Tips Memelihara dan Merawat Anjing Samoyed

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 Oktober 2021
Tips Memelihara dan Merawat Anjing SamoyedTips Memelihara dan Merawat Anjing Samoyed

“Samoyed adalah anjing yang ramah dan sangat cocok untuk keluarga yang memiliki rumah tangga dengan lingkungan yang menyenangkan dan tentunya memiliki banyak waktu untuk bersama anjing mereka. Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memelihara anjing Samoyed.”

Halodoc, Jakarta – Anjing Samoyed pertama kali terlihat pada abad ke-19 di Siberia. Mereka adalah keturunan Nenets Herding Laika (anjing pemburu Rusia kuno). Anjing Laika adalah anjing pemburu yang digunakan untuk berbagai fungsi, termasuk berburu. Pemburu membiakkan anjing Samoyed sebagai penggembala rusa khusus. Bulu putihnya membuat anjing ini disukai para pemburu karena memungkinkan mereka untuk berkamuflase dengan salju.

Terkenal dengan senyum khasnya, anjing Samoyed dikenal sebagai anjing yang sangat ramah dan ingin tahu. Temperamen Samoyed yang lembut dan stabil adalah ciri khasnya. Ini adalah salah satu alasan mengapa begitu banyak keluarga mengadopsi jenis ini.

Selain itu, anjing ini juga dikenal karena gonggongannya yang keras. Bahkan, mereka juga cukup sering ditemukan melolong dan bernyanyi. Meskipun biasanya menggonggong pada orang baru, Samoyed dikenal tidak agresif sama sekali. Faktanya, anjing-anjing ini dikenal karena kepribadiannya yang ramah dan penuh kasih. Begitu mereka bertemu seseorang, mereka berubah menjadi anjing yang manja.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan sedang Mengalami Sakit

Tips Memelihara Anjing Samoyed

Temperamen ramah dan perhatian menjadikan Samoyed anjing keluarga yang fantastis. Mereka sangat akrab dengan anak-anak dan umumnya memiliki temperamen yang sangat sabar. Nah, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu tahu sebelum mengadopsi anjing Samoyed:

  1. Perawatan Bulu

Bulu putih pada anjing Samoyed sangat indah. Jadi, untuk menjaganya, tentu perawatan sangat penting. Faktanya, banyak pemilik anjing ini tidak meluangkan banyak waktu untuk merawat bulu anjing tersebut, sehingga justru membuat Samoyed terlihat seperti domba. Selain itu, banyak anjing Samoyed suka bermain di lumpur, jadi menjaga kebersihan bulunya adalah pekerjaan sehari-hari.

Penting untuk dicatat bahwa anjing Samoyed memiliki bulu ganda yang cukup tebal. Tanpa perawatan teratur, itu akan membuat bulunya mudah kusut. Mandi teratur dengan sampo berkualitas tinggi juga merupakan suatu keharusan.

Baca juga: Gejala Masalah Uriner pada Anjing yang Perlu Diketahui

  1. Melatih Anjing Samoyed

Anjing Samoyed sangat cerdas dan sangat mandiri. Mereka ingin melakukan sesuatu sendiri. Namun, jika kamu memiliki kesabaran, dedikasi, dan sikap tenang, kamu dapat mengajarkan beberapa perintah dasar dan cara melakukan beberapa trik. Jika ingin melakukan itu, kamu harus tetap positif, mengadakan sesi latihan yang lebih singkat, dan membuatnya menyenangkan.

  1. Perhatikan Kondisi Kesehatannya

Sebagai ras yang sangat tua dan murni, Samoyed relatif sehat. Namun, mereka dapat mengembangkan penyakit tertentu, jadi kamu harus berhati-hati akan hal itu. Anjing ini rentan mengalami kondisi medis seperti displasia panggul, perut kembung, atrofi retina progresif, infeksi kulit, masalah gigi, kegemukan, hingga diabetes. 

Baca juga: Kutu Anjing Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Ini

  1. Memanfaatkan Energi Anjing Samoyed

Kebanyakan orang menyukai anjing Samoyed karena penampilan mereka. Namun, sebenarnya Samoyed adalah anjing jenis pekerja.  Ini berarti bahwa Samoyed memiliki banyak energi dan tentunya membutuhkan banyak latihan untuk tetap sehat dan bahagia.

Samoyed membutuhkan dua kali jalan-jalan panjang per hari serta kunjungan harian ke taman. Anjing ras ini juga suka menjelajahi ruang baru sehingga mengubah pemandangan dengan pergi ke taman anjing yang berbeda atau mendaki juga disarankan. Sederhananya, jika kamu suka bersantai di rumah dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di luar, sebaiknya pilih jenis yang berbeda.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam merawat anjing Samoyed. Sekarang, kamu bisa lebih mudah memantau kondisi hewan peliharaan dengan aplikasi Halodoc. Buat janji ke rumah sakit terdekat pun sekarang tak sulit lagi. Download aplikasi Halodoc sekarang juga ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
The Pets and Love. Diakses pada 2021. 7 Things To Know Before Getting A Samoyed Puppy.
Petsmont. Diakses pada 2021. Top Things to Know Before a Samoyed Adoption.
The Dog People. Diakses pada 2021. Samoyed Puppies: Everything You Need to Know about the Ultimate Snow Dog.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan