4 Pilihan Obat Sakit Pinggang yang Aman untuk Dikonsumsi

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Maret 2024

“Terdapat obat sakit pinggang yang bisa meringankan nyeri sekaligus aman digunakan. Contohnya adalah Voltaren Emulgel, Neo Rheumacyl, Counterpain Cream, dan Piroxicam yang bisa didapatkan di Halodoc.”

4 Pilihan Obat Sakit Pinggang yang Aman untuk Dikonsumsi4 Pilihan Obat Sakit Pinggang yang Aman untuk Dikonsumsi

Daftar Isi

Obat Sakit Pinggang yang Aman Dikonsumsi

Pilihan Obat Sakit Pinggang Lainnya


Halodoc, Jakarta – Sakit pinggang bisa terjadi akibat banyak hal, mulai dari jarang berolahraga, cedera, penyakit, hingga posisi duduk yang tidak tepat. Ada banyak jenis obat sakit pinggang yang bisa kamu gunakan untuk meredakan gejalanya.

Salah satu ciri dari sakit pinggang adalah nyeri yang menjalar dari bagian pinggang ke pantat hingga kaki. Yuk ketahui berbagai pilihan obat sakit pinggang yang bisa membantu mengurangi gejalanya berikut ini!

Obat Sakit Pinggang yang Aman Dikonsumsi

Berikut beberapa contoh obat sakit pinggang yang bisa membantu mengurangi nyeri: 

1. Voltaren Emulgel 10 g

Obat sakit pinggang pertama yang dapat kamu gunakan adalah Voltaren Emulgel 10g.

Dengan kandungan zat aktif Diclofenac, obat ini berfungsi membantu meredakan peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot dan sendi. Selain itu, obat ini juga digunakan untuk mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik lokal.

Kamu dapat mengoleskan Voltaren Emulgel secukupnya pada pinggang secara lembut.  Dalam sehari, kamu bisa mengoleskan obat ini sebanyak 3-4 kali hingga gejala mereda.

Perlu dicatat bahwa obat ini merupakan obat topikal yang hanya dapat digunakan untuk pemakaian luar.

Rentang Harga: Rp56.900 – Rp63.500 per tube.

Dapatkan Voltaren Emulgel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Neo Rheumacyl 20 Tablet

Rekomendasi obat sakit pinggang selanjutnya ada Neo Rheumacyl yang mengandung paracetamol dan ibuprofen. Kandungannya bisa meredakan nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal linu yang memicu sakit pinggang. 

Dalam setiap tabletnya mengandung 200 milihram ibuprofen dan 500 miligram paracetamol. 

Rentang harga: Rp0 – Rp10.700 per strip

Dapatkan Neo Rheumacyl 20 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

3. Counterpain Cream 15 g

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan Counterpain Cream 15 gram untuk mengatasi sakit pinggang. Obat ini merupakan krim topikal pereda nyeri untuk meringankan rasa sakit pada otot, nyeri sendi, keseleo, dan nyeri akibat encok.

Kamu dapat langsung mengoleskan obat ini pada area pinggang yang sakit sebanyak 1-3 kali sehari. Counterpain Cream hanya boleh digunakan untuk pemakaian luar. Hindari penggunaan pada mata, membran mukosa, atau kulit yang terluka.

Kamu perlu menghentikan penggunaan jika nyeri bertahan lebih dari 10 hari atau jika kulit menjadi merah.

Rentang harga: Rp33.800 per tube.

Dapatkan Counterpain Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Piroxicam 10 mg 10 Tablet

Piroxicam adalah obat generik golongan anti inflamasi non steroid yang bisa mengatasi sakit pinggang. Obat ini juga bisa mengatasi rheumatoid arthitis, osteoarthritis, ankilosing spondilitis, gangguan muskuloskeletal akut dan gout akut. 

Piroxicam sering menjadi pilihan untuk mengurangi nyeri yang tidak kunjung berkurang dengan obat anti nyeri baisa seperti parasetamol. Obat ini bekerja dengan menghasilkan enzim COX-1 untuk mengurangi peradangan.

Namun, obat ini hanya untuk kalangan medis saja. Kamu hanya bisa menggunakannya atas rekomendasi dokter. Dosisnya pun bervariasi, tergantung kondisi kesehatan yang kamu alami. 

Rentang harga: Rp1.500 – Rp3.800 per strip

Dapatkan Piroxicam 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Pilihan Obat Sakit Pinggang Lainnya

Selain obat di atas, kamu bisa menggunakan koyo atau balsam untuk meredakan sakit pinggang. Berikut rekomendasi produk yang bisa kamu coba:

1. Tiger Balm Plaster Cool 2 Lembar

obat pinggang Tiger Balm Plaster Cool

Tiger Balm adalah koyo herbal yang berkhasiat untuk meredakan nyeri otot, bahu kaku, memar, keseleo, dan sakit punggung. Bahkan, koyo ini memiliki teknologi hidrogel sehingga nyaman kamu gunakan tanpa meninggalkan residu. 

Sebelum menempelkannya, bersihkan dan keringkan area yang sakit. Buka pelindung perekat dan tempelkan pada bagian yang sakit satu atau dua kali sehari. Kamu bisa mencoba obat ini untuk meredakan sakit pinggang!

Rentang harga: Rp16.500 – Rp23.200 per sachet

Dapatkan Tiger Balm Plaster Cool 2 Lembar di Toko Kesehatan Halodoc

2. Salonpas Koyo 

obat pinggang Salonpas Koyo

Salonpas Koyo merupakan produk yang paling sering dicari sebagai obat sakit pinggang. Plester ini juga bisa mengurangi nyeri otot, nyeri sendi, terkilir, dan punggung pegal. 

Cara pakainya sama seperti Tiger Balm Plester. Bersihkan dan keringkan bagian yang sakit, lepaskan kertas dan tempelkan salonpas koyo hijau ke bagian yang sakit. Lepaskan setelah delapan jam pemakaian. 

Rentang harga: Rp61.400 – Rp79.400 per 10 sachet

Dapatkan Salonpas Koyo 10 Sachet (10 Patch/Sachet) di Toko Kesehatan Halodoc

3. Rheumason Balsem Gosok Hijau

obat pinggang Rheumason Balsem

Rheumason adalah balsem yang bisa meredakan gejala sakit pinggang, sakit otot dan gatal-gatal akibat digigit serangga. Oleskan pada bagian kulit atau bagian yang sakit sesuai dengan aturan pakai. Jangan digunakan untuk luka terbuka kecuali obat memang diperuntukkan pada luka terbuka 

Rentang harga: Rp6.700 – Rp12.700 per pot

Dapatkan Rheumason Balsem Gosok Hijau 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

4. Hot In DCL 120 g

obat pinggang Hot In DCL

Produk balsem lain yang bisa kamu coba adalah Hot In DCL. Obat sakit pinggang ini berbentuk emulsi gel yang mengandung zat aktif diclofenac diethylamine. Manfaatnya bisa mengurangi peradangan akibat nyeri otot, nyeri sendi, terkilir dan memar. 

Oleskan sesuai kebutuhan pada kulit yang sakit dan gosokkan secara perlahan. Kamu bisa menggunakannya 3-4 kali sehari. 

Rentang harga: Rp24.700 – Rp39.800 per tube

Dapatkan Hot In DCL 120 g di Toko Kesehatan Halodoc

Selain Minum Obat Sakit Pinggang, Ini Cara Meredakannya

Selain meminum obat, kamu bisa meredakan sakit pinggang dengan teknik RICE. Caranya, yaitu:

  • Rest, beristirahat sejenak sampai nyeri pada area pinggang membaik. 
  • Ice, berikan kompres dingin pada bagian yang nyeri. Gunakan es batu yang sudah kamu bungkus dengan kain dan kompreskan selama 15-20 menit. Ulangi sampai tiga kali dalam sehari. 
  • Compress, berikan bebat pada bagian pinggang untuk membantu mengurangi nyeri. Namun, sebaiknya hindari membebat terlalu kuat.
  • Elevate, posisikan tubuh berbaring dan letakkan bantal pada bagian bawah pinggang, sehingga posisi pinggang menjadi lebih tinggi dari dada.

Tips Terhindar dari Sakit Pinggang

Jika kamu sering mengalami sakit pinggang, lakukan tips berikut untuk mencegahnya:

1. Rutin berolahraga

Mulai rutin berolahraga dari intensitas yang ringan terlebih dahulu. Olahraga bisa menggerakan otot-otot tubuh kamu agar tidak kaku. Selain itu, latihan membantu melumasi persendian yang otomatis menjadi solusi obat sakit pinggang. Dengan begitu, sakit pinggang bisa terhindar.

Nah, adapun 10 Gerakan Untuk Mengatasi Sakit Pinggang yang bisa kamu coba!

2. Selain konsumsi obat sakit pinggang, terapkan pola makan sehat

Percuma saja jika kamu minum obat sakit pinggang tetapi tidak melakukan kebiasaan makan yang baik. Tujuannya untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan tekanan pada tubuh sehingga kamu rentan mengalami sakit pinggang.

Perbanyak konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Batasi makanan cepat saji, makanan berlemak, makanan tinggi garam, dan makanan tinggi gula.  

3. Tidur menyamping

Posisi tidur terbaik adalah menyamping. Jika kamu harus tidur tengkurap, letakkan bantal di bawah perut bagian bawah untuk membantu mengurangi tekanan di bagian pinggang. 

Kamu juga perlu memilih kasur dan bantal yang empuk dan nyaman. Selain itu, hindari begadang dan cukupi kebutuhan tidur setiap malam. 

4. Perhatikan postur tubuh

Mayoritas orang jarang memperhatikan postur tubuhnya. Hal ini lah yang sering menjadi penyebab utama sakit pinggang.

Orang-orang membungkuk di depan komputer dan gawainya tidak menyadari bahwa posisi yang tidak tepat bisa menimbulkan sakit pinggang. Maka dari itu, selalu perhatikan postur tubuh jika harus duduk terlalu lama. 

5. Atasi stres

Beberapa orang juga tidak menyadari seberapa besar stres dapat memengaruhi kondisi pinggang. Stres menyebabkan otot tegang yang lambat laun menyebabkan sakit pinggang. 

Aktivitas apa pun yang membantu mengurangi stres bisa membantu mencegah sakit pinggang. Misalnya, seperti yoga, meditasi, biofeedback, pernapasan dalam, dan tai chi.

Selain stres, ada pula kebiasaan buruk yang tidak disadari bisa menyebabkan sakit pinggang. Kamu bisa membaca artikel berikut ini untuk informasi selengkapnya 5 Kebiasaan Buruk Ini yang Picu Sakit Punggung Belakang.

6. Berhenti merokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Tetapi, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa merokok juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang yang tak kunjung membaik. 

Penelitian juga menunjukkan merokok dapat memperparah sakit pinggang yang ada. Alasannya, merokok bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga tulang belakang kekurangan pasokan oksigen. 

Kamu bisa mendapatkan produk obat sakit pinggang di atas dan produk kesehatan lainnya dari Toko Kesehatan Halodoc. Obat akan dikirim dari apotik terpercaya!

temukan obat pinggang yang kamu butuhkan di Halodoc
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Which Medicines Help With Low Back Pain?
Healthline. Diakses pada 2023. What You Should Know About Low Back Pain.
Medline Plus. Diakses pada 2023. Medicines for Back Pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan