Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 November 2022

“Sama seperti jenis polong-polongan yang lain, buncis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menyehatkan jantung hingga mengendalikan kadar gula darah tubuh.”

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Buncis untuk KesehatanWajib Tahu, Ini 5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buncis masuk dalam kelompok polong-polongan dengan segudang manfaat. Ini berkat kandungan nutrisinya yang begitu lengkap. Sebut saja protein, serat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium sodium, vitamin B, C, K, folat, dan beta karoten yang semuanya menjadi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Berbagai Manfaat Buncis untuk Kesehatan

Melihat kandungan nutrisinya yang begitu lengkap, tak heran jika buncis disebut sebagai salah satu makanan sehat dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut manfaat buncis untuk kesehatan:

1. Menjaga jantung lebih sehat

Buncis menjadi jenis sayuran yang tidak memiliki kandungan kolesterol. Salah satu efek dari hal ini adalah menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Terdapat kandungan serat larut dalam buncis yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam darah. 

Tak hanya itu, sayuran hijau ini juga memiliki kandungan flavonoid, sejenis antioksidan polifenol yang umum dijumpai pada sayuran dan buah dengan kadar yang bisa dibilang tinggi. 

Menurut buku Complementary and Alternative Therapies and the Aging Population menyebutkan bahwa, buncis dengan kandungan flavonoidnya yang tinggi dalam darah akan memicu efek anti trombotik, yang mencegah terjadinya darah menggumpal di bagian vena dan arteri. 

Menariknya, aktivitas trombotik ini ikut memainkan peran terhadap berbagai masalah kardiovaskular, termasuk stroke dan serangan jantung. 

2. Meningkatkan kesuburan pada wanita

Studi dalam Harvard Medical School menyebutkan, mengonsumsi zat besi yang berasal dari nabati lebih banyak, seperti kacang-kacangan, bayam, buncis, dan labu bisa mendukung kesuburan pada wanita. Ada pula studi yang menyebutkan hubungan antara asupan nutrisi tersebut dan tingkat kesuburan wanita. 

Supaya zat besi terserap secara optimal oleh tubuh, kamu bisa mengonsumsi makanan sumber zat besi dengan asupan tinggi vitamin C, seperti paprika atau tomat. Manfaat buncis untuk kesehatan lainnya juga bisa dirasakan oleh ibu hamil karena kandungan folatnya yang tinggi.

3. Menjaga imunitas tubuh

Manfaat buncis lainnya termasuk kaya akan vitamin C. Secangkir buncis dalam kondisi mentah memiliki kandungan vitamin C sebanyak 12,2 miligram. Ini setara dengan 25 persen kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Tak hanya membantu menunjang imunitas tubuh, vitamin C juga memiliki peran terhadap pembentukan kolagen dan memberikan perlindungan pada kulit dari risiko stres oksidatif. Vitamin satu ini juga bekerja sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas dan risiko kerusakan pada jaringan. 

4. Makanan dengan kandungan FODMAP rendah

FODMAP atau fermentable oligosaccharides, disaccharides, monosaccharides, dan polyos merupakan jenis karbohidrat dengan rantai pendek yang sulit diserap oleh usus kecil. Selain itu, FODMAP sendiri memang memiliki kecenderungan untuk menyerap air dan melakukan proses fermentasi pada usus besar.

FODMAP diduga memicu sejumlah gangguan pada saluran pencernaan. Ini termasuk diare, sakit perut, sembelit, dan perut kembung. Mengonsumsi makanan dengan kandungan FODMAP yang tinggi bisa menimbulkan masalah pada kesehatan pencernaan. Contohnya termasuk risiko mengalami refluks asam dan sindrom iritasi usus besar.

Sebaliknya, asupan makanan dengan kandungan FODMAP rendah seperti buncis dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan di perut. Selain itu, buncis juga menjadi asupan makanan yang aman untuk pengidap gangguan cerna kronis.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Tak ketinggalan, buncis juga memiliki peran untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Bahkan, makanan ini disebutkan sebagai salah satu jenis sayuran yang mempunyai efek hipoglikemik terhadap pengidap diabetes.

Seperti diketahui, pengidap diabetes memerlukan perawatan jangka panjang supaya kadar gula darah tetap stabil dan terjaga. Caranya bisa melalui diet atau mengonsumsi obat. Inilah mengapa, memasukkan sayuran dengan angka glikemik yang rendah seperti buncis dalam menu harian, bisa membantu mengendalikan kadar gula dalam darah lebih optimal.

Itu tadi beberapa manfaat buncis untuk kesehatan yang perlu diketahui. Jika mengalami gangguan kesehatan, langsung saja hubungi dokter di Halodoc, kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Green Beans: Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthfully. Diakses pada 2022. What Are the Benefits of String Beans?
Complementary and Alternative Therapies and the Aging Population. Diakses pada 2022. Flavonoids and Cardiovascular Health.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. Follow the Fertility Diet?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan