4 Bahan Alami untuk Atasi Gejala Omicron

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Maret 2022

“Batuk kering, tenggorokan gatal, dan pilek menjadi gejala yang banyak dialami pengidap Omicron. Kamu bisa gunakan bahan alami seperti teh jahe, kunyit, peppermint, dan madu untuk meredakan gejalanya di rumah.”

4 Bahan Alami untuk Atasi Gejala Omicron4 Bahan Alami untuk Atasi Gejala Omicron

Halodoc, Jakarta – COVID-19 varian Omicron dinilai memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan varian sebelumnya. Ada beberapa gejala Omicron yang sering kali dirasakan, mulai dari batuk kering, tenggorokan gatal, sakit tenggorokan, demam ringan, menggigil, kelelahan, hingga pusing. Biasanya, gejala ini dirasakan beberapa hari setelah pengidap terpapar virus COVID-19.

Ketika mengalami gejala ringan dan tidak memiliki penyakit komorbid, biasanya kamu akan diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah dan mengonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter. Selain mengonsumsi obat-obatan, kamu juga bisa gunakan berbagai bahan alami untuk membantu atasi gejala Omicron yang dirasakan.

Bahan Alami untuk Membantu Atasi Gejala Omicron

Batuk kering dan tenggorokan gatal menjadi gejala Omicron yang paling sering dialami oleh pengidapnya. Tidak hanya itu, gejala lain juga akan dirasakan, seperti sakit tenggorokan, demam ringan, kelelahan, pusing, hingga sakit kepala. Tentunya kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya.

Selain obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter, kamu juga bisa menggunakan bahan alami untuk membantu atasi gejala Omicron. Berikut bahan alami yang bisa kamu coba di rumah.

  1. Rebusan Jahe

Jahe menjadi salah satu herbal yang memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan. Selain itu, jahe juga menjadi bahan alami yang dinilai mampu mengatasi rasa nyeri dan tidak nyaman yang muncul pada tubuh. Jahe juga dikenal sebagai herbal yang bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan mengonsumsi jahe, kamu bisa mengatasi batuk kering yang terjadi selama mengidap COVID-19. Bukan itu saja, jahe juga bisa meningkatkan imun tubuh sehingga lebih mudah melawan virus. 

Kamu bisa merebus jahe dan tambahkan madu untuk rasa manis yang lebih alami.

  1. Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pengidap Omicron yang mengalami sakit tenggorokan atau batuk kering, tidak ada salahnya mengonsumsi madu. Kamu bisa minum madu secara langsung atau dicampurkan pada teh herbal agar manfaatnya bisa dirasakan dengan baik.

Sebuah penelitian pada Archives of Pediatric and Adolescent Medicines, menunjukkan bahwa madu memiliki manfaat untuk mengatasi batuk khususnya pada malam hari. Madu juga bisa meningkatkan kualitas tidur pada anak-anak yang mengidap infeksi saluran pernapasan atas. Namun, hindari pemberian madu pada anak yang berusia di bawah 1 tahun.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan curcumin di dalamnya. Hal ini membuat kunyit menjadi salah satu bahan alami yang bisa mengatasi batuk kering. Diketahui curcumin memiliki sifat antivirus, anti bakteri, hingga anti peradangan sehingga membuat gejala Omicron bisa lebih mudah diatasi.

Kamu bisa mencoba rebusan air kunyit dengan tambahan madu. Selain itu, kamu juga bisa mencampur bubuk kunyit dengan susu. Minum susu kunyit hangat sebelum tidur untuk meredakan kelelahan, rasa tidak nyaman, dan batuk yang disebabkan oleh Omicron.

  1. Peppermint

Mengonsumsi teh herbal dengan kandungan peppermint menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala batuk dan pilek yang disebabkan oleh Omicron. 

Peppermint memiliki kandungan mentol yang bisa meredakan bagian ujung saraf di tenggorokan yang teriritasi dan memicu batuk. Peppermint juga bisa mengatasi hidung mampet akibat flu.

Itulah bahan alami untuk atasi gejala Omicron di rumah. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi banyak cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jangan lupa mengonsumsi berbagai makanan sehat agar kebutuhan nutrisi dan gizi terpenuhi dengan baik. Dengan begitu, imun tubuh akan semakin optimal untuk melawan virus yang ada dalam tubuh.

Memenuhi kebutuhan tidur, berkumur dengan air garam hangat, dan menggunakan pelembap udara menjadi perawatan yang tidak boleh kamu lewatkan dalam pemulihan kesehatan ketika isolasi mandiri. Jika gejala yang kamu alami semakin memburuk, tidak ada salahnya bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Archives of Pediatric and Adolescent Medicines. Diakses pada 2022. Effect of Honey, Dextromethorphan, and No Treatment on Nocturnal Cough and Sleep Quality for Coughing Children and Their Parents.
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Home Remedies for a Dry Cough.
CDC. Diakses pada 2022. COVID-19 What to Do If You Are Sick.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan