3 Tips Memilih Daun Jeruk yang Tepat sebagai Bumbu Masakan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Desember 2022

“Ada berbagai tips memilih daun jeruk yang baik untuk bumbu masakan. Seperti misalnya memastikan daun masih segar, tidak layu, dan masih utuh atau tidak rusak.”

3 Tips Memilih Daun Jeruk yang Tepat sebagai Bumbu Masakan3 Tips Memilih Daun Jeruk yang Tepat sebagai Bumbu Masakan

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang gemar memasak, tentunya penggunaan daun jeruk sudah tidak asing lagi. Selain dapat menambahkan citarasa yang lezat, daun jeruk juga bisa membuat aroma masakan menjadi lebih menarik. Namun, pastikan kamu memilih daun jeruk terbaik untuk digunakan.

Selain untuk campuran nasi jeruk, daun ini juga bisa digunakan untuk membuat sambal. Namun, bagaimana cara memilih daun jeruk yang sesuai untuk dijadikan bumbu masakan? Yuk, simak ulasan mengenai cara tepat memilih daun jeruk berikut ini!

Tips Memilih Daun Jeruk untuk Bumbu Masak

Sebaiknya, jangan asal memasukkan daun jeruk ke dalam masakan yang kamu olah. Jika caranya kurang tepat, daun ini dapat membuat masakan terasa getir atau pahit. 

Jangan lupa untuk memilih daun yang sesuai saat akan masak agar manfaat daun jeruk semakin bisa kamu rasakan dengan baik. Berikut ini hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih daun ini sebagai bumbu masakan:

1. Pilih Daun yang Segar

Pastikan kamu memilih daun yang masih terlihat segar. Hal ini membuat aroma daun jeruk keluar dengan maksimal. Daun yang segar juga membuat citarasa semakin kuat.

2. Hindari Daun yang Layu

Daun yang layu atau kering masih bisa digunakan, tetapi daun ini tidak dapat memberikan aroma secara maksimal. Dengan begitu, manfaat daun jeruk tidak akan terasa dengan baik.

3. Pilihlah Daun yang Utuh

Pastikan untuk menggunakan daun jeruk yang daunnya terlihat utuh. Tidak rusak, patah, atau terlipat pada bagian pinggirnya.

Itulah hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih daun ini untuk bumbu masakan. Dengan menggunakan daun yang baik, tentunya akan memengaruhi masakan yang kamu olah.

Cara Mengolahnya untuk Bumbu Masak

Bukan hanya memastikan dan memilih daun jeruk yang kamu gunakan masih layak pakai, kamu juga perlu memastikan pengolahannya secara tepat. Dengan begini, kamu bisa memaksimalkan penggunaannya.

Jangan lupa beberapa hal ini saat akan mengolah masakan menggunakan daun ini, seperti:

  • Buang Tulang Daun

Pastikan untuk membuang tulang daun saat akan memasukkan daun pada masakan. Gunakan daunnya saja agar masakan memiliki citarasa yang lezat. Menggunakan daun yang masih memiliki batang akan membuat makanan memiliki rasa pahit.

  • Cuci Bersih Daun

Jangan lupa untuk mencuci bersih daun jeruk menggunakan air yang mengalir agar kotoran, debu, atau bakteri yang menempel hilang. Dengan begitu, makanan yang kamu olah pun memiliki kebersihan yang baik.

  • Jangan Terlalu Banyak

Sebaiknya jangan menggunakan daun ini terlalu banyak. Gunakan daun jeruk secukupnya agar rasa dan aroma daun jeruk tidak mendominasi masakan yang kamu buat.

  • Iris Tipis Daun

Gunakan daun yang telah diiris tipis-tipis untuk kamu campurkan pada masakan. Dengan begitu, daun jeruk bisa menyatu dengan masakan yang kamu olah sehingga memberikan rasa yang lebih kuat.

Namun, sebaiknya pastikan untuk bertanya pada dokter jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap makanan, khususnya jeruk atau buah asam. Segera lakukan pemeriksaan medis jika kamu mengalami keluhan kesehatan setelah mengonsumsi makanan tertentu agar kondisi tersebut bisa segera diatasi.

Kamu pun bisa buat janji medis menggunakan Halodoc. Dengan begitu, pemeriksaan bisa dilakukan dengan lebih praktis dan cepat. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Simply Suwanee. Diakses pada 2022. Kaffir Lime Leaves and Substitute.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan