5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Penyakit Kulit Jamur

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Februari 2024

“Jika kamu terinfeksi penyakit kulit jamur, ada beberapa langkah efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Mulai dari menjaga kebersihan, mengompres air dingin, minum obat jamur, dan mengoleskan salep.”

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Penyakit Kulit Jamur5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Penyakit Kulit Jamur

DAFTAR ISI

  1. Cara Efektif Mengatasi Penyakit Kulit Jamur
  2. Kondisi yang Membutuhkan Penanganan Serius
  3. Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc
    1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E
    2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Halodoc, Jakarta –  Penyakit kulit jamur pada umumnya adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, terutama buat mereka yang tidak menjaga kebersihan. Jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap. 

Itulah yang membuat penyakit kulit jamur sering muncul di area lembap yang kurang sirkulasi udara. Beberapa contohnya termasuk kaki, selangkangan, dan lipatan kulit. Menjaga kebersihan dan sirkulasi udara adalah langkah efektif untuk mengatasi penyakit kulit jamur dan mencegahnya. Informasi lebih lanjut bisa dibaca di sini!

Cara Efektif Mengatasi Penyakit Kulit Jamur

Penyakit kulit jamur ada banyak jenisnya. Langkah pengobatan untuk mengatasi penyakit kulit ini tergantung penyebabnya. Namun, hindari mengobati ruam jamur dengan krim anti-gatal yang mengandung steroid, karena ini dapat memperburuk infeksi sehingga nantinya jadi lebih sulit diobati. 

Simak langkah efektif untuk mengatasi penyakit kulit jamur berikut ini!

1. Mengompres dengan Kompres Dingin

Penyakit kulit jamur dapat memicu rasa gatal yang luar biasa tergantung seberapa parah infeksinya. Mengoleskan kompres dingin ke kulit dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan.

2. Minum Antihistamin 

Selain memberikan kompres dingin, cara efektif lain untuk mengatasi penyakit kulit jamur adalah dengan minum obat antihistamin. Jenis obat ini dapat membantu mengurangi rasa gatal yang sangat mengganggu.

3. Gunakan Krim dan Salep 

Selain kompres dingin dan obat minum, langkah efektif lain untuk mengatasi penyakit kulit jamur adalah dengan mengoleskan salep anti jamur ke area kulit yang terinfeksi jamur. Salep dapat bekerja secara optimal langsung ke area yang bermasalah.

4. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah langkah efektif untuk mengatasi dan mencegah penyakit jamur. Sebab akann sia-sia jika kamu hanya minum obat dan mengoleskan salep anti-jamur jika  tidak menjaga kebersihan diri.

5. Ganti Kaus Kaki Rutin dan Cuci Kaki

Area kulit yang paling digemari jamur untuk tumbuh dan berkembang adalah kaki dan sela-sela jari kaki. Itulah sebabnya, kamu perlu mengganti kaus kaki dan mencuci kaki sehabis bepergian. 

Jangan berjalan tanpa alas kaki, terutama di tempat yang mungkin basah, seperti pancuran gym dan ruang ganti. Jika kamu memiliki infeksi kuku jamur, jangan gunakan gunting kuku sendiri dan jangan berikan gunting kukumu ke orang lain.

Kondisi yang Membutuhkan Penanganan Serius

Kebanyakan penyakit kulit jamur adalah kondisi yang tidak serius. Namun, gangguan kulit ini perlu diwaspadai bila:

  • Ada di seluruh tubuh.
  • Mulai tiba-tiba dan menyebar dengan cepat.
  • Menyakitkan dan menyebabkan kulit melepuh.
  • Terjadi bersamaan dengan demam.

Infeksi kulit jamur sering terlihat merah cerah dan dapat menyebar ke area yang luas. Penyakit kulit jamur memicu rasa gatal dan ketidaknyamanan. 

Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc

Jika dengan bantuan cara tadi tidak memperbaiki kondisi kulit jamur kamu, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, terutama bila terjadi perubahan warna kulit. 

Berikut adalah rekomendasi dokter kulit yang bisa kamu hubungi untuk memberikan solusi:

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta (2009) dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (2023). 

Berpraktik di Pekanbaru, Riau, beliau aktif menjadi bagian dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi di Halodoc yang bisa beri solusi penyakit kulit jamur yang dapat diandalkan.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu bisa juga berkonsultasi dengan dr. Frieda Sp.D.V.E, yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya (2015) dan Universitas Sebelas Maret (2022). 

Saat ini, beliau berpraktik di Bogor, Jawa Barat, dan merupakan anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi di Halodoc mengenai penyakit kulit dan kelamin, termasuk masalah jamur kulit.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah rekomendasi dokter di Halodoc yang bisa bantu kamu atasi masalah jamur kulit.

Tak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi Halodoc, karena kamu bisa hubungi dokter dari berbagai spesialis kapan saja.

Tunggu apalagi? Yuk segera pakai Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Types of Fungal Skin Infections and Treatment Options.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Skin Fungus.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan