5 Cara Mengempeskan Jerawat dengan Bahan Alami

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Agustus 2023

“Perawatan rumahan tertentu dapat membantu mengempeskan jerawat dengan mudah. Termasuk minyak esensial, gel lidah buaya, dan masih banyak lagi.”

5 Cara Mengempeskan Jerawat dengan Bahan Alami5 Cara Mengempeskan Jerawat dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Jerawat berkembang ketika pori-pori tersumbat atau terinfeksi bakteri. Ada banyak pilihan bahan alami yang bisa jadi cara mengempeskan jerawat dengan cepat.

Bahan-bahan alami ini dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak kulit, mengurangi peradangan, membunuh bakteri, dan mencegah munculnya jerawat di masa mendatang. Yuk, cek pembahasan lengkapnya!

Cara Alami Mengempeskan Jerawat

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa bantu mengempeskan jerawat dengan cepat:

1. Madu

cara mengempeskan jerawat dengan madu

Madu telah digunakan selama ribuan tahun untuk perawatan kulit karena kandungannya yang kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Cara menggunakan madu untuk mengempeskan jerawat adalah:

  • Gosokkan sedikit madu ke jerawat dengan jari atau kapas yang bersih.
  • Tambahkan madu ke masker wajah atau tubuh untuk manfaat maksimal.

Selain untuk jerawat, madu juga punya banyak manfaat lainnya untuk tubuh. Cek lengkapnya di sini → 6 Manfaat Madu untuk Kesehatan Reproduksi

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah bahan alami yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Artinya, minyak pohon teh dapat membunuh bakteri P. acnes yang menjadi penyebab jerawat. 

Selain itu, sifat anti-inflamasi minyak pohon teh membantu mengempeskan, mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat.

Cara penggunaan:

  • Oleskan ekstrak pohon teh ke jerawat dalam bentuk krim, gel, atau minyak esensial.
  • Pastikan untuk menggunakan produk minyak pohon teh dengan konsentrasi di bawah 5% untuk menghindari iritasi kulit pada beberapa orang yang rentan terhadap alergi.

3. Teh Hijau

cara mengempeskan jerawat dengan teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, kelompok antioksidan polifenol yang sangat baik untuk kulit. Katekin membantu mengurangi produksi sebum kulit, mengurangi bakteri P. acnes, mengempeskan dan mengurangi jerawat yang meradang.

Jika kamu ingin mengetahui manfaat teh hijau lebih lanjut, kamu bisa baca ulasan artikel: Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara menggunakannya adalah:

  • Minum teh hijau secara teratur untuk manfaat internalnya.
  • Oleskan ekstrak teh hijau ke kulit sebagai tambahan perawatan luar.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sehingga membantu membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan serta bengkak pada jerawat. 

Selain itu, minyak kelapa juga membantu dalam proses penyembuhan luka jerawat. Cek lebih lanjut manfaat minyak kelapa atau coconut oil di sini → Lebih Sehat dari Minyak Kelapa, Ini 7 Manfaat Virgin Coconut Oil

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengempeskan jerawat adalah:

  • Oleskan minyak kelapa murni ke area yang berjerawat.
  • Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa alami dari toko grosir atau daring.

5. Lidah Buaya

cara mengempeskan jerawat dengan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, yang membantu mengurangi munculnya jerawat dan mencegahnya muncul kembali. Karena kandungan gula, asam amino, dan seng dalam lidah buaya menjadikannya pelembap dan pelindung kulit yang efektif.

Berikut cara penggunaannya:

  • Cuci muka hingga bersih, dengan menggunakan sabun.
  • Oleskan krim atau gel lidah buaya dua kali sehari.

Mengempeskan jerawat dengan bahan alami adalah pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit tanpa efek samping yang berlebihan. Minyak pohon teh, madu, teh hijau, minyak kelapa, dan lidah buaya adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu coba. 

Untuk mengetahui manfaat lidah buaya lebih lanjut, maka kamu bisa membaca artikel Apakah Lidah Buaya Bisa untuk Menghilangkan Jerawat?

Kombinasikan perawatan ini dengan perawatan kulit yang teratur dan pola makan yang sehat untuk hasil yang optimal. Kalau masalah jerawat kamu tak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakan masalah kesehatan yang kamu atau keluargamu alami secara praktis. Klik gambar berikut untuk berbicara dengan dokter sekarang:

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Get Rid of Acne: 14 Home Remedies for Pimples.
Medical News Today. Diakses pada 2023. 15 home remedies for acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan