4 Resep Makanan Sehat Berkuah untuk Lansia Bisa Dicoba

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 September 2021

Agar mendapatkan asupan gizi yang cukup dari makanan berkuah, ada beberapa resep makanan sehat untuk lansia yang bisa dicoba di rumah.

4 Resep Makanan Sehat Berkuah untuk Lansia Bisa Dicoba4 Resep Makanan Sehat Berkuah untuk Lansia Bisa Dicoba

“Ada banyak resep makanan sehat untuk lansia yang bisa dicoba. Termasuk makanan berkuah yang mudah dicerna. Beberapa resep berikut ini juga kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Makanan berkuah seperti sup sangat cocok dinikmati lansia karena mudah dicerna. Agar mendapatkan asupan gizi yang cukup dari makanan berkuah, ada beberapa resep makanan sehat untuk lansia yang bisa dicoba di rumah. Yuk simak lebih lanjut!

Baca juga: Dikenal Sebagai Comfort Food, Ini 5 Manfaat Konsumsi Sup

Resep Makanan Sehat untuk Lansia

Selain mudah dicerna, resep makanan sehat berkuah untuk lansia berikut ini juga kaya nutrisi:

  1. Sup Ayam
sup ayam

Potong bawang putih dan bawang bombay dan tumis di dalam panci dengan 1 sendok minyak. Lalu, masukkan potongan dada ayam, tambahkan garam dan lada. 

Setelah itu, tambahkan 2 gelas air dan biarkan hingga mendidih. Kemudian tambahkan wortel dan kentang. Masak hingga semua bahan matang.

  1. Sup Tomat
sup tomat

Tuangkan sedikit air ke dalam panci dan didihkan. Kemudian masukkan 4 buah tomat selama 2 hingga 3 menit. Biarkan tomat dingin, lalu kupas. Setelah itu, haluskan dengan blender untuk membuat puree.

Setelah itu, masukkan 1 sendok mentega, tumis 1 buah bawang bombay parut sampai menjadi lembut dan berwarna keemasan. Tambahkan 1 sendok tepung dan aduk selama 2 menit. Kemudian masukkan puree tomat, 1 cangkir kaldu, garam dan merica, biarkan mendidih. 

  1. Sayur Bayam
sayur bayam

Didihkan 2 gelas air di panci. Masukkan sedikit bawang bombay iris dan bayam yang sudah dicuci. Kamu bisa tambahkan tomat yang dipotong dadu. Lalu, masukkan garam dan merica, koreksi rasa, masak hingga bayam layu.

Baca juga: Rekomendasi 5 Resep Rempah Bantu Kuatkan Imun

  1. Sup Krim Jamur
sup krim jamur

Tumis bawang putih, bawang bombay dan jamur dengan 1 sendok minyak. Tambahkan 2 sendok tepung terigu, garam, dan merica, aduk rata. Kemudian, tuang 2 gelas krim kental, aduk dan masak hingga mendidih.

Itulah beberapa resep makanan sehat berkuah untuk lansia yang bisa dicoba. Mudah bukan untuk membuatnya? 

Bila ada masalah kesehatan yang dialami lansia, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan di mana saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Better Aging. Diakses pada 2021. 7 Soup Recipes Ideal for Senior Nutrition.
Living Maples. Diakses pada 2021. 6 Nutritious Soup Recipes for Seniors.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan