Waspada, Ini 7 Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Mei 2023

“Umumnya, kasus kebakaran disebabkan oleh kelalaian pribadi. Mulai dari mematikan alat elektronik hingga tidak membakar sampah di lingkungan rumah jadi beberapa cara mencegah kebakaran.”

Waspada, Ini 7 Cara Mencegah Kebakaran di RumahWaspada, Ini 7 Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Halodoc, Jakarta – Bahaya kebakaran mengintai di mana saja, termasuk di rumah. Kelalaian penghuni menjadi salah satu penyebab umumnya. Entah lupa mematikan lampu yang berujung konslet atau meninggalkan rumah dalam keadaan kompor masih menyala.

Sebenarnya, kamu bisa mencegah kebakaran rumah dengan melakukan beberapa langkah sederhana.

Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Berikut ini beberapa langkah mencegah kebakaran di rumah:

1. Mematikan alat elektronik 

Tips mencegah kebakaran yang pertama adalah mematikan alat elektronik saat bepergian. Penggunaan listrik berlebihan yang menyebabkan arus pendek listrik dapat meningkatkan potensi terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, jangan lupa mencabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan.

2. Jangan tinggalkan kompor dalam keadaan menyala

Tips mencegah kebakaran selanjutnya adalah tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala. Jadi, pastikan tetap berada di dapur selama proses memasak berlangsung. Tujuannya untuk mengetahui potensi kebocoran tabung gas yang menjadi pemicu kebakaran.

3. Awasi penggunaan lilin

Lilin menjadi salah satu alat penerang saat mati lampu. Penempatannya harus kamu perhatikan, jangan sampai letakkan di dekat sofa atau barang-barang yang mudah terbakar. Agar lebih aman dalam menggunakan lilin, tempatkan dalam gelas dan awasi penggunaannya.

4. Jauhkan benda yang mudah terbakar

Tips mencegah kebakaran selanjutnya adalah menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar, seperti plastik, kertas, dan kain. Jangan menyimpan benda-benda tersebut di dekat kompor atau lilin karena api dengan cepat menyambar dan menyebabkan kebakaran di dalam rumah.

Selain pencegahan terjadinya kebakaran di rumah, kamu dan keluarga harus memahami “4 Langkah Pertolongan Pertama saat Terjadi Kebakaran“. Sebab, bencana bisa terjadi kapan saja, sehingga lebih baik pahami langkah-langkah yang tepat untuk menghadapinya.

5. Jangan merokok di dalam rumah

Selain menyebabkan masalah paru-paru, merokok bisa menjadi pemicu kebakaran. Jika puntung dibuang dalam keadaan masih menyala dan tertiup angin, hal tersebut dapat memicu kobaran api. Apalagi jika puntung yang masih menyala menempel pada sofa dan benda lain yang mudah terbakar.

6. Memeriksa kabel listrik rumah

Memeriksa kabel listrik secara berkala jadi tips mencegah kebakaran lainnya. Meski terlihat baik-baik saja, kamu tetap melakukan proses pengecekan.

Pasalnya, bisa saja kabel yang tersembunyi rusak akibat gigitan tikus. Jika tak segera melakukan penanganan, kabel tersebut akan menjadi penyebab listrik konslet, yang dapat berujung pada kebakaran.

7. Jangan membakar sampah di sekitar rumah

Terakhir, kamu sebaiknya tidak membakar sampah di sekitar rumah. Sama halnya dengan puntung rokok yang masih menyala, terbangnya sampah yang terbakar bisa menjadi salah satu pemicu kebakaran. Alih-alih dibakar, dedaunan kering yang berjatuhan dari pohon bisa kamu jadikan sebagai pupuk kompos.

Itulah tips mencegah kebakaran di rumah. Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui adalah sebaiknya hindari menggulung kabel. Hal tersebut untuk menjaga kualitas kabel tetap terjaga dengan baik dan menghindari korsleting. Ingat, kelalaian adalah penyebab utama kasus kebakaran yang terjadi. 

Jadi, sebaiknya lakukan beberapa langkah sederhana tersebut guna mencegah terjadinya kebakaran di rumah. Jika kamu tidak sengaja mengalami luka bakar akibat memasak, langsung konsultasikan dengan dokter kulit yang ada di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Safe Wise. Diakses pada 2023. How Can I Prevent a House Fire?
American Red Cross. Diakses pada 2023. 15 Ways to Avoid a Fire in Your Home.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan