6 Cara Efektif Menghilangkan Borok di Kulit Kepala

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Februari 2024

“Borok atau luka di kulit kepala bisa disebabkan karena pemakaian produk rambut hingga penyakit. Pengobatan borok tergantung pada akar masalahnya.”

6 Cara Efektif Menghilangkan Borok di Kulit Kepala6 Cara Efektif Menghilangkan Borok di Kulit Kepala

DAFTAR ISI

  1. Cara Efektif Menghilangkan Borok Kulit Kepala
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Salah memakai produk rambut seringkali bikin rambut rontok dan ketombean. Lebih parahnya lagi, kulit menjadi iritasi dan gatal. Alhasil, timbul rasa ingin menggaruk sampai kulit terluka dan menimbulkan borok.

Penyebab borok sebenarnya bukan cuma salah memakai produk saja. Penyakit seperti infeksi bakteri impetigo, jerawat, dermatitis dan folikulitis ditengarai bisa menjadi penyebab borok. 

Cara Efektif Menghilangkan Borok Kulit Kepala

Jika disebabkan pemakaian produk, treatment utamanya jelas menghentikan pemakaian produk tersebut. Namun, jika penyebabnya penyakit, pengobatannya tak boleh asal dan disesuaikan dengan masalah pencetusnya. Perawatannya berkisar antara bahan alami hingga obat yang diresepkan dokter.

1. Tea tree oil

Kandungan terpinen-4-ol pada tea tree oil alias minyak pohon teh mampu membunuh bakteri, jamur, dan virus. Perawatan ini bisa dicoba untuk mengobati borok karena infeksi yang disebutkan di atas. 

Hanya saja, tidak semua orang cocok dengan kandungan minyak ini. Oleh sebab itu, lakukan skin patch test atau tes tempel terlebih dahulu untuk memastikan kamu tidak alergi dengan tea tree oil. 

Caranya, oleskan sedikit minyak ke pergelangan tangan atau kulit di belakang telinga. Diamkan selama 1-2 hari untuk melihat tanda-tanda reaksi. Jika tidak muncul rasa gatal, ruam dan tanda iritasi lainnya, artinya minyak ini aman kamu gunakan. 

2. Gel lidah buaya

Luka borok umumnya gatal yang memicu keinginan menggaruk. Nah, gel lidah buaya bisa memberikan efek soothing alias menenangkan kulit meradang. 

Oleskan sedikit ke area borok untuk mengurangi gatal, kering dan rasa terbakar. Nantinya kamu akan merasakan sensasi dingin saat mengoleskan gel ini. 

Selain perawatan borok, ketahui pula soal Dermatitis Seboroik atau Kondisi Kulit Kepala Berkerak yang juga bisa sebabkan borok. 

3. Sampo antiketombe

Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala mengelupas, kering dan gatal-gatal. Jika borok disebabkan karena masalah ini, kamu sebaiknya beralih ke sampo anti ketombe. Pilih produk yang disertai kandungan zinc, pyrithione, selenium sulfida dan ketoconazole. Bahan-bahan aktif tersebut terbukti mengurangi jumlah ketombe sekaligus gejala yang ditimbulkannya tadi. 

4. Sampo khusus medikasi

Jenis sampo yang satu ini berbeda dengan yang dijual di pasaran. Sampo medikasi ditujukan khusus untuk menangani masalah tertentu. Psoriasis misalnya, penyakit ini sering melatarbelakangi munculnya borok di kepala. 

Psoriasis adalah infeksi kulit yang menyebabkan tampilan kulit bersisik, kering dan sangat gatal. Jika borok disebabkan oleh masalah ini, gunakan sampo medikasi yang ada kandungan asam salisilat dan tar-nya. Kedua bahan tersebut bisa menangani kulit bersisik akibat psoriasis. 

5. Obat antibiotik

Apabila borok di kepala disebabkan karena infeksi bakteri, pengobatannya perlu menggunakan obat antibiotik. Temui dokter kulit untuk mendapatkan resep antibiotik yang sesuai. 

Umumnya, dokter meresepkan antibiotik dalam bentuk krim, gel, maupun tablet. Gunakan sesuai anjuran dokter. 

Borok rentan memicu infeksi, terutama jika tak diobati. Nah, berikut 4 Tips Mengatasi Infeksi Kulit Kepala Berdasarkan Penyebabnya yang perlu kamu tahu. 

7. Obat antijamur

Infeksi jamur di kepala tidak boleh disepelekan. Jika tidak segera diobati, masalah tersebut menghasilkan borok hingga kerontokan rambut secara permanen. Terkadang gejalanya mirip seperti infeksi bakteri. Itu sebabnya, temui dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan. 

Dokter umumnya meresepkan obat antijamur griseofulvin atau terbinafine yang perlu digunakan sekitar satu hingga tiga bulan. 

8. Obat antivirus

Cacar api atau herpes zoster bukan cuma menyasar kulit di bagian tubuh saja, benjolannya juga bisa merambat ke kulit kepala. Setelah pecah, bekas benjolan umumnya terasa gatal. Kemudian muncul luka alias borok jika digaruk. Dokter memberikan obat antivirus, pereda nyeri, sekaligus salep untuk mengobatinya. 

6. Obat steroid

Jenis pengobatan ini seringnya ditujukan untuk borok yang sudah parah. Dokter dapat meresepkan steroid dalam bentuk gel, krim atau bahkan menyuntikkan langsung ke kulit kepala.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Borok di kepala tentu saja cukup menyakitkan. Sebaiknya hubungi dokter di Halodoc apabila mengalami kondisi ino. Mereka bisa memberikan saran penanganan yang tepat dan meresepkan obat jika diperlukan.

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Kamu bisa menghubungi dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara menghilangkan borok di kepala.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu dapat hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penanganan borok yang ada di kulit kepala.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Pilihan lainnya adalah dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang perawatan borok di kepala.

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. Why Do I Have Sores on My Head?
Healthline. Diakses pada 2024. Scabs and Sores on Scalp: Causes and Treatment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan