5 Jenis Olahraga Menyenangkan untuk Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   23 September 2021
5 Jenis Olahraga Menyenangkan untuk Anjing Peliharaan5 Jenis Olahraga Menyenangkan untuk Anjing Peliharaan

“Jenis olahraga untuk anjing penting untuk diketahui. Dengan begitu, pemilik anjing bisa memilih untuk melakukan aktivitas fisik yang mana. Sebab selain menyehatkan, berolahraga bersama hewan peliharaan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan pantas untuk dicoba.

Halodoc, Jakarta – Ada beragam jenis olahraga untuk anjing yang bisa dilakukan. Seperti manusia, hewan peliharaan yang satu ini juga harus menjaga kesehatan tubuh. Rutin berolahraga bisa membantu menghindari risiko anjing mengalami penyakit, termasuk kelebihan berat badan alias obesitas. Lantas, apa saja jenis olahraga untuk anjing yang bisa dilakukan? 

Pada dasarnya, anjing adalah hewan peliharaan yang ceria dan suka berlari serta melompat. Maka dari itu, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan jenis olahraga yang cocok bagi hewan ini. Jika dilakukan secara rutin, olahraga yang menyenangkan tentu akan memberi manfaat sehat, baik bagi hewan peliharaan maupun pemilik. 

Baca juga: Lakukan Tips Ini saat Berolahraga dengan Anjing

Jenis Olahraga untuk Anjing yang Bisa Dilakukan 

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga bersama hewan peliharaan adalah hal yang patut untuk dicoba. Ada beberapa jenis olahraga untuk anjing yang menyenangkan dan bisa dilakukan bersama, seperti: 

  1. Berjalan Kaki

Salah satu olahraga yang bisa menjadi pilihan adalah berjalan kaki, misalnya mengelilingi taman atau komplek perumahan. Ada sederet manfaat kesehatan yang bisa didapat dari aktivitas fisik ini, seperti kesehatan jantung yang terjaga, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan risiko depresi. Tidak ada ukuran khusus sejauh apa kamu harus mengajak anjing peliharaan berjalan kaki, lakukan saja secukupnya dan dengan perlahan. 

  1. Joging 

Selain berjalan kaki, kamu juga bisa mengajak anjing peliharaan joging. Beberapa jenis anjing cenderung lebih aktif bergerak dan menyukai aktivitas fisik dengan intensitas tinggi, setidaknya lebih tinggi daripada berjalan kaki. Nah, joging bisa menjadi salah satu pilihan. Saat mengajak anjing melakukan jenis olahraga ini, pastikan sudah melakukan persiapan dengan baik, meliputi pemanasan, 20 menit berlari atau joging, kemudian pendinginan di akhir. 

Baca juga: Jenis Anjing yang Tepat untuk Orang Sibuk

  1. Berenang 

Mengajak anjing peliharaan bermain di air terdengar menyenangkan bukan? Nah, berenang bisa menjadi salah satu jenis olahraga untuk anjing. Berenang bisa memberi manfaat sehat untuk otot-otot tubuh, serta organ lain seperti paru-paru. Namun, tidak semua jenis anjing senang dan bisa langsung menyukai jenis olahraga ini. Maka dari itu, lakukanlah secara perlahan dan jangan memaksa saat mengenalkan anjing dengan air kolam renang. 

  1. Hiking 

Bagi pencinta petualangan, cobalah untuk melakukan hiking dengan membawa anjing peliharaan. Nyatanya, sebagian besar anjing memang memiliki kemampuan dan minat untuk melakukan hal-hal yang menantang. Selama hiking, pastikan untuk saling menjaga dan mulailah dengan persiapan yang matang. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengecek kondisi tubuh anjing, apakah ada kemungkinan mengalami masalah kesehatan. 

Jika anjing peliharaan menunjukkan gejala penyakit atau gangguan tertentu setelah berolahraga, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat. Dengan begitu, pertolongan yang tepat bisa segera diberikan dan bisa mencegah risiko komplikasi. Kamu bisa menemukan daftar klinik hewan terdekat menggunakan aplikasi Halodoc. Download sekarang di App Store atau Google Play!

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Cocok untuk Menemani Berolahraga

  1. Sepak Bola 

Bola menjadi salah satu jenis mainan yang disukai oleh anjing peliharaan. Mengapa tidak sekalian memanfaatkannya untuk berolahraga? Jika di dekat rumah ada lapangan atau taman, kamu bisa mengajak anjing untuk bermain sepak bola. Hewan peliharaan akan dengan senang dan bahagia berlarian mengejar bola ke sana ke mari, tentu saja hal ini juga akan membuat tubuh anjing menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit. Jadi, mana jenis olahraga untuk anjing pilihan kamu? 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021.  Fitness Buddies: Exercising With Your Dog Slideshow. 
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Great Ways to Exercise With Your Dog. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan