Ternyata Mudah, Ini Cara Membasmi Telur Nyamuk di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Agustus 2022

“Salah satu cara mencegah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk adalah memberantasnya sedari akar. Caranya, basmi telur dan jentik-jentik nyamuk yang rawan berkumpul di tempat penampungan air.”

Ternyata Mudah, Ini Cara Membasmi Telur Nyamuk di RumahTernyata Mudah, Ini Cara Membasmi Telur Nyamuk di Rumah

Halodoc, Jakarta – Nyamuk adalah hewan mematikan yang mampu menularkan penyakit melalui gigitannya. Itu sebabnya, penting untuk segera membasmi telur maupun jentik-jentik sebelum berubah menjadi nyamuk dewasa. Umumnya, makhluk ini suka menetaskan telurnya di genangan-genangan air seperti vas, ember, bak dan penampungan air lainnya.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menutup rapat tempat penampungan air dan membuang wadah-wadah yang menampung air. Dengan demikian, nyamuk tidak bisa menetaskan telurnya di wadah tersebut.

Cara Efektif Membasmi Telur Nyamuk di Rumah

1. Buang genangan air

Selain wadah, genangan-genangan air juga perlu kamu bereskan karena ini termasuk tempat favorit nyamuk untuk bertelur. Buang genangan-genangan air yang biasanya ada di pot tanaman hingga cekungan tanah di taman belakang rumah. Pasalnya, sedikit genangan saja tetap bisa dijadikan tempat bertelurnya nyamuk.

2. Jangan timbun barang bekas

Nyamuk cenderung menyukai tempat yang gelap, kotor dan lembap seperti gudang. Buang barang-barang bekas yang sudah tidak kamu gunakan. Pasalnya, barang yang sudah tidak terpakai bisa menjadi sarang nyamuk ketika tertumpuk di dalam rumah.

3. Gunakan pestisida

Jika jentik-jentik nyamuk sudah menetas dan jumlahnya terlampau banyak, kamu bisa memanfaatkan pestisida untuk membasminya. Semprotkan bahan-bahan kimia ini di tempat bersarangnya nyamuk.

Gunakan secara hati-hati sebab pestisida bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan kamu. Hindari menyemprotkannya di dekat makanan maupun pohon atau tanaman yang sedang berbuah.

4. Pelihara ikan

Solusi lain yang bisa kamu coba yaitu memelihara ikan jenis tertentu. Ikan hias seperti ikan guppy, ikan hias atau ikan cupang misalnya. Mereka menyukai jentik-jentik nyamuk sebagai santapan utama.

5. Teteskan minyak kayu manis

Belum banyak orang yang tahu kalau minyak kayu manis bisa dimanfaatkan untuk membasmi jentik nyamuk. Teteskan minyak ini ke tempat-tempat berkumpulnya jentik-jentik. Nantinya, kandungan minyak akan melapisi permukaan dari air tersebut dan mencegah jentik nyamuk untuk bisa bernafas. Alhasil mereka akan mati lebih cepat akibat tidak bisa bernapas.

6. Gunakan cuka apel

Jika kamu ragu untuk memakai pestisida, cuka apel bisa menjadi alternatif pestisida alami. Semprotkan larutan cuka apel ke tempat bersarangnya telur maupun jentik-jentik nyamuk.

Perlu kamu ketahui kalau jentik-jentik nyamuk punya daya tahan yang sangat tinggi. Itu sebabnya, gunakan larutan cuka apel dengan kandungan cuka yang tinggi untuk bisa membunuh telur nyamuk.  

Kekurangannya, cuka apel memerlukan waktu lebih lama daripada pestisida. Larutan ini butuh waktu lebih dari sehari untuk bisa membunuh jentik secara efektif.

7. Manfaatkan sabun cuci piring

Kalau kamu enggak punya budget atau enggan memakai pestisida, minyak kayu manis maupun cuka apel, kamu masih bisa memanfaatkan sabun cuci piring untuk membasmi populasi telur nyamuk.

Buat larutan sabun cuci piring cair dan air dengan perbandingan 1 : 1. Kocok sampai rata lalu semprotkan langsung ke tempat-tempat yang rawan dihinggapi nyamuk. Larutan tersebut diklaim bisa membunuh jentik-jentik dalam waktu singkat.

Punya pertanyaan lain soal membasmi telur nyamuk? Hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan memberikan solusi tepat untuk kendala yang kamu hadapi. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Control Mosquitoes Outside Your Home.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Control Mosquitoes Inside Your Home.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan