Tips Memilih Air Minum dalam Kemasan yang Tepat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 April 2023

“Memilih air minum dalam kemasan yang tepat sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pastikan untuk membaca label dengan teliti dan memilih air yang bersih dan tersegel dengan baik.”

Tips Memilih Air Minum dalam Kemasan yang TepatTips Memilih Air Minum dalam Kemasan yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Air minum dalam kemasan adalah alternatif yang populer untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari. Namun, tidak semua air minum dalam kemasan sama.

Ada banyak merek dan jenis yang tersedia di pasaran, dan beberapa lebih baik daripada yang lain. Oleh karena itu, penting memilih air minum dalam kemasan yang tepat. 

Kamu juga dapat membaca artikel mengenai Masalah yang Bisa Dialami Jika Kurang Minum Air Putih, untuk mengetahui bahwa begitu penting minum air putih. 

Bagaimana Tips Memilih Air Minum dalam Kemasan yang Tepat?

Berikut merupakan tips pemilihan secara tepat, meliputi:

1. Periksa Label

Sebelum membeli air minum dalam kemasan, pastikan untuk membaca labelnya terlebih dahulu. Cari tahu sumber airnya, apakah dari mata air, sungai atau sumur dalam.

Pastikan juga labelnya mencantumkan informasi tentang jumlah mineral, nutrisi, dan kandungan zat kimia seperti klorin atau fluoride. Pastikan juga tanggal kadaluarsa dan label keamanan produk seperti ISO 9001 dan SNI.

2. Cari yang Menggunakan Filter Karbon Aktif

Pilih yang menggunakan filter karbon aktif. Filter ini dapat membantu menghilangkan bau dan rasa dari air minum, serta membuang partikel-partikel kecil yang mungkin terdapat dalam air minum. Selain itu, air minum yang di filter dengan karbon aktif cenderung lebih sehat untuk diminum.

3. Hindari Air yang Berlebihan Mengandung Mineral

Saat memilih, hindari yang mengandung mineral terlalu tinggi. Beberapa air minum dalam kemasan mungkin memiliki jumlah mineral yang tinggi, seperti magnesium, kalsium, dan kalium.

Meskipun mineral ini penting untuk kesehatan tubuh, namun jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti batu ginjal.

4. Pilih yang Sudah Terverifikasi Kualitasnya

Pastikan memilih yang sudah terverifikasi kualitasnya oleh Badan POM dan BPOM. Verifikasi ini menjamin bahwa air minum tersebut aman dan sehat. Sebaiknya, cari label kualitas seperti ISO, SNI atau HACCP.

5. Pilih yang Berisi Air Murni

Pilih yang berisi air murni atau yang tidak mengandung bahan tambahan seperti gula, pewarna, atau pemanis buatan. Air minum dalam kemasan yang mengandung bahan tambahan ini menyebabkan masalah kesehatan jika meminumnya secara teratur.

6. Pilih yang Bersih dan Tersegel dengan Baik

Pastikan memilih air minum dalam kemasan bersih dan tersegel dengan baik. Jangan memilih yang terlihat keruh atau berwarna, dan pastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan pada segel botol atau tutup.

Nah, apakah kamu termasuk orang yang suka minum air dalam kemasan? Tips tersebut bisa kamu terapkan dalam memilih kualitas air kemasan yang terbaik.

Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai keamanan air, kamu dapat bertanya langsung dengan dokter melalui Halodoc. Dengan Halodoc, kamu dapat berdiskusi melalui chat, voice/video call. Jadi tunggu apalagi, Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Non-Sufficient Funds (NSF). Diakses pada 2023. The Ultimate Guide to Bottled Water.
Consumer Voice. Diakses pada 2023. Packaged Drinking Water. Are you choosing the safest one?
Play Buzz. Diakses pada 2023. How To Choose The Right Packaged Drinking Water.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan