membantu melindungi kesehatan reproduksi.

Itulah informasi mengenai apa itu perjaka, cara mengetahui pria perjaka atau tidak, dan tips menjaga kesehatan reproduksi pria. Kalau kamu punya pertanyaan seputar kesehatan reproduksi bisa tanya langsung dokter lewat aplikasi Halodoc ya! Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About First-Time Sex.
MedicineNet. Diakses pada 2022. Can a Gynecologist See If You’re a Virgin?
The Health Site.com. Diakses pada 2022. 3 Signs Your Husband Or Boyfriend Is Not A Virgin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan