5 Fakta tentang Kanker Tulang yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Mei 2023

“Dibandingkan dengan jenis kanker yang menyerang organ tubuh lain, kanker tulang terbilang jarang terjadi. Namun, kanker satu ini tergolong jenis kanker ganas dan perlu segera mendapatkan penanganan, karena dapat mengakibatkan berbagai komplikasi yang serius dan berbahaya.”

5 Fakta tentang Kanker Tulang yang Perlu Diketahui5 Fakta tentang Kanker Tulang yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Kanker tulang adalah kondisi medis yang muncul dengan gejala utama berupa pertumbuhan sel ganas dalam tulang. Kelainan satu ini dapat menyerang bagian tulang mana saja pada tubuh. 

Namun, jenis ini paling sering terjadi pada tulang di area panggul atau lengan dan kaki. Selain itu, penyakit ini juga menjadi jenis yang jarang terjadi, karena kasusnya bahkan tidak sampai 1 persen dari semua jenis penyakit ini. Menariknya, tumor tulang non-kanker lebih umum ketimbang kanker itu sendiri. 

Fakta tentang Kanker Tulang

Sebenarnya, sel tumor yang muncul dan menyerang tulang sering kali bersifatnya jinak. Meski begitu, jika sel tumor tersebut berkembang dan menginfeksi tulang lebih parah lagi dan membuat tulang lebih rapuh dan rentan patah. Berikut beberapa fakta tentang kanker tulang yang perlu kamu ketahui:

1. Terjadi karena banyak faktor

Penyebab utama kanker tulang adalah mutasi sel secara abnormal. Namun, apa yang menjadi penyebab sel ini bermutasi masih belum pasti. Meski begitu, ada banyak hal yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kelainan ini. Mulai dari genetik, terkena paparan radiasi tinggi, adanya kondisi medis tertentu, hingga faktor lingkungan. 

2. Gejala yang Muncul

Ada tiga gejala utama dari kanker tulang, yaitu rasa nyeri pada area tubuh yang terinfeksi sel kanker, muncul pembengkakan dan peradangan pada area sekitar tulang yang terkena, dan tulang yang menjadi lebih rapuh sehingga rentan patah. 

Sementara itu, gejala lainnya termasuk mudah merasa lelah, berkeringat pada malam hari, sering demam, dan penurunan nafsu makan serta berat badan. Namun, gejala ini juga bervariasi pada setiap orang.

3. Tingkat kesembuhan yang bervariasi

Tingkat kesembuhan dari kondisi ini mungkin terjadi tergantung pada jenis dan stadium penyakit serta respons terhadap pengobatan. Sebab, kanker ini bisa menyebar ke organ lain melalui proses metastasis. Kamu bisa mengetahui peluang kesembuhan pengidap kanker tulang melalui artikel Ini Alasan Mengapa Kanker Tulang Tergolong Ganas.

4. Benjolan pada tulang tak selalu berarti kanker

Tak sedikit orang beranggapan bahwa kanker identik dengan munculnya benjolan pada area tubuh yang terinfeksi. Namun, tidak semua benjolan pada tulang merupakan tanda kanker tulang. Perlu adanya pemeriksaan medis lebih lanjut untuk diagnosis yang lebih akurat.

5. Memiliki banyak jenis

Tidak hanya satu, penyakit ini juga terbagi menjadi beberapa jenis bergantung pada lokasi tempat berkembangnya sel kanker, yaitu: 

  • Multiple myeloma, adalah jenis yang paling umum. Sel kanker berkembang pada sumsum tulang dan lebih sering terjadi pada lansia. Namun, tingkat kesembuhan pengidap kanker ini terbilang tinggi.
  • Osteosarcoma, kondisi ketika sel kanker membentuk tulang. Jenis ini lebih sering menginfeksi area kaki atau lengan dan lebih sering menyerang usia anak dan dewasa muda. 
  • Chondrosarcoma, saat sel kanker tumbuh dan membentuk tulang rawan. Kanker jenis ini biasanya menyerang area lengan, tungkai, atau panggul. Jenis ini lebih sering terjadi pada usia dewasa lebih tua dan lansia.
  • Sarkoma ewing, kondisi ketika sel kanker berkembang pada area lengan, tungkai, atau panggul usia anak dan dewasa muda/
  • Chordoma, jenis yang tidak umum dan menyerang area tulang belakang, sering kali pada tulang belakang bagian bawah atau tulang pangkal tengkorak. 
  • Fibrosarcoma tulang, sering terjadi pada orang-orang usia paruh baya. Jenis ini umumnya berkembang pada jaringan lunak, bukan pada tulang. 

Kanker tulang adalah penyakit serius yang memengaruhi tulang dan dapat memicu dampak yang signifikan pada kesehatan seseorang. Meski relatif jarang, penting untuk meningkatkan pemahaman tentang penyebab, gejala, dan pengobatan kanker satu ini. 

Dengan adanya pengetahuan yang lebih baik, pengidap bisa melakukan tindakan pencegahan yang lebih efektif dan mendapat penanganan yang tepat. Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejala yang tidak biasa, segera lakukan pemeriksaan untuk evaluasi dan diagnosis yang akurat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Bone Cancer: Types, Causes, Symptoms, and More.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Bone Cancer.
Verywell Health. Diakses pada 2023. What is Bone Cancer?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Bone Cancer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan