Waspada, 7 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Trombosit Tinggi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Desember 2022

“Kadar trombosit tinggi dapat terjadi jika seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Misalnya karena anemia defisiensi besi, infeksi, tidak memiliki limpa, atau kanker.”

Waspada, 7 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Trombosit TinggiWaspada, 7 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Trombosit Tinggi

Halodoc, Jakarta – Trombosit adalah sel-sel dalam darah yang menggumpal yang dapat menghentikan pendarahan. Tingkat trombosit dikatakan normal dan sehat jika berkisar antara 150.000 hingga 400.000 per mikroliter darah. Namun, jika seseorang memiliki di atas 450.000 per mikroliter darah, artinya ia memiliki kadar trombosit tinggi. 

Kadar trombosit tinggi juga dikenal sebagai trombositosis. Ada berbagai kondisi yang menyebabkan kadar trombosit seseorang tinggi. Kadar trombosit tinggi juga bisa jadi masalah yang serius, terutama jika merupakan tanda penyakit tertentu. 

Lantas, apa saja kondisi yang menyebabkan kadar trombosit tinggi?

Beberapa Kondisi yang Sebabkan Trombosit Tinggi

Berikut ini beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan trombosit tinggi:

1. Infeksi

Infeksi umumnya dapat mengakibatkan jumlah trombosit tinggi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Menurut sebuah penelitian, bakteri yang sering menyebabkan trombosit tinggi adalah:

  • Methicillin-resistant staphylococcus aureus (MRSA).
  • Clostridium difficile.
  • Spesies enterococcus.
  • Spesies pseudomonas.
  • Escherichia coli. 

Kabar baiknya, trombosit dapat kembali normal setelah infeksi sembuh, meskipun membutuhkan waktu beberapa minggu. 

2. Gangguan mieloproliferatif

Kondisi ini terjadi akibat sumsum tulang membuat terlalu banyak sel darah, sehingga menyebabkan jumlah trombosit tinggi. Adanya gangguan mieloproliferatif, jumlah trombosit yang tinggi mengakibatkan darah mengental sekaligus mengalir lebih lambat. Akibatnya, terjadilah penggumpalan darah. 

3. Anemia defisiensi besi

Kondisi berikutnya yang dapat menyebabkan trombosit tinggi yaitu anemia defisiensi besi. Meskipun anemia identik dengan hemoglobin rendah dan jumlah sel darah merah yang sedikit, tidak jarang terjadi peningkatan jumlah trombosit. 

Hingga saat ini para ahli belum mengetahui secara pasti mengapa kadar trombosit bisa tinggi pada pengidap anemia. Namun, kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan dengan zat besi tinggi atau suplemen zat besi. 

4. Tidak memiliki limpa

Selain berfungsi sebagai penyaring darah di tubuh, limpa adalah organ yang menyimpan sekitar sepertiga trombosit tubuh.

Apabila fungsi limpa tidak optimal, misalnya karena penyakit sel sabit atau cedera, atau jika limpa harus diangkat (splenektomi), maka jumlah trombosit bisa naik. Namun, kabar baiknya trombositosis jenis ini bersifat ringan sehingga sedang, dan dapat ditoleransi oleh tubuh. 

5. Peradangan

Berbagai kondisi peradangan, seperti kelainan reumatologi, penyakit radang usus, vaskulitida, dan beberapa kondisi autoimun, dapat mengakibatkan jumlah trombosit tinggi. Kebanyakan, peradangan kronis lebih sering dialami orang dewasa dibandingkan anak-anak. 

Pada kondisi peradangan, jumlah trombosit tinggi dapat terjadi sebagai respon terhadap sitokin, khususnya sitokin interleukin-6 dan trombopoietin yang merangsang produksi trombosit. 

6. Cryoglobulinemia campuran

Kondisi yang dapat menyebabkan trombosit tinggi selanjutnya yaitu Cryoglobulinemia campuran. Pada kondisi ini, protein abnormal yang disebut cryoglobulin dalam darah menjadi saling menempel saat terkena suhu dingin.

Hal ini dapat terjadi di tangan dan kaki, area diman sirkulasi darah dipengaruhi oleh penurunan suhu.  Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan penyakit hepatitis C, lupus eritematosus sistemik, dan artritis reumatoid. 

7. Kanker

Penyakit kanker dapat mengakibatkan jumlah trombosit tinggi, bisa di bilah ini juga merupakan efek sekunder dari keganasan kanker. Jenis trombosit tinggi pada pengidap kanker dikenal sebagai trombositosis paraneoplastik. Kondisi ini sering terjadi pada tumor padat atau kanker paru-paru, karsinoma hepatoseluler, kanker ovarium, dan kanker kolorektal. Peningkatan trombosit juga dapat terjadi pada pengidap leukemia myelogenous kronis. 

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan trombosit tinggi. Jika kamu memiliki salah satu kondisi di atas, sebaiknya tanyakan pada dokter yang ada di Halodoc, kapan saja dan di mana saja!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Thrombocytosis
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Causes a High Platelet Count?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Thrombocytosis

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan