4 Alasan Tubuh Sering Lelah dan Cara Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Agustus 2024

“Ada berbagai penyebab tubuh sering mengalami kelelahan, meski tidak melakukan aktivitas yang berat atau intens. Contohnya, mulai dari kurang hingga terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat.”

4 Alasan Tubuh Sering Lelah dan Cara Mengatasinya4 Alasan Tubuh Sering Lelah dan Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu sering merasa lelah, bahkan jadi tidak bersemangat untuk melakukan apa pun di hari libur? Kemungkinan ini terjadi karena, tubuh kamu mengalami kelelahan dan kekurangan energi. 

Meski rasa lelah bisa mereda setelah kamu istirahat, nyatanya kondisi ini bisa memicu berbagai dampak negatif. Misalnya  mudah stres, kesulitan dalam mengatur jadwal sehari-hari, penurunan produktivitas, hingga penurunan kualitas hidup seseorang. 

Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui beberapa alasan yang menyebabkan tubuh sering lelah dan cara mengatasinya.

Alasan dan Cara Mengatasi Tubuh Sering Lelah

Kondisi tubuh sering merasa lelah mungkin hal yang sangat umum terjadi, tetapi kamu tak boleh membiarkannya begitu saja. Sebab pada beberapa kondisi, kelelahan bisa jadi tanda adanya penyakit serius seperti anemia, diabetes, gagal jantung, hingga gangguan mental. 

Namun, selain itu ada sejumlah alasan mengapa tubuh sering lelah, yang biasanya dikaitkan dengan gaya hidup yang kurang sehat, seperti: 

1. Kurang tidur

Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar delapan jam tidur per malam. Jika ini tidak terpenuhi, maka kamu berisiko mengalami kelelahan. 

Seseorang mungkin saja memiliki hutang tidur yang menumpuk dan membutuhkan waktu tidur ekstra untuk membayarnya. Biasanya, kondisi ini kerap terjadi lantaran seseorang mengalami stres atau memiliki banyak kesibukan. 

Jika kamu mengalaminya, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan membantu kamu untuk mengatasi stres dan meresepkan sejumlah obat untuk membantu kesulitan tidur. 

Mau tahu apa saja pilihan obat tidur yang bisa kamu konsumsi? Baca di artikel ini:

2. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan justru bisa menyebabkan tubuh terasa lelah sepanjang hari. Ketika gula dan karbohidrat olahan dikonsumsi, maka tubuh berisiko mengalami kenaikan gula darah dengan cepat. 

Lonjakan gula darah dan penurunan setelahnya, membuat tubuh merasa lelah. Untuk menjaga tingkat energi tetap stabil, kamu perlu mengganti gula dan karbohidrat olahan dengan makanan utuh yang kaya serat. Kamu bisa mendapatkan sumber serat dari sayur, buah, dan kacang-kacangan. 

Apabila kamu kerap merasa lelah, cobalah untuk mengonsumsi sejumlah suplemen. Suplemen umumnya mengandung vitamin dan mineral, yang bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Beberapa rekomendasi produknya bisa kamu cari tahu pada artikel berikut: Ini 5 Rekomendasi dan Jenis Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh. 

3. Tidak aktif secara fisik

Tubuh yang tidak aktif atau malas bergerak bisa menjadi penyebab rendahnya energi. Padahal faktanya, aktif secara fisik misalnya dengan berolahraga dapat mengurangi kelelahan. Dampak positif yang satu ini bisa dirasakan terutama pada orang yang mengidap sindrom kelelahan kronis. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa, berolahraga dapat mengurangi kelelahan pada orang yang sehat dan pengidap penyakit kanker. 

Untuk meningkatkan energi, ubah kebiasaan mager dengan gaya hidup yang lebih aktif. Misalnya, memilih naik tangga daripada naik lift atau memilih berjalan kaki daripada membawa kendaraan saat menempuh jarak dekat.

4. Alergi makanan

Sensitivitas atau intoleransi makanan biasanya menyebabkan gejala seperti ruam, masalah pencernaan, pilek, atau sakit kepala. Namun, tak jarang kondisi ini juga memicu terjadinya kelelahan pada tubuh. 

Penelitian menunjukkan bahwa, mereka yang sensitif terhadap makanan, berisiko tinggi mengalami kelelahan. Intoleransi makanan yang umum terjadi disebabkan oleh kandungan gluten, susu, telur, kedelai, serta jagung. 

Bila kamu sering merasa lelah dan tak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. 10 Reasons You’re Always Tired (and What You Can Do About It).
Very Well Mind. Diakses pada 2024. Common Causes of Fatigue.
Prevention. Diakses pada 2024. Foods You Should Eat When You’re Tired.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan