Terkenal Mahal, Ini 5 Manfaat Kaviar untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Januari 2023

“Kaviar memiliki rasa yang unik, yakni perpaduan asin, amis, dan gurih. Di dalamnya mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat menunjang kesehatan tubuh, mulai dari otak hingga ke tulang.”

Terkenal Mahal, Ini 5 Manfaat Kaviar untuk Kesehatan TubuhTerkenal Mahal, Ini 5 Manfaat Kaviar untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Kaviar berasal dari telur ikan jantan yang diawetkan. Jenis yang paling umum adalah beluga dan sevruga. Varietas lainnya, termasuk hackleback, sterlet, osetra, dan kaluga. 

Kaviar memiliki tekstur berlendir dengan cita rasa amis, asin dan gurih. Tak hanya dari rasanya yang unik, telur ikan ini juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

5 manfaat caviar untuk kesehatan tubuh

Beberapa nutrisinya, yakni kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, dan vitamin A, B1, D, serta E. Manfaatnya mulai dari menghilangkan tanda penuaan dini, meningkatkan kesehatan otak, hingga memelihara kesehatan tulang.

Nutrisi dan Manfaat Kaviar Bagi Tubuh

Dalam satu porsi Kaviar menyediakan hampir dua kali lipat asupan vitamin B1 harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis vitamin ini dapat membantu perkembangan dan fungsi sistem saraf manusia. Manfaat lainnya, yakni membantu proses produksi DNA dan sel darah merah.

Selain vitamin B12, caviar mengandung mineral dan vitamin, termasuk kalsium dan vitamin A, D, serta E. Telur ikan ini adalah sumber asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, otak, dan mata.

Adapun kandungan lain dalam 100 gram kaviar, antara lain:

  • Kalori sebanyak 264 kilokalori.
  • Protein sebanyak 24.6 gram.
  • Karbohidrat sebanyak 4 gram.
  • Lemak sebanyak 17.9 gram.
  • Air sebanyak 47.5 gram.
  • Vitamin A sebanyak 0.2715 miligram.
  • Vitamin B12 sebanyak 20 miligram.
  • Kalium sebanyak 181 miligram.
  • Magnesium sebanyak 300 miligram.
  • Kalsium sebanyak 275 miligram.
  • Vitamin E sebanyak 1.89 miligram.
  • Natrium sebanyak 1500 miligram.
  • Zat besi sebanyak 11.88 miligram.
  • Seng sebanyak 0.6 miligram.

Adapun manfaat yang diperoleh dari berbagai nutrisi di atas, antara lain:

1. Efek antipenuaan

Makanan sehat ini mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang dapat membantu memperbaiki proses regenerasi kulit. Caranya dengan membantu meningkatkan produksi kolagen dan mencegah kerusakannya. 

Kolagen ini yang akan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit. Beberapa gejala umum yang muncul pada kulit, seperti keriput, kehilangan elastisitas, flek atau noda hitam di wajah, kering, kusam, hingga tidak bercahaya.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat ini terjadi berkat kandungan asam lemak omega-3 di dalam telur ikan. Nutrisi tersebut bekerja dengan membantu melawan peradangan di dalam otak Misalnya, mengurangi penurunan kognitif pada pengidap penyakit Alzheimer. 

Penyakit Alzheimer sendiri merupakan gangguan yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perilaku. Penyakit akan memburuk seiring waktu jika tidak ditangani dengan langkah yang tepat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan gangguan yang terjadi ketika organ tidak dapat menjalankan sebagaimana fungsinya. Dengan kandungan asam lemak omega-3 dalam kaviar, nutrisi ini dapat menjaga permeabilitas sel, terutama pembuluh darah, agar dapat bekerja secara optimal.

4. Membantu menjaga kesehatan otak

Kesehatan mata dapat terjaga dengan baik berkat kandungan asam lemak omega-3, vitamin A, dan antioksidan lutein di dalam kaviar. Kombinasi nutrisi tersebut dapat membantu mengatasi gejala mata kering dengan meningkatkan kandungan minyak pada mata.

5. Memelihara kesehatan tulang

Kaviar mengandung kalsium, protein, dan vitamin D yang dapat memelihara kesehatan tulang. Kombinasi dari nutrisi tersebut dapat membantu mencegah masalah kepadatan tulang atau osteoporosis di masa depan.

Meski menyehatkan, pengidap alergi ikan berpotensi mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsinya. Kondisi ini ditandai dengan gejala, seperti gatal, ruam kulit, diare, mual, muntah, hingga sesak napas.

Jika hal tersebut terjadi, silakan buat janji untuk melakukan perawatan. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, konsultasi tanya dokter, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Homelab Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Surprising Health Benefits of Caviar.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Is Caviar Good for You?
Healthify Me. Diakses pada 2023. Caviar: Nutritional Facts, Health Benefits, and More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan