4 Tips Memasak Menggunakan Teknik Simmering

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Oktober 2022

“Dalam memasak kamu bisa menggunakan teknik simmering untuk menghasilkan makanan yang lezat. Cobalah menggunakan suhu yang paling rendah untuk mendapatkan suhu maksimal dari teknik ini.”

4 Tips Memasak Menggunakan Teknik Simmering4 Tips Memasak Menggunakan Teknik Simmering

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi menjadi cara yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kamu juga perlu memastikan proses memasak dilakukan dengan cara yang tepat. Ada banyak teknik memasak yang bisa menciptakan makanan lezat, salah satunya teknik simmering.

Teknik ini tentunya jarang diketahui oleh masyarakat awam. Tidak jauh berbeda dengan merebus, teknik ini dilakukan dengan menjaga suhu tetap stabil. Nah, tidak ada salahnya kamu simak berbagai tips untuk melakukan teknik simmering agar masakan menjadi lebih sehat dan nikmat.

Ketahui Cara Memasak Menggunakan Teknik Simmering

Teknik simmering adalah proses memasak dengan suhu masakan berada di bawah titik didih. Banyak orang yang menyangka bahwa teknik ini serupa dengan merebus, padahal kedua teknik ini berbeda.

Dalam teknik ini, suhu masakan akan terjaga agar tetap stabil dan tidak mengalami peningkatkan atau penurunan suhu. Sedangkan, dalam teknik merebus, suhu makanan bisa meningkat dan turun secara signifikan.

Saat menggunakan teknik ini pastikan suhu berada diantara 82 hingga 96 derajat Celsius. Pastikan terdapat gelembung-gelembung pada bagian bawah alat masak yang kemudian naik ke permukaan. 

Kontrol suhu agar tidak terbentuk gelembung besar (mendidih). Jika masakan mendidih, sebaiknya kecilkan api hingga suhu yang sesuai. Hal ini membuat gelembung mengecil dan stabil.

Lalu, bagaimana memasak menggunakan teknik simmering yang tepat?  Berikut tips yang bisa dilakukan saat menggunakan teknik ini:

  • Cobalah untuk memasak menggunakan suhu yang paling rendah. Kamu bisa meningkatkan suhu hingga mencapai titik stabil teknik simmering.
  • Perhatikan bahan masakan yang akan digunakan. Pastikan bahan masakan memiliki suhu ruang. Jika masih berupa makanan beku, kondisi ini bisa menurunkan suhu proses memasak.
  • Peralatan masak bisa meningkatkan suhu dengan cepat, jadi selalu berada di dekat masakan sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengatur besar api agar suhu masakan tetap stabil.
  • Cara lain untuk membuat suhu tetap stabil dengan mengaduk masakan. Kamu bisa menggunakan sutil berbahan kayu atau stainless yang mampu membantu menurunkan suhu masakan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan saat melakukan teknik simmering untuk menciptakan makanan yang lezat dan sehat. 

Kapan Teknik Simmering Dibutuhkan?

Teknik ini bisa digunakan jika kamu ingin membat kaldu dari daging atau tulang sapi. Teknik ini sangat ideal untuk membuat daging atau tulang mengeluarkan sarinya atau membuat kaldu, tetapi tidak terlalu panas untuk membuat masakan terlalu matang.

Membuat kaldu menggunakan suhu masakan yang sangat panas hingga mendidih, membuat hasil kaldu menjadi lebih keruh. Selain itu, memasak daging menggunakan teknik ini bisa membuat daging menjadi lebih lembut dan tidak keras.

Memasak daging menggunakan suhu yang tinggi dapat menyebabkan daging atau jaringat ikat didalamnya menjadi keras dan sulit untuk dikonsumsi. Selain itu, ada beberapa jenis bahan makanan yang bisa kamu gunakan dalam teknik ini, seperti sayuran hingga beras untuk memasak nasi.

Itulah berbagai informasi mengenai teknik simmering untuk dicoba di rumah agar kamu bisa menikmati berbagai makanan lezat dan sehat. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter menggunakan Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
The Spruce Eats. Diakses pada 2022. How Simmering Is Used in Cooking.
Maytag. Diakses pada 2022. What Is a Simmer?
Masterclass. Diakses pada 2022. How to Simmer: 4 Ways to Maintain a Simmer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan