4 Sumber Lemak Nabati yang Wajib Dikonsumsi Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Juli 2022

“Lemak nabati adalah salah satu asupan yang perlu dicukupi oleh anak agar sehat. Beberapa sumber lemak nabati yang perlu diketahui adalah alpukat dan cokelat hitam.”

4 Sumber Lemak Nabati yang Wajib Dikonsumsi Anak4 Sumber Lemak Nabati yang Wajib Dikonsumsi Anak

Halodoc, Jakarta – Setiap anak yang sedang dalam masa pertumbuhan perlu dicukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Salah satu kandungan yang perlu dipenuhi adalah kandungan lemak nabati.

Kebutuhan dari kandungan ini kerap tidak tercukupi karena sumber lemak nabati mungkin tidak umum dibahas. Padahal, beberapa tumbuhan mengandung lemak jenuh yang tentunya menyehatkan.

Mengutip jurnal dari The Cochrane, kandungan lemak jenuh perlu dibatasi di bawah 10 persen dari total asupan harian. Penggantian konsumsi lemak jenuh dengan lemak tak jenuh sangat baik untuk mengurangi gangguan terkait gangguan kardiovaskular. Nah, kandungan lemak tak jenuh masuk dalam kategori lemak nabati.

Untuk Anak, sumber lemak nabati yang bisa mereka konsumsi sebetulnya mudah untuk didapatkan. 

Sumber Lemak Nabati untuk Tingkatkan Kesehatan Anak

1. Alpukat

Salah satu sumber lemak nabati yang baik untuk diberikan pada anak adalah alpukat. Buah ini mengandung sekitar 80 persen lemak dan tentunya sangat baik untuk pertumbuhan anak. Bahkan, angka tersebut lebih banyak jika dibandingkan kebanyakan daging hewan.

Di dalam alpukat juga terdapat potasium yang baik sebagai antioksidan. Buah ini dapat memenuhi sekitar 15% dari kebutuhan harian anak terhadap zat tersebut.

Alpukat juga kaya akan serat dan dapat memberikan manfaat lain, seperti kesehatan pencernaan, jantung yang lebih sehat, dan berat badan yang terjaga.

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam juga termasuk salah satu sumber lemak nabati yang baik dikonsumsi anak. Makanan ini sangat kaya lemak sehingga dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang membutuhkan asupan tenaga.

Selain itu, makanan ini juga kaya akan serat dan nutrisi penting, termasuk zat besi dan magnesium. Kandungan ini mungkin tidak mudah ditemukan dalam makanan lain.

Jika ingin mengonsumsi cokelat hitam, pilih yang mengandung 70% kakao. Hal ini untuk menghindari kandungan gula yang tinggi, serta nutrisi dan antioksidan yang lebih rendah di dalamnya.

3. Biji Chia

Biji chia memiliki kandungan lemak sebesar 11 gram dalam satu ons. Bahkan lemak nabati pada tumbuhan ini kebanyakan terdiri dari asam lemak omega-3 esensial. Kandungan yang disebut juga dengan asam alfa-linolenat (ALA) ini terbukti dapat menyehatkan jantung.

Selain itu, biji chia juga kaya akan serat dan juga nutrisi. Berbagai manfaat yang dapat diberikan untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan memiliki efek anti-inflamasi.

4. Minyak Zaitun

Tidak banyak orang tua yang tahu jika minyak zaitun juga mengandung lemak nabati. Minyak ini kaya akan asam oleat, asam lemak yang dapat memiliki sifat anti-inflamasi. 

Minyak zaitun kerap digunakan pada seseorang yang sedang diet. Kandungan lemak tersebut merupakan komponen penting dari diet Mediterania. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa ditawarkan, yaitu kesehatan jantung, menjaga gula darah tetap normal, dan berat badan ideal.

Nah, sekarang kamu tahu berbagai sumber lemak nabati yang dapat diberikan pada anak. Pastikan anak mendapatkan asupan menyehatkan ini untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tentunya, kesehatan tubuhnya juga meningkat secara keseluruhan.

Jika masih memiliki pertanyaan tentang berbagai sumber lemak nabati lainnya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dimana dan kapan saja. Maka dari itu, gunakan segera aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 9 High-Fat Foods That Offer Great Health Benefits.
The Cochrane Database of Systemic Reviews. Diakses pada 2022. Reduction in saturated fat intake for cardiovascular disease.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan