9 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 September 2023

“Buah plum mengandung ragam nutrisi, seperti kalori, protein, serat, dan karbohidrat. Manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah anemia.”

9 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan dan Kecantikan9 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Buah plum pertama kali berasal dari China,  lalu diperkenalkan ke Jepang dan dibudidayakan hingga ke Eropa dan Amerika. Sampai sekarang, terdapat 2.000 varietas berbeda di seluruh dunia.

Buah ini memiliki tampilan luar yang mirip apel dengan diameter sekitar 5 sampai 6 sentimeter. Kulit luarnya halus dengan daging buah bertekstur lembut. Buah ini masih satu keluarga dengan persik dan aprikot.

Warnanya kulitnya beragam, mulai dari ungu, merah, hijau, kuning, hingga oranye. Sementara dagingnya berwarna kuning, oranye, atau merah muda. Rasanya manis dan segar, cocok untuk hidangan penutup setelah makan.

Kandungan Gizi Buah Plum

Dalam satu cangkir berkisar 100 gram buah segar mengandung:

  • Kalori: 76 kilokalori.
  • Protein: 1 gram.
  • Lemak: 1 gram.
  • Karbohidrat: 18 gram.
  • Serat: 2 gram.
  • Gula : 16 gram.

Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti:

  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Vitamin K.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Vitamin C.
  • Folat.
  • Vitamin A.

Baik buah plum segar maupun kering memiliki nutrisi yang sama. Bedanya, dalam buah kering terdapat kandungan gula yang tinggi. Jumlahnya berkisar 66 gram per cangkir yang setara dengan 100 gram.

Manfaat Buah Plum untuk Apa?

Buah plum atau yang lebih populer dengan sebutan buah prem di Indonesia memiliki banyak sekali manfaat kesehatan dan kecantikan. Ini termasuk:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Studi dalam Nutrition Reviews menyebutkan, jus buah plum memiliki khasiat dalam meredakan sembelit. Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang tinggi dalam buah. Nutrisi tersebut berperan dalam membantu menyembuhkan luka pada lambung dan memelihara kesehatannya.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Selanjutnya, makanan sehat ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan membantu mengendalikan tekanan darah karena kandungan kaliumnya. Nutrisi tersebut mengendalikan tekanan darah dengan dua cara. 

Pertama, membantu tubuh membuang natrium saat buang air kecil. Kedua, mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. Dengan begitu, risiko stroke dan penyakit kardiovaskular akan menurun.

3. Mengurangi kadar gula darah

Manfaat lain dari buah plum adalah mengurangi kadar gula darah. Kegunaan ini berasal dari kandungan seratnya yang membantu menekan lonjakan gula darah setelah kamu mengonsumsi karbohidrat. Selain itu, nutrisi tersebut juga membantu meningkatkan produksi adiponektin, yaitu hormon yang membantu mengatur kadar gula darah.

Inilah sebabnya, buah ini sangat baik untuk pengidap penyakit diabetes. Selain buah plum, buah lain yang baik untuk pengidap penyakit kencing manis bisa kamu ketahui dengan klik artikel berikut → 7 Rekomendasi Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes.

4. Baik untuk Kulit

Kandungan nutrisi lain dalam buah plum adalah vitamin C, E, dan A. Beberapa nutrisi tersebut penting untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Kabarnya, mengonsumsi buah ini dapat membuat kulit lebih ternutrisi, terlihat kencang, dan awet muda. 

Selain vitamin tersebut, makanan sehat ini juga mengandung tinggi antioksidan. Nutrisi ini dapat dapat membantu menangkal bahaya radikal bebas pada kulit. Contohnya, perubahan warna kulit atau hiperpigmentasi, kulit kusam, flek hitam, jerawat, garis halus, dan keriput.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Studi dalam Ageing Research Reviews menemukan hubungan antara buah plum dengan penurunan potensi gangguan tulang. Buah ini secara langsung dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis maupun osteopenia dengan gejala berupa penurunan kepadatan tulang. Selain itu, buah ini juga mampu mengembalikan tulang ke bentuk semula.

Manfaat ini terjadi berkat kandungan antioksidan dalam buah prem. Meski terlihat menjanjikan, perlu adanya studi lanjutan untuk mendukung efektivitas dan manfaat buah ini.

6. Menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat

Manfaat lain buah plum adalah menjaga kesehatan otak. Khasiat ini berasal dari kandungan antioksidan, anthocyanin, dan quercetin dalam buah. Ketiganya adalah nutrisi yang baik dalam membantu mendukung kesehatan otak. Salah satu manfaatnya yaitu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer seiring dengan usia.

7. Meredakan kecemasan

Antioksidan yang ada dalam buah plum berupa asam klorogenat yang membantu menurunkan perilaku terkait dengan kecemasan. Misalnya, rasa gugup, gelisah, cemas, takut, dan selalu menghindar dari keramaian. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, perilaku tersebut dapat berkurang.

8. Menyuburkan akar rambut

Tak hanya tubuh, buah plum juga efektif membantu menyuburkan akar rambut.

Cara kerjanya dengan mengurangi produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab rambut rontok.

Langkah ini mampu memaksimalkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan memaksimalkan pertumbuhan rambut. Kamu Belum Sempat ke Klinik Kecantikan? Dokter Kulit Ini Juga Bisa Dihubungi untuk memberikan saran perawatan terbaik.

9. Mencegah anemia

Manfaat buah plum selanjutnya yaitu mencegah anemia. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup dan sehat. Gejalanya berupa pusing, lemas, sakit kepala, dan nyeri pada dada.

Zat besi yang tinggi dalam buah plum efektif untuk membantu menurunkan intensitas gejala anemia. Kandungan tersebut juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah yang sehat.

Sementara itu, buah lain yang baik untuk anemia bisa kamu cek pada artikel ini → Buah-buahan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia.

Itu tadi beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, kamu tetap perlu melakukan pemeriksaan medis jika mengalami masalah kesehatan. Sebab, kamu tidak bisa mengandalkan buah ini saja untuk pengobatan, terlebih dengan masih perlunya studi ilmiah untuk membuktikan manfaat yang ada. 

Jika kamu dan keluarga mengalami keluhan kesehatan atau memerlukan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu dan keluarga bisa mendapatkan rekomendasi Dokter Umum lewat aplikasi tersebut.

Kamu juga bisa mendapatkan produk kesehatan dengan mudah melalui Toko Kesehatan di Halodoc secara mudah dengan klik gambar ini:

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Plum.
BBC Good Food. Diakses pada 2023.The Health Benefits of Plums.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Plum Nutrition Facts, Benefits, and Risks.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan