Untuk Orang Tua, Ini Cara Cegah Anak Jadi Pelaku Kekerasan Seksual

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Agustus 2022

“Pelaku kekerasan seksual tidak lagi memandang umur. Oleh karena itu, peran orang tua dalam pengasuhan anak penting agar mereka tidak menjadi pelaku kekerasan seksual di masa sekarang atau di masa depan. ”

Untuk Orang Tua, Ini Cara Cegah Anak Jadi Pelaku Kekerasan SeksualUntuk Orang Tua, Ini Cara Cegah Anak Jadi Pelaku Kekerasan Seksual

Halodoc, Jakarta – Kasus kekerasan seksual nyatanya bisa dialami oleh semua orang. Begitu juga dengan pelakunya, para pelaku pelecehan seksual juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, anak dibawah umur pernah beberapa kali dilaporkan atas kasus pelecehan seksual. Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui pola asuh anak yang benar agar mereka tidak melakukan kekerasan seksual.

Yuk, simak alasan mengapa anak bisa jadi pelaku kekerasan seksual dan cara untuk mencegahnya berikut ini!

Mengapa Seseorang Bisa Jadi Pelaku Kekerasan Seksual?

WHO mencatat ada beberapa faktor yang menempatkan seorang anak menjadi pelaku kekerasan seksual, baik di masa sekarang atau saat mereka dewasa. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Kondisi biologis, seperti jenis kelamin dan usia.
  • Tingkat pendidikan.
  • Penghasilan.
  • Adanya gangguan mental.
  • Penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang.
  • Pernah mengalami kekerasan sebelumnya.

Ada banyak faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang menjadi pelaku kekerasan seksual. Nah, beberapa hal tersbut pun terkait dengan pola asuh yang buruk, seperti misalny: 

  • Kurangnya ikatan emosional antara anak-anak dan orang tua.
  • Praktik pengasuhan yang buruk.
  • Perpisahan orang tua, ataupun orang tua tidak bisa memberikan kebutuhan fisik dan emosional kepada anak.
  • Menyaksikan kekerasan semasa kecil dulu. 

Cara Mencegah Anak Melakukan Kekerasan Seksual

Tidak bisa disangkal bahwa pengalaman masa kecil, interaksi dengan keluarga, dan pola asuh orang tua dapat membentuk watak dan karakteristik anak. Dalam tahap tumbuh kembang anak, sangat penting agar orang tua menanamkan rasa empati, simpati dan nilai-nilai kesetaraan.

Ini akan membuat anak belajar memahami bahwa dalam situasi sosial, sangat penting untuk memerhatikan perasaan orang lain.  Hidup yang ia jalani bukan untuk dirinya sendiri. Ada orang-orang lain di sekitar yang juga memiliki kepentingan, masalah, dan perasaan yang semestinya harus saling dijaga. 

Anak juga harus diajarkan untuk menghargai orang lain. Ajarkan mereka cara menempatkan diri di tengah masyarakat dan jelaskan bahwa ada beberapa hal yang bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman. 

Baca juga: 4 Sikap Ibu yang Bisa Merusak Watak Anak

Itulah pembahasan mengenai cara mencegah anak jadi pelaku kekerasan seksual. Jika kamu perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu, Halodoc bisa membantumu mendapatkan resep obat. Kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah. 

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2022. Violence against children
National Sexual Violence Resource Center. Diakses pada 2022. Preventing Child Sexual Abuse Resources.
Institute of Medicine and National Research Council, 2015. Diakses pada 2022. Parenting Knowledge, Attitudes, and Practices.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan