Wedang Jahe Lemon, Minuman Sehat Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Agustus 2021
Wedang Jahe Lemon, Minuman Sehat Bantu Tingkatkan Imun TubuhWedang Jahe Lemon, Minuman Sehat Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

“Wedang jahe lemon adalah minuman tradisional yang mudah kamu buat di rumah. Minuman ini juga punya segudang manfaat kesehatan, seperti mengurangi mual, pereda nyeri alami sampai meningkatkan daya tahan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Jahe merupakan temu-temuan yang dikenal manfaat anti peradangannya. Sementara lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Apabila dikombinasikan, wedang jahe lemon tentu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Jahe dan lemon juga mudah ditemukan sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Selain vitamin C dan antioksidan, lemon dan jahe juga mengandung serat, vitamin B-6, magnesium, dan potasium. Nah, kalau kamu tertarik mengonsumsinya, yuk kenali beragam manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari minuman ini.

Baca juga: Ini Beda Khasiat Jahe Merah dan Jahe Putih

Manfaat Kesehatan dari Wedang Jahe Lemon

Melansir dari WebMD, berikut manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari wedang jahe lemon:

1. Mengurangi Mual

Sejak terdahulu, jahe sering digunakan untuk mengobati mual, muntah dan gangguan pencernaan lainnya. Maka dari itu, wedang jahe lemon sangat direkomendasikan untuk ibu hamil yang mengalami mual atau seseorang yang telah menjalani kemoterapi. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi wedang jahe secara berlebihan. Di khawatirkan hal tersebut dapat memicu masalah pencernaan. 

2. Menurunkan Berat Badan

Wedang jahe lemon mengandung nol kalori. Jadi, minuman ini sangat direkomendasikan untuk seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Lemon juga telah terbukti mengurangi resistensi insulin, sehingga membantu mengurangi jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh. Jahe terbukti mengurangi rasa lapar yang dapat membantu orang menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan. Keduanya bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe juga memiliki sifat meningkatkan kekebalan dan dapat melindungi dari beberapa bakteri.

Baca juga: 4 Mitos dan Fakta tentang Air Lemon

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular dan Hati

Lemon dan jahe mengandung komponen yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit hati. Hal ini berasal dari kandungan antioksidan yang mencegah kerusakan-kerusakan sel di dalam tubuh.

5. Pereda Nyeri Alami

Wedang jahe lemon dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti radang sendi atau sakit kepala. Minuman ini cocok kamu konsumsi saat otot nyeri setelah berolahraga atau nyeri perut akibat menstruasi. Kalau butuh obat pereda nyeri, kamu bisa membelinya di toko kesehatan Halodoc. Tinggal klik lalu pesanan akan langsung di antar ke tempat kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Cara Membuat Wedang Jahe Lemon

Wedang jahe lemon sebenarnya sudah banyak tersedia dalam bentuk kemasan siap seduh. Kendati demikian, untuk mendapatkan manfaat dan rasa yang maksimal, lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan:

  • Satu ruas jahe.
  • Setengah buah lemon.
  • 300 mililiter air.

Pertama-tama, iris-iris jahe menjadi tipis atau kamu bisa memarutnya. Kemudian rebus jahe yang telah diiris atau diparut sampai sari-sarinya keluar. Setelah air berwarna kecokelatan, matikan api dan diamkan sampai air sudah tidak terlalu panas. 

Baca juga: Supaya Sehat, Hindari 3 Minuman Tidak Sehat Ini

Apabila air sudah menjadi hangat, saring air jahe dan tuangkan ke dalam cangkir. Setelah itu, peras irisan lemon. Wedang jahe lemon siap kamu sajikan. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan sedikit gula, susu kental manis atau madu. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Lemon Ginger Tea.
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Health Benefits of Ginger Tea?.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan