10 Cara Mengajarkan Anak Cuci Tangan sejak Dini

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 April 2021
10 Cara Mengajarkan Anak Cuci Tangan sejak Dini10 Cara Mengajarkan Anak Cuci Tangan sejak Dini

Halodoc, Jakarta - Mencuci tangan adalah salah satu perintah dan ajakan yang sering diucapkan orangtua berulang kali. Setelah keluar kamar mandi, pulang bermain dari luar, sebelum makan atau keadaan apa pun di mana Si Kecil tidak sepenuhnya bersih, mencuci tangan adalah sesuatu yang harus jadi kebiasaan sehat. 

Terlebih di tengah situasi pandemi virus corona, kegiatan mencuci adalah kebiasaan yang tidak bisa ditawar lagi keharusannya. Baik pada orang dewasa dan anak-anak harus paham betul pentingnya mencuci tangan dan bagaimana cara mencuci tangan yang benar. 

Baca juga: Cegah Flu dan Batuk, Ini Cara Membiasakan Anak Cuci Tangan

Cara Mengajarkan Anak Mencuci Tangan

Sangat penting mengajarkan mencuci tangan yang benar pada anak sejak dini. Mengingat banyak infeksi yang ditularkan melalui tangan, sebagian karena setiap orang begitu sering menyentuh mulut, hidung, dan mata, membiarkan patogen masuk ke dalam sistem tubuh yang sehat.

Anak sangat rentang dengan kuman dan virus. Cara efektif untuk mengajarkan anak cuci tangan, yaitu:

  1. Hindari sabun antibakteri. Sebab, sabun antibakteri menyebarkan resistensi antibiotik. Sedangkan sabun batangan yang terendam air sudah terbukti terkontaminasi. Jadi, sebaiknya gunakan sabun cair atau sabun batangan yang dikeringkan.
  2. Buat proses mengajar cuci tangan menyenangkan. Belilah sabun kemasan dan warnanya menarik atau yang memiliki aroma buah.
  3. Pastikan wastafel bisa diakses oleh Si Kecil. Jika wastafel terlalu tinggi untuk anak, belikan anak bangku kecil agar ia dapat meraih keran dan sabun. 
  4. Tunjukkan pada anak tentang cara menggosok tangan dengan benar. Cuci sela-sela jari, bagian atas tangan, dan di bawah kuku (bukan hanya di telapak tangan).
  5. Beritahu anak tentang bagaimana dan berapa lama mencuci tangan yang benar. Tunjukkan pada Si Kecil teknik menggunakan air dan jumlah sabun yang tepat untuk 
  6. digunakan dan cara menggosoknya. 

Baca juga: Ini Pentingnya Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

  1. Beri tahu kapan saja harus mencuci tangan, Informasi dasar ini harus diketahui dan diajarkan kepada Si Kecil agar menjadi kebiasaan sehat. 
  2. Beri tahu alasan dibalik harus cuci tangan. Jelaskan bahwa mencuci tangan bisa menghilangkan kuman yang membuatnya sakit. 
  3. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol (hand sanitizer). Ini bisa digunakan sebagai pengganti mencuci tangan selama tangan bebas dari kotoran. 
  4. Perlihatkan saat ayah dan ibu mencuci tangan pada anak. Anak sangat pandai meniru. Dengan begitu orangtua harus memberikan contoh dan teladan yang baik agar anak belajar. Dengan mencuci tangan orangtua sendiri di depan Si Kecil, itu tidak hanya menunjukkan teknik mencuci tangan yang tepat, tapi juga menunjukkan betapa itu kebiasaan sehat yang penting. 

Pentingnya Cuci Tangan Bagi Anak

Menyentuh bahkan memegang barang-barang kotor menjadi tindakan yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Selain menjaga kebersihan lingkungan dan tempat bermain anak, penting juga mengajarkan anak membersihkan dirinya sendiri, termasuk mencuci tangan. Mengapa orangtua perlu membiasakan anak untuk mencuci tangan?

Tentunya, tangan anak-anak akan banyak terpapar oleh bakteri maupun kuman setiap harinya. Untuk itu, membiasakan anak mencuci tangan dapat membantu anak terhindar dari berbagai penyakit yang dapat dialami anak

Mulai dari cacingan, diare, keracunan makanan, hingga penyakit yang cukup serius, seperti hepatitis A. Membiasakan cuci tangan pada anak juga dapat menghindari anak dari penyakit flu, infeksi virus pada bagian pernapasan, hingga gangguan gastrointestinal. 

Baca juga: Jangan Keliru, Ikuti Langkah Mencuci Tangan yang Tepat

Selain menjaga kesehatan, anak-anak yang bisa mencuci tangan secara mandiri juga bisa menjadi indikator tumbuh kembang anak yang berjalan dengan optimal. Umumnya, anak-anak akan mulai belajar untuk mencuci tangan secara mandiri saat ia memasuki usia 18–24 bulan. 

Itulah pentingnya mengajarkan anak cuci tangan sejak dini. Jika anak mengalami masalah kesehatan yang diakibatkan kebiasaan yang kurang bersih, segeralah hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. How to Teach Hand Washing to Preschoolers
Baby Center. Diakses pada 2021. Proper hand washing for kids and parents


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan