5 Manfaat dan Nilai Gizi yang Terdapat dalam Kacang Kapri

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Oktober 2022

“Kacang kapri merupakan jenis sayuran yang penuh nutrisi dan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Mulai dari kesehatan mata hingga pencernaan, kandungan nutrisi kacang kapri bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.”

5 Manfaat dan Nilai Gizi yang Terdapat dalam Kacang Kapri5 Manfaat dan Nilai Gizi yang Terdapat dalam Kacang Kapri

Halodoc, Jakarta – Kacang kapri atau disebut juga snow peas adalah sayuran yang masih sejenis dengan kacang polong (ercis). Namun, sayuran bernama latin Pisum sativum var. marcrocarpon ini bisa dimakan seutuhnya, baik cangkang maupun kacang yang terdapat di dalamnya, serta rasanya manis. Itulah mengapa kacang kapri disebut juga kacang polong gula.

Memiliki tekstur renyah, kacang kapri populer dalam masakan Chinese food dan sering dimasak dengan cara ditumis. Selain enak, jenis kacang-kacangan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat mengesankan dan juga manfaat kesehatan yang tidak boleh dilewatkan. 

Nilai Gizi Kacang Kapri

Menurut informasi nutrisi dari The United States Department of Agriculture (USDA), satu porsi (65 gram) kacang kapri mentah bisa memberikan 27 kalori dan juga kandungan nutrisi berikut:

  • Lemak: 0,1 gram.
  • Natrium: 2,5 miligram.
  • Karbohidrat: 4,8 gram.
  • Serat: 1,6 gram.
  • Gula: 2,5 gram
  • Protein: 1,8 gram.
  • Vitamin C: 37,8 miligram.
  • Besi: 1,3 miligram.
  • Kalium: 126 miligram.

Manfaat Kacang Kapri untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, kacang kapri bisa memberikan manfaat berikut untuk kesehatan:

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kacang kapri merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. 1 cangkir makanan sehat tersebut bisa menyediakan 70 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Nah, vitamin C merupakan nutrisi yang berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, karena bisa membantu tubuh memproduksi sel darah putih untuk mencegah penyakit. 

Selain itu, antioksidan alami yang larut dalam air ini juga bisa menangkal radikal bebas, yang bisa menyebabkan peradangan berbahaya bagi tubuh manusia.

2. Menyehatkan pencernaan

Selain kaya akan vitamin C, kacang kapri juga kaya akan serat. Karena bisa dimakan bersama dengan kulitnya, sayuran ini bisa memberikan serat yang lebih banyak daripada kacang polong. Berkat kandungan nutrisi tersebut, manfaat kacang kapri sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Contohnya menjaga agar buang air besar tetap teratur dan mencegah sembelit.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat kacang kapri juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, berkat kandungan kalium dan vitamin C-nya yang tinggi. Kalium bisa menurunkan tekanan darah, sedangkan vitamin C mampu memperbaiki arteri dan pembuluh darah yang membantu mencegah penyakit jantung koroner. 

Selain itu, makanan sehat ini juga kaya akan fitosterol. Studi menunjukkan bahwa sayuran yang kaya akan sterol, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

4. Memperkuat tulang

Kacang kapri juga kaya akan berbagai mineral yang penting untuk kepadatan tulang, seperti zat besi , kalium, mangan, dan lain-lain. Bahkan, mengonsumsi sayuran tersebut dalam jumlah kecil masih bisa menurunkan risiko osteoporosis. 

Selain itu, sama seperti sayuran berwarna hijau lainnya, kacang kapri juga mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang sehat dan kuat.

5. Meningkatkan penglihatan

Kacang kapri segar juga mengandung antioksidan flavonoid dalam jumlah yang cukup, seperti karoten, lutein, dan zeaxanthin serta vitamin A (bisa menyediakan 37 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan per 100 gram). 

Vitamin A adalah nutrisi penting untuk penglihatan yang baik. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, seperti kacang kapri secara rutin bisa mencegah katarak yang disebabkan oleh degenerasi makula terkait usia.

Itulah nutrisi dan manfaat kesehatan kacang kapri. Bila kamu ingin bertanya mengenai nutrisi makanan tertentu, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter apa saja seputar kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Vegan Very Much. Diakses pada 2022. 8 Impressive Health Benefits Of Snow Peas And How To Saute Snow Peas.
Nutrition and You. Diakses pada 2022. Snow peas Nutrition facts.
Better Me. Diakses pada 2022. Snow Peas Calories, Health Benefits, And Side Effects

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan