5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menghitam di Wajah

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Januari 2024

“Setelah sembuh, bekas jerawat akan berubah menjadi kehitaman sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan bahan alami atau bantuan skincare.”

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menghitam di Wajah5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menghitam di Wajah

Halodoc, Jakarta – Munculnya jerawat pada wajah memang membuat siapa saja yang mengalaminya merasa kurang percaya diri. Terlebih, masalah kulit satu ini bisa meninggalkan bekas kehitaman pada wajah. Bekas jerawat terbentuk karena sel-sel kulit baru yang membantu memulihkan kulit muka mengandung terlalu banyak melanin.

Melanin adalah zat yang memberikan warna pada kulit. Ketika sel kulit tertentu mengandung melanin terlalu banyak daripada lainnya, akan muncul bercak kulit yang warnanya lebih gelap. Kondisi ini bernama hiperpigmentasi setelah peradangan. Hal ini tentu akan membuat penampilan jadi kurang maksimal, terutama pada wanita.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menghitam Secara Alami?

Cara menghilangkan bekas jerawat menghitam di wajah

Bekas jerawat kehitaman atau hiperpigmentasi pascainflamasi (PIH) tentu akan sangat mengganggu penampilan. Melalui channel YouTube Halodoc, dr. Andi Hardianty, Sp.DV menyebutkan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat kehitaman, seperti: 

  • Mengonsumsi jus lemon. Kandungan vitamin C pada lemon dapat membantu mencerahkan kulit. 
  • Mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit sehingga bekas kehitaman pada permukaan kulit akan memudar. 
  • Menggunakan madu, efek antiinflamasi pada madu mencegah jerawat lain muncul pada wajah. 
  • Memakai produk skincare yang mengandung niacinamide, retinol, asam salisilat, dan alpha hydroxy acids. 

Lebih jelasnya, berikut beberapa cara mudah menghilangkan bekas jerawat yang menghitam pada permukaan kulit yang bisa kamu coba: 

1. Lemon

Pertama, menggunakan air perasan lemon. Buah satu ini kaya akan kandungan vitamin C sehingga membantu membuat kulit menjadi lebih cerah. Bahkan, nutrisi tersebut juga efektif untuk memudarkan bekas jerawat menghitam. Namun, bahan satu ini kurang tepat untuk pemilik kulit sensitif atau kering karena bisa memicu munculnya iritasi. 

2. Menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya

Lidah buaya menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya adalah membantu menghilangkan bekas jerawat yang memicu munculnya bintik hitam pada wajah. Faktanya, tanaman satu ini adalah ‘agen’ penyembuh yang sangat baik, terlebih untuk masalah kulit. Kandungan dalam tanaman ini dapat memudarkan bintik hitam secara alami. 

3. Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur adalah bahan alami lain yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang memicu munculnya bintik hitam.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak biji anggur selama kurang lebih 6 bulan memberikan manfaat untuk orang-orang dengan kondisi melasma yang mirip seperti hiperpigmentasi setelah peradangan. 

4. Madu untuk menghilangkan bekas jerawat

Selain lidah buaya, madu juga menawarkan berbagai manfaat untuk pengobatan pada kulit, termasuk luka bakar, jerawat, dan herpes. Studi menunjukkan bahwa bahan ini bisa mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi potensi jaringan parut.

Selain itu, sifat antiperadangan pada bahan alami ini juga mampu melawan infeksi yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat muncul.

Selain efektif untuk mengatasi masalah jerawat, cari tahu apa lagi manfaat madu untuk kulit wajah melalui artikel Apa Saja Manfaat Madu untuk Kecantikan?

5. Bubuk kunyit

Selanjutnya, bubuk kunyit yang dapat mengurangi munculnya bakteri karena sifat anti-inflamasinya. Tanaman herbal ini juga membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut. Alhasil, kulit menjadi lebih cerah dan noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan.

Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Jerawat

Dalam beberapa kasus, bahan alami tak cukup efektif untuk menghilangkan jerawat. Nah, alternatifnya kamu bisa menggunakan obat penghilang jerawat di bawah ini:

1. Derma Angel Acne Patch Day 12 Lembar

Derma Angel Acne Patch Day membantu untuk menyamarkan, menyembuhkan dan melindungi jerawat. Dengan bahan yang tipis, elastis, dan transparan, acne patch ini memiliki dapat menyembunyikan jerawat dan memudahkan pengaplikasian make up. Produk ini juga dapat melindungi kulit terhadap polusi eksternal dan mencegah timbulnya bekas jerawat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Bersihkan wajah dan keringkan, lalu lepaskan patch dan tempelkan pada area yang bermasalah, dan lepaskan lapisan luar. Selanjutnya tekan sekitar 3-5 detik hingga patch menempel dengan sempurna.

Kisaran harga: Rp33.000 Per Pack

Dapatkan Derma Angel Acne Patch Day 12 Lembar di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Dermatix Acne Spot Care 7 g

Obat penghilang bekas jerawat selanjutnya adalah Dermatix Acne Spot Care. Produk ini memiliki bahan aktif yang bekerja untuk membantu mencerahkan noda hitam bekas jerawat. Menariknya lagi, Dermatix dapat membantu mencegah berkembangnya noda bekas jerawat yang baru. 

Kandungan ActivGCS (ekstrak lendir siput) di dalamnya membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembap. Cara menggunakannya, cukup oleskan salep dua kali sehari pada pagi dan malam hari selama 4 minggu untuk hasil awal.

Rentang harga: Rp126.800 – Rp208.500 Per Tube

Dapatkan Dermatix Acne Spot Care 7 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. ERHA Acneact Post Acne Spot Serum 30 ml

Produk penghilang bekas jerawat ini merupakan serum yang diformulasikan khusus untuk bekas jerawat. ERHA Acneact Post Acne Spot membantu mencerahkan kulit, sehingga noda hitam dan kemerahan bekas jerawat memudar.

Serum ini mengandung calamine yang memberikan warna natural merah muda dan membantu menenangkan kulit. Selain itu, obat penghilang bekas jerawat ini juga mengandung 5% Niacinamide, 3% TranexamidAcid, dan PAD (Potassium Azeloyl Diglycinate). 

Cara menggunakannya cukup mudah. Aplikasikan pada seluruh kulit wajah, lalu tepuk perlahan hingga serum terserap. Produk ini dapat kamu gunakan pada pagi dan malam hari.

Rentang harga: Rp133.000 – Rp186.200 Per Botol

Dapatkan ERHA Acneact Post Acne Spot Serum 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba di rumah. Dapatkan produk-produk di atas dengan cepat dan mudah di Toko Kesehatan Halodoc!

chat dengan dokter
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Remove Dark Spots from Pimples.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to best treat acne scars.
Medicinet. Diakses pada 2023. How Do You Get Rid of Acne Scars Naturally?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan