Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 September 2022

“Acai berry disebut sebagai superfood yang belakangan sedang digandrungi. Tak berbeda dengan buah berry lainnya, acai berry memiliki kandungan serat dan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk kesehatan.”

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Acai Berry untuk KesehatanWajib Tahu, Ini 5 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Acai berry merupakan buah dari pohon acai palem di kawasan hutan hujan Amerika Selatan dan Tengah. Buah ini memiliki warna kulit ungu gelap serupa anggur dengan bagian dagingnya memiliki warna kuning. Selain itu, biji buah ini juga bisa dibilang besar. 

Acai berry adalah buah yang tumbuh di pohon palem acai di hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan. Buahnya mempunyai kulit berwarna ungu gelap seperti buah anggur dengan daging buah berwarna kuning dan biji buah berukuran besar.

Di negara asalnya, buah ini umumnya direndam dulu sampai bagian kulitnya, kemudian ditumbuk sampai halus dan berupa pasta. Selain langsung dimakan, buah satu ini juga banyak dipakai untuk menambah cita rasa atau dibuat sebagai minyak.

Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan

Manfaat acai berry telah dikenal sejak lama. Buah yang disebut dengan superfood ini banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan kulit, meringankan demam, hingga mengurangi nyeri saat menstruasi oleh penduduk asli Brazil.

Selain itu, buah kecil ini juga punya banyak manfaat lain, di antaranya:

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan antioksidan pada buah ini bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain secara umum. Antioksidan sendiri adalah senyawa yang bisa memberikan perlindungan pada sel tubuh dari kerusakan karena paparan radikal bebas.

Radikal bebas bisa berasal dari mana saja, termasuk kebiasaan buruk merokok, hingga makanan. Paparannya bisa mengakibatkan kerusakan sel sehat. Apabila menyerang sel yang ada pada pembuluh darah, akan terjadi peningkatan risiko terbentuknya plak yang bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke. 

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Mayoritas lemak yang terkandung pada buah acai berry adalah asam lemak omega-3 dan omega-6 yang memberikan efek positif untuk tubuh. Keduanya adalah jenis lemak baik yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Selain itu, acai berry juga memiliki kandungan sterol alami, senyawa yang bisa mencegah terjadinya penyerapan kolesterol pada tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi buah ini bisa membantu mengendalikan hingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Buah ini juga mengandung asam lemak tidak jenuh bernama asam oleat. Studi yang terbit pada Journal of Hypertension menyebutkan, mengonsumsi asam oleat yang didapat dari nabati bisa membantu mengendalikan sekaligus mencegah hipertensi.

Selain itu, antioksidan dalam buah ini juga memberikan efek yang sama. Senyawa ini membantu mengendalikan tekanan darah dengan memberikan perlindungan ekstra pada lapisan di dalam pembuluh darah. Fungsi dari lapisan ini umumnya mengalami penurunan karena kerap mengembang dan mengempis ketika darah mengalir. 

  1. Menunjang Fungsi Otak

Radikal bebas dan peradangan yang terjadi pada sel otak bisa menurunkan daya ingat, kemampuan berpikir, dan fungsi lain dari otak. Namun, studi yang dilakukan terhadap hewan memberikan angin segar bahwa antioksidan yang terdapat dalam acai berry bisa mencegah kondisi ini. 

Sementara itu, studi lain yang dilakukan menggunakan ekstrak buah acai berry menunjukkan adanya peningkatan memori hewan uji coba. Buah ini memiliki potensi dalam proses pembersihan sel tua pada otak, sehingga organ penting ini bisa membentuk sel sehat yang baru.

  1. Memiliki Potensi untuk Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat acai berry yang terakhir adalah memiliki potensi untuk mencegah kanker karena antioksidan di dalamnya yang membawa sifat antikanker. Studi yang dilakukan pada hewan berhasil membuktikan kandungan antioksidan dalam buah acai berry membantu menekan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, mematikan sel, dan mengurangi efek peradangan pada tubuh. 

Efek buah ini dapat dilihat berdasarkan uji coba pada kanker kandung kemih dan usus besar. Para peneliti menyebutkan, buah satu ini kemungkinan bisa dipakai untuk membantu penanganan kanker di masa depan. Meski begitu, efeknya pada manusia tetap harus diamati lebih lanjut. 

Itu tadi beberapa manfaat acai berry untuk kesehatan. Sekarang, kamu tidak harus bingung untuk mendapatkan solusi langsung dari ahli kalau mengalami gejala yang tidak biasa pada tubuh. Sebab, tanya dokter spesialis sekarang bisa dilakukan di Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan pilih dokternya sesuai kebutuhan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. What are acai berries, and what are their possible health benefits?
Journal of Agricultural and Food Chemistry. Diakses pada 2022. Anthocyanin-rich Açai (Euterpe oleracea Mart.) Fruit Pulp Fractions Attenuate Inflammatory Stress Signaling in Mouse Brain BV-2 Microglial Cells.
Gut and Liver. Diakses pada 2022. Açaí Berries Inhibit Colon Tumorigenesis in Azoxymethane/Dextran Sulfate Sodium-Treated Mice.
Nutrition and Cancer. Diakses pada 2022. Pro-Apoptotic Activities of Polyphenolics From Açai (Euterpe oleracea Martius) in Human SW-480 Colon Cancer Cells.
Nutrition Journal. Diakses pada 2022. Effects of Açai (Euterpe oleracea Mart.) berry preparation on metabolic parameters in a healthy overweight population: A pilot study.
Journal of Hypertension. Diakses pada 2022. Relationship of dietary monounsaturated fatty acids to blood pressure the international study of macro/micronutrients and blood pressure.
Nutrients. Diakses pada 2022. The Role of Omega-3 Fatty Acids in Reverse Cholesterol Transport: A Review.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan