6 Jajanan Pasar Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Oktober 2021
6 Jajanan Pasar Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba6 Jajanan Pasar Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Jajanan pasar masih bisa ditemui dengan mudah dan dinikmati kelezatannya. Di daerah Jawa Barat, ada beberapa jenis makanan khas yang sering ditemui, seperti cimol, cilok, cireng, hingga cilor. Selain memiliki rasa yang khas, makanan yang terbuat dari tepung kanji ini ternyata juga bisa memberi manfaat sehat.

Halodoc, Jakarta – Jajanan pasar masih memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. Selain memiliki rasa khas yang lezat, beberapa jenis makanan mungkin menyimpan kenangan tersendiri. Bagi kamu yang berasal dari Jawa Barat atau tinggal di daerah tersebut, tentu sudah tidak asing dengan beberapa jenis jajanan pasar, seperti cireng, cilor, hingga cilor. 

Nyatanya, Jawa Barat memiliki beragam jenis kuliner serta camilan dengan cita rasa dan bahan yang khas. Salah satu bahan untuk membuat jajanan khas Jawa Barat adalah tepung kanji. Penasaran apa saja jenis jajanan yang bisa dibuat dari bahan ini? Kemudian, apakah ada dampak atau manfaat kesehatannya? Temukan jawabannya di artikel berikut! 

Baca juga: Cek Kalori Jajanan Favorit yang Super Nagih

Beragam Jajanan Pasar Khas Jawa Barat dari Tepung Kanji

Ada beberapa jenis jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji, di antaranya: 

  1. Cireng 

Salah satu jenis jajanan pasar yang populer di Jawa Barat adalah cireng alias aci goreng. Bahan dasar dari makanan ini adalah tepung kanji beserta bahan lain, seperti tepung terigu, merica bubuk, air, garam, bawang putih, serta daun bawang. Adonan ini kemudian dicampur dan digoreng dengan minyak panas. 

  1. Cilok 

Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Aci, dalam bahasa Sunda (Jawa Barat) berarti tepung kanji. Adonan cilok terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu yang kemudian dibentuk bulat-bulat dan dikukus. 

  1. Seblak  

Belakangan ini, seblak tengah menjadi idola di bagi pencinta makanan ringan. Ternyata, jajanan ini juga berasal dari Jawa Barat. Umumnya, seblak memiliki rasa pedas. 

  1. Batagor 

Batagor terbuat dari adonan tepung kanji dan ikan, ayam, atau udang. Kemudian dibalut dengan kulit pangsit dan tahu. Adonan kemudian digoreng dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. 

  1. Cimol 

Hampir sama dengan cilok dan cireng, ada cimol yang juga terbuat dari aci. Adonan aci nantinya akan dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil kemudian digoreng. 

Baca juga: Enak dan Manis, Ketahui Jumlah Kalori Dalam Kue Klepon

  1. Cilor

Cireng adalah campuran cireng dan telur. Adonan tepung kanji akan dibentuk menjadi kotak-kotak kecil, ditusuk pada tusuk sate, kemudian dibalut dengan kocokan telur sebelum digoreng dalam minyak panas. 

Lantas, Adakah Manfaat Sehat Tepung Kanji? 

Tepung kanji atau tepung tapioka tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat camilan. Ternyata, tepung ini juga menyimpan manfaat untuk kesehatan. Salah satu kandungan nutrisi dalam tepung kanji adalah kalsium, yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis. 

Selain itu, manfaat sehat lain dari mengonsumsi makanan berbahan tepung tapioka adalah kesehatan jantung lebih terjaga, sebab tidak ada kandungan lemak jenuh. Namun tentu saja, hal ini akan berubah jika tepung tapioka disajikan dengan cara yang kurang tepat, misalnya digoreng. Manfaat sehat lain yang juga bisa didapat dari mengonsumsi bahan makanan ini adalah kesehatan pencernaan yang lebih terjaga serta bisa menurunkan risiko terjadinya diabetes.

Baca juga: Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

Masih penasaran tentang tepung kanji atau punya pertanyaan terkait kesehatan? Yuk, tanya dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Tapioca: Health Benefits, Nutrition, and Uses.
Indonesian Chef Association. Diakses pada 2021. Jajanan Khas Jawa Barat Berbahan Dasar Tepung Kanji. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan