5 Cara Meningkatkan Hormon Estrogen pada Wanita

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Juli 2023

“Hormon estrogen merupakan hormon penting pada wanita. Meningkatkan hormon estrogen bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengonsumsi sayuran hijau, produk kedelai, hingga terapi hormon dari dokter.”

5 Cara Meningkatkan Hormon Estrogen pada Wanita5 Cara Meningkatkan Hormon Estrogen pada Wanita

DAFTAR ISI

Cara Meningkatkan Hormon Estrogen pada Wanita

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Hormon


Halodoc, Jakarta – Hormon estrogen merupakan hormon yang diproduksi di ovarium dan memiliki peran penting dalam sistem reproduksi wanita. Mengetahui cara meningkatkan hormon estrogen sangat penting.

Sebab, beberapa kondisi dapat menyebabkan rendahnya kadar estrogen, baik itu karena menopause maupun gangguan hormon. Rendahnya kadar estrogen dapat mempengaruhi kesuburan wanita dan juga memengaruhi mood. 

Cara Meningkatkan Hormon Estrogen pada Wanita

Penting untuk mengetahui cara meningkatkan hormon estrogen, baik secara alami atau medis. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu coba:

1. Perbanyak Konsumsi Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, dan kangkung mengandung fitoestrogen yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Makanan yang kaya akan sayuran berdaun gelap juga memiliki sifat mencegah kanker dan antiinflamasi. 

Selain meningkatkan hormon estrogen, mengonsumsi sayuran berdaun gelap juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat mencegah banyak penyakit kronis, termasuk masalah jantung.

Tak hanya meningkatkan estrogen, sayuran hijau seperti bayam juga punya banyak manfaat lain. Simak lengkapnya di sini: “Tak Hanya Lezat, Ini 13 Manfaat Bayam bagi Kesehatan Tubuh

2. Konsumsi Vitamin B dan D

Vitamin B memainkan peran penting dalam penciptaan dan aktivasi estrogen dalam tubuh. Kadar vitamin B yang rendah dapat menyebabkan berkurangnya kadar estrogen. 

Oleh karena itu, pastikan asupan vitamin B kamu mencukupi. Selain itu, mengonsumsi makanan atau suplemen yang tinggi akan vitamin D juga dapat membantu meningkatkan hormon estrogen. Vitamin D dan estrogen bekerja bersama untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Konsumsi Kedelai

Kacang kedelai dan produk kedelai seperti tahu dan miso mengandung fitoestrogen yang dapat meniru estrogen dalam tubuh dengan berikatan pada reseptor estrogen. 

Tahu juga punya banyak manfaat lain bagi kesehatan. Baca lengkapnya di sini → Jarang Diketahui, Ini 11 Manfaat Tahu bagi Kesehatan

Mengonsumsi makanan ini juga dapat membantu meningkatkan hormon estrogen. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki alergi terhadap produk kedelai, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

4. Meningkatkan Asupan Probiotik

Probiotik, atau bakteri baik, merupakan bakteri alami yang mengisi saluran pencernaan. Bakteri probiotik membantu tubuh memproduksi serotonin dan senyawa lainnya yang dapat mengurangi tingkat kecemasan dan gangguan mood lainnya. 

Selain itu, probiotik juga dapat membantu meningkatkan hormon estrogen pada wanita. Beberapa contoh makanan yang mengandung probiotik adalah yoghurt, miso sup, tempe, dan kubis.

5. Terapi Penggantian Hormon

Terapi penggantian hormon (HRT) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hormon estrogen pada wanita. Biasanya, terapi ini dokter rekomendasikan untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause dan memiliki kadar estrogen yang rendah. 

Namun, penggunaan terapi penggantian hormon harus melalui diskusi dan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Terapi ini dapat membantu mengatasi gangguan yang terjadi karena penurunan drastis kadar estrogen pada masa menopause. 

Terapi penggantian hormon juga memiliki beberapa efek samping yang perlu kamu perhatikan, seperti perut kembung, sakit kepala, dan perdarahan vagina. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menjalani terapi ini.

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Hormon

Hormon estrogen memainkan peran penting dalam sistem reproduksi wanita dan berbagai sistem biologis lainnya. Rendahnya kadar estrogen dapat mempengaruhi kesuburan wanita dan juga memengaruhi mood

Mengingat bahwa peranan hormon ini cukup signifikan untuk kesuburan wanita, penting untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh berbagai cara, salah satunya adalah melalui tes estradiol.

Tes estradiol merupakan metode yang dilakukan untuk mengetahui kadar hormon estradiol, yang merupakan salah satu dari jenis hormon estrogen. Hormon ini berguna untuk mengetahui kesuburan pada wanita dan baik tidaknya fungsi ovarium wanita.

Melakukan tes estradiol cukup penting terlebih lagi bagi ibu yang berniat untuk memiliki buah hati. Sebab, tes estradiol dapat menunjukkan berapa banyak hormon estradiol yang dibuat oleh indung telur, yang dapat membantu menemukan masalah hormonal yang mungkin mempengaruhi kemungkinan hamil.

Itulah cara yang dapat meningkatkan kadar hormon estrogen pada wanita. Meskipun begitu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan sebelum mencoba metode-metode di atas agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Konsultasi ini juga harus dilakukan terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Masih bingung terkait dengan tempat beli obat yang praktis dan tepercaya? Cek Toko Kesehatan Halodoc untuk mendapatkan obat terbaik sesuai dengan kondisimu! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Estrogen: How Does It Affect Your Body?
Healthline. Diakses pada 2023. How to Increase Estrogen: 12 Natural Ways and More.
WebMD. Diakses pada 2023. Top Foods High in Estrogen.
Medlineplus. Diakses pada 2024. Estrogen Levels Test

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan