5 Penyebab Telinga Berdenging yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 November 2023

“Telinga berdenging adalah kondisi ketika kamu mendengar dengungan dalam telinga. Kondisi ini umum terjadi, namun tentunya bisa membuat kamu merasa tidak nyaman. Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa penyebab telinga berdenging sebagai langkah pencegahan.”

5 Penyebab Telinga Berdenging yang Perlu Diketahui5 Penyebab Telinga Berdenging yang Perlu Diketahui

DAFTAR ISI:

  1. Berbagai Penyebab Telinga Berdenging

Halodoc, Jakarta – Telinga berdenging termasuk masalah yang umum terjadi pada kebanyakan orang. Masalah ini perlu mendapatkan penanganan untuk mengatasi rasa tidak nyaman. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah gangguan telinga ini sebelum terjadi, salah satunya dengan menghindari penyebabnya.

Berbagai Penyebab Telinga Berdenging

Telinga berdenging atau tinnitus adalah kondisi ketika seseorang mendengar denging dalam telinga. Kondisi ini umum terjadi, yang pastinya membuat kamu merasa tidak nyaman. 

Terlebih lagi jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus. Selain itu, kamu juga bisa mengalami tinnitus pada salah satu telinga. Misalnya, kamu hanya mengalami telinga kiri berdenging, sedangkan sisi kanan tidak. Sementara itu, ada pula orang yang mengalami denging pada kedua telinga. 

Sebaiknya, ketahui pula apa saja Gejala Awal Tinnitus yang Perlu Diperhatikan. Lantas, apa yang menyebabkan masalah ini terjadi? Berikut beberapa penyebabnya:

1. Mendengar suara keras

Penyebab paling umum adalah mendengar suara yang sangat keras. Hal ini sangat berisiko saat terjadi secara terus-menerus karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sel koklea pada telinga bagian dalam.

Kondisi ini lebih mudah terjadi pada orang-orang yang bekerja dengan suasana bising. Misalnya musisi, tentara, atau pilot. Meski begitu, perlu kamu ketahui juga bahwa satu dentuman keras saja bisa menyebabkan seseorang mengalami tinnitus.

2. Telinga berdenging karena infeksi saluran telinga

Penyebab telinga kiri berdenging lainnya adalah infeksi telinga. Selain infeksi, gangguan pendengaran ini juga bisa muncul karena sumbatan yang terjadi pada saluran telinga.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Pasalnya, infeksi telinga yang membuat munculnya denging bisa sembuh jika kamu segera melakukan penanganan. Sebaliknya, membiarkan telinga mengalami infeksi justru bisa memicu komplikasi yang cukup serius. 

3. Bertambahnya usia

Seiring dengan bertambahnya usia, organ tubuh juga mengalami penurunan kinerja, termasuk telinga. Bertambahnya umur memengaruhi bagian dalam telinga dan bagian lainnya yang berisiko lebih tinggi mengalami dengungan. 

Untuk itu, pastikan kamu dan keluarga melakukan pemeriksaan telinga secara rutin agar organ pendengaran ini dapat tetap berfungsi dengan normal meski usia sudah tidak muda lagi.

4. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah kondisi ketika pembuluh darah telinga mengalami penyempitan akibat penumpukan kolesterol. Masalah kesehatan ini bisa terjadi karena penuaan dan gaya hidup yang tidak sehat. 

Tanpa adanya penanganan, seseorang dengan aterosklerosis mungkin mengalami masalah berupa dengung pada telinga. Hal ini terjadi akibat telinga yang kehilangan elastisitasnya yang membuat aliran darah terdengar sebagai denging.

5. Telinga berdenging karena meniere

Meniere juga termasuk kondisi yang dapat menyebabkan dengingan pada telinga. Hal ini terjadi saat bagian koklea pada telinga mengalami tekanan. Koklea adalah struktur telinga bagian dalam. 

Selain dapat membuat telinga mengalami dengung, gangguan kesehatan ini juga menyebabkan vertigo, sakit kepala, bahkan kehilangan pendengaran.

Itulah beberapa penyebab telinga berdenging yang perlu kamu ketahui. Jika kamu atau anggota keluargamu sedang mengalami masalah ini, coba Prosedur Terapi Suara untuk Mengatasi Telinga Berdenging.

Namun, jika Telinga Berdenging Bikin Khawatir, Segera Hubungi Dokter Ini dengan aplikasi Halodoc.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Tinnitus.
University of Michigan Health. Diakses pada 2021. Ringing in the Ears (Tinnitus).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan