6 Cara Menghilangkan Bekas Bisul dengan Mudah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 April 2024

“Meskipun membutuhkan waktu lebih lama, bekas bisul masih bisa dihilangkan kok, yaitu dengan bantuan bahan alami dan kimia. Kamu bisa gunakan madu dan lidah buaya, atau mengeksfoliasinya menggunakan produk yang mengandung glycolic dan salicylic acid.”

6 Cara Menghilangkan Bekas Bisul dengan Mudah6 Cara Menghilangkan Bekas Bisul dengan Mudah

Halodoc, Jakarta – Meskipun sakit dan mengganggu, bisul sebenarnya bisa dihilangkan dengan mudah. Menggunakan salep atau bahan alami sudah cukup untuk menghilangkan bisul. Namun, yang sering kali menjadi masalah adalah menghilangkan bekasnya.

Bekas bisul biasanya meninggalkan noda kehitaman atau lebam, dan sering kali bertahan hingga berminggu-minggu bahkan bulanan. Tentunya masalah ini bisa membuat tampilan kulit menjadi tidak mulus. 

Untungnya, ada beberapa cara mudah menghilangkan bekas bisul. Mau tahu apa saja? Simak, ulasan berikut ini!

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Bisul

Jika kamu terkena bisul dan sudah sembuh, kamu harus segera menghilangkan bekasnya. Sebab, semakin cepat penanganannya semakin mudah bekas bisul dihilangkan. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba di rumah:

1. Silikon gel

Silikon gel dapat digunakan pada bekas luka termasuk bekas bisul. Kamu bisa mengaplikasikannya langsung di area yang kehitaman setiap hari. Gel ini dirancang untuk membantu melembutkan kulit dan meratakan bekas luka.

Bila silikon gel tidak efektif menghilangkan bekas bisul di kulit kamu, Ini Pilihan Obat Bisul Ampuh yang Ada di Apotik.  

2. Lidah buaya

Menurut sebuah studi di Iranian Journal of Medical Sciences, lidah buaya dapat meningkatkan penyembuhan luka dan dapat membantu menghilangkan bekas luka. Nah, untuk menghilangkan bekas bisul, kamu bisa memanfaatkan bahan ini dengan cara berikut:

  • Buang kulit lidah buaya. 
  • Ambil gel lidah buaya, bisa menggunakan sendok atau tangan.
  • Oleskan gel langsung pada bekas luka dengan gerakan memutar.
  • Diamkan selama setengah jam.
  • Setelah didiamkan, bersihkan gel dengan air mengalir.
  • Ulangi metode ini dua kali dalam sehari.

3. Vitamin E

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, vitamin E juga bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan kulit termasuk menghilangkan bekas bisul. Kamu bisa pilih body lotion yang mengandung vitamin E atau gunakan kapsul vitamin E dan oleskan pada bekasnya. 

Vitamin E dipercaya dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi bekas luka. Tak hanya itu vitamin E juga menawarkan manfaat lainnya, kalau mau lebih lanjut silahkan klik di sini, “4 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan.”

4. Madu

Madu terutama madu murni memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang bersifat menyembuhkan. Tidak heran mengapa kandungan satu ini sering kali ditemukan dalam produk perawatan kulit. Untuk menghilangkan bekas bisul, kamu bisa menggunakannya sebagai masker yaitu:

  • Oleskan madu di bagian yang kehitaman dan tutup dengan perban.
  • Biarkan madu menyerap selama satu malam penuh.
  • Lepaskan perban di keesokan harinya dan bersihkan madu dengan air hangat.
  • Lakukan cara ini dengan rutin setiap malam.  

5. Mengeksfoliasi kulit

Seperti kulit wajah, kulit badan juga perlu dieksfoliasi. Mengeksfoliasi dapat mengangkat sel kulit mati, termasuk lapisan gelap pada bekas bisul. Ada dua jenis eksfoliasi yaitu menggunakan bahan kimia atau body scrub. Eksfoliasi dengan bahan kimia biasanya mengandung glycolic acid atau salicylic acid

Sementara body scrub, bentuknya seperti lulur yang biasanya mengandung bahan pencerah sehingga dapat menyamarkan bekas luka dan mencerahkan kulit badan secara keseluruhan.

6. Menggunakan tabir surya

Setelah kamu melakukan beberapa langkah di atas, supaya bekas bisul tidak bertambah gelap, jangan lupa gunakan tabir surya setiap kali kamu keluar rumah. 

Sebab, sinar UV tidak hanya memperburuk bekas luka, tetapi juga dapat menghambat penyembuhan. Gunakan tabir surya dengan spf tinggi yaitu antara spf 30 dan 50. Tahap ini penting dilakukan terutama jika kamu baru menggunakan eksfoliasi kimia.

Itulah cara mudah untuk menghilangkan bekas bisul. Perlu diketahui cara ini bisa dilakukan untuk bekas bisul yang menghitam. Jika bisul meninggalkan bekas bopeng, maka kamu perlu perawatan lanjutan seperti laser.

Nah, kalau kamu butuh tips lainnya, bisa konsultasikan dengan dokter kulit di Halodoc untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat dan aman. 

Referensi:
Healthfully. Diakses pada 2024. How to Remove Scars Left From Boils.
Healthline. Diakses pada 2024. Remove Old Scars: Top 10 Medical Remedies Plus Natural Options.
Dermstore. Diakses pada 2024. How to Get Rid of Dark Scars.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan