4 Cara Mengatasi Bulu Rontok pada Anjing Pug

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   23 Agustus 2021
4 Cara Mengatasi Bulu Rontok pada Anjing Pug4 Cara Mengatasi Bulu Rontok pada Anjing Pug

“Anjing pug sering dipilih sebagai hewan peliharaan di rumah. Jika kamu berencana memelihara jenis anjing ini, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui karakteristiknya. Termasuk juga jenis penyakit atau masalah kesehatan yang bisa dialami oleh hewan berbulu ini.

Halodoc, Jakarta – Anjing pug bisa mengalami masalah pada bulunya, yaitu bulu rontok yang tidak wajar. Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa kondisi ini bisa terjadi, mulai dari serangan kutu, tungau, aleri, infeksi, gangguan kesehatan tertentu, hingga proses alami yang membuat anjing harus kehilangan bulu. Namun pada kondisi ini, bulu anjing yang baru biasanya akan tumbuh. 

Proses bulu rontok pada jenis anjing ini disebut cenderung berjalan lama, jika dibandingkan dengan jenis anjing lain. Hal ini membuat pemilik anjing mungkin merasa khawatir dan merasa seolah ada bulu rontok di mana-mana. Namun jangan khawatir! Ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bulu rontok pada anjing pug. Apa saja? 

Baca juga: 5 Jenis Anjing yang Ramah Anak

Tips Mengatasi Bulu Rontok pada Anjing Pug

Mengalami masalah bulu rontok pada anjing pug? Jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya: 

  1. Makanan Sehat 

Salah satu cara untuk mengatasi masalah bulu rontok pada anjing adalah memberikan makanan sehat dan nutrisi yang dibutuhkan. Anjing pug perlu diberikan makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting. Memberikan makanan khusus anjing yang berkualitas bisa membantu mencegah bulu rontok serta masalah kesehatan lain yang mungkin terjadi. 

  1. Suplemen Omega 3 

Selain makanan sehat, kamu juga bisa memberi asupan suplemen omega 3 untuk membantu mengatasi dan mencegah bulu rontok pada anjing. Suplemen ini dikenal bisa membantu mengatasi masalah kulit, fungsi ginjal, penyakit jantung, limfoma, hingga alergi pada anjing. Kandungan DHA pada suplemen omega 3 juga bisa membantu menjaga kesehatan bulu anjing pug. 

Kamu bisa membeli suplemen khusus anjing atau produk kesehatan hewan peliharaan lain di aplikasi Halodoc. Ada banyak pilihan produk berkualitas dengan harga bersahabat. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera tanpa harus keluar rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

  1. Pencegahan Kutu 

Bulu rontok bisa disebabkan oleh kutu yang menempel di kulit atau bulu anjing. Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin guna mencegah kutu, terutama jika anjing sering beraktivitas dan bermain di luar rumah. 

  1. Rutin Dimandikan 

Menjaga kebersihan tubuh anjing juga bisa membantu mencegah gangguan kesehatan, termasuk bulu rontok. Agar kulit dan bulu anjing pug selalu sehat, disarankan untuk memandikannya secara teratur, misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali. Disarankan untuk menggunakan sampo khusus anjing untuk membantu menghilangkan bakteri dan memperkuat folikel kulit dan rambut. 

Alasan Bulu Rontok pada Anjing

Bulu rontok pada anjing pug sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya dan harus diwaspadai. Berikut ini beberapa penyebab bulu rontok yang perlu diwaspadai: 

  • Alergi 

Salah satu penyebab bulu rontok pada anjing adalah alergi. Saat terpapar alergen, anjing bisa menunjukkan respons, salah satunya dengan merontokkan bulu. Jika alergi memicu gejala yang parah, sebaiknya segera hubungi dokter hewan atau bawa anjing ke klinik hewan terdekat. 

Baca juga: Ketahui Tips Memberi Makan Anjing Dewasa

  • Kutu dan Kurap 

Anjing bisa terinfeksi kutu dan kurap. Hal ini bisa menjadi alasan terjadinya bulu rontok yang disertai dengan gejala iritasi, gatal, dan kemerahan pada kulit anjing. Seperti alergi, kondisi ini sebaiknya juga harus segera mendapat penanganan dokter hewan. 

  • Stres 

Stres pada anjing bisa menjadi salah satu pemicu bulu rontok. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini juga bisa menyebabkan anjing rentan terserang masalah kesehatan lainnya. 

Referensi: 
Pug Dog Lovers. Diakses pada 2021. Why Is My Pug Losing Hair And What To Do About It.
Top 10 Home Remedies. Diakses pada 2021. 10 Home Remedies to Help with Hair Loss in Dogs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan