9 Tanda Mau Haid yang Perlu Diperhatikan, Bukan Cuma Kram Perut

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 November 2023

“Menstruasi menjadi hal yang normal terjadi pada wanita. Namun, setiap wanita bisa saja menunjukkan tanda mau haid yang sangat beragam, mulai dari perut yang terasa kram hingga sakit kepala dan muncul jerawat.”

9 Tanda Mau Haid yang Perlu Diperhatikan, Bukan Cuma Kram Perut9 Tanda Mau Haid yang Perlu Diperhatikan, Bukan Cuma Kram Perut

Daftar Isi:

  1. Tanda Mau Haid yang Perlu Diperhatikan

Halodoc, Jakarta – Setiap wanita bisa mengalami periode haid yang tidak sama. Beberapa mengalami siklus yang normal, ada pula yang tidak. Meski begitu, tak semua wanita bisa memperkirakan kapan menstruasi datang sehingga menggunakan tanda mau haid sebagai alternatifnya. 

Sama halnya dengan siklus, tanda mau haid dari setiap wanita juga bisa tidak sama. Hal ini memang umum terjadi, tetapi jika kamu tidak melakukan persiapan, datangnya haid bisa mengganggu kenyamanan beraktivitas. Inilah mengapa sebaiknya kamu mengenali apa saja tanda menstruasi pada tubuh. 

Tanda Mau Haid yang Perlu Diperhatikan

Kram perut bukan menjadi satu-satunya tanda mau haid yang terjadi pada sebagian besar wanita saat PMS. Ada beberapa tanda lain yang bisa kamu kenali, yaitu: 

1. Jerawat

Ciri khas lain yang terjadi pada wanita menjelang menstruasi adalah muncul jerawat pada wajah. Ini karena kadar hormon progesteron yang meningkat yang menyebabkan produksi minyak berlebih, sehingga membuat pori-pori kulit tersumbat dan jerawat pun muncul. 

2. Perubahan suasana hati

Jelang haid, seorang wanita bisa mengalami perubahan suasana hati yang sangat cepat. Misalnya, sedih, kesal, dan senang pada waktu yang sama. Kondisi ini memiliki istilah mood swing

Biasanya, tanda ini akan menghilang setelah darah menstruasi keluar. Kalau kamu juga mengalami hal ini, sebaiknya perbanyak istirahat, lakukan meditasi, dan konsumsi jenis makanan yang bisa menguranginya. Ini termasuk buah dan sayur. Kamu juga bisa coba melakukan 5 Cara Meningkatkan Mood saat Sedang PMS.

3. Nyeri payudara

Tanda mau haid selanjutnya adalah nyeri pada payudara karena peningkatan kadar hormon progesteron menjelang menstruasi. Sama halnya dengan mood swing, nyeri pada payudara biasanya akan mereda setelah menstruasi. 

4. Nafsu Makan Meningkat

Menjelang haid, wanita juga kerap mengalami peningkatan nafsu makan. Biasanya, wanita akan cenderung mencari makanan yang manis, seperti cokelat, kue, permen, atau makanan cepat saji. 

Meski begitu, pastikan kamu tetap memperhatikan pola makan dan mengonsumsi menu makanan sehat. Pilih coklat hitam ketimbang coklat susu kalau kamu sedang ingin mengonsumsi makanan manis. 

5. Tubuh kelelahan juga menjadi tanda mau haid

Hormon yang mengalami perubahan juga bisa berdampak pada pola tidur. Tak heran jika tanda mau haid termasuk tubuh yang kelelahan dan lebih cepat mengantuk. 

Meski bisa mereda setelah menstruasi, kamu sebaiknya tetap rutin berolahraga untuk membantu menjaga tidur tetap berkualitas. 

6. Perut kembung

Selain perubahan hormon, makanan yang kamu konsumsi juga bisa membuat perut kembung. Ini juga menjadi tanda mau haid yang bisa kamu kenali. 

Guna membantu mengurangi hal ini, kamu bisa memperbanyak asupan cairan harian, makan sering dalam porsi kecil, dan menghindari makanan yang mengandung gas. 

7. Sakit kepala

Tak sedikit pula wanita yang mengalami sakit kepala berat menjelang menstruasi. Faktanya, hal ini ada hubungannya dengan kadar hormon estrogen pada tubuh yang berubah dan berdampak pada otak. Baca selengkapnya pada artikel Sakit Kepala saat Menstruasi Terjadi karena Hormon?

Kamu bisa membantu mengatasi hal ini dengan mengonsumsi minuman hangat seperti teh atau jahe. Jika belum membaik, tak ada salahnya mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. 

8. Sensitif terhadap suara, cahaya, dan sentuhan

Studi dalam Archives of Gynecology and Obstetrics menyebutkan, wanita yang mengalami PMS akan menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, cahaya, dan suara saat mau haid. 

Alhasil, kondisi ini akan membuat mereka merasa gelisah dan tidak nyaman ketika ada pada lokasi yang silau, berisik, dan banyak orang. 

9. Diare atau sembelit

Tanda mau haid terakhir adalah mengalami diare atau sembelit. Lagi-lagi, kondisi ini masih ada kaitannya dengan kadar hormon tubuh yang cenderung fluktuatif menjelang menstruasi. 

Kadar hormon prostaglandin yang mengalami peningkatan menjadi pemicu terjadinya kontraksi pada usus. Inilah yang membuat kamu mengalami diare. Sementara itu, kadar hormon progesteron yang meningkat berpengaruh pada kondisi sembelit. 

Itu tadi beberapa tanda mau haid yang perlu kamu perhatikan sehingga kamu bisa berjaga-jaga untuk membawa pembalut saat merasakan kemunculan tanda tersebut. Segera tanyakan pada dokter ahli kandungan dari Halodoc jika keluhan ini tidak reda atau hilang setelah menstruasi. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada Desember 2023. Menstrual Problems.
NIH. Diakses pada Desember 2023. NICHD. Menstruation.
WebMD. Diakses pada Desember 2023 9 Signs Your Period is Coming.
Archives of Gynecology and Obstetrics. Diakses pada 2023. Cognitive, sensory, and emotional changes associated with the menstrual cycle: a review.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan