Teh Hibiscus, Minuman Sehat dari Bunga Kembang Sepatu

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Agustus 2022

“Teh Hibiscus merupakan teh herbal yang bisa digunakan sebagai pengobatan. Ada banyak manfaat minuman sehat tersebut, mulai dari membantu melawan radikal bebas hingga membantu menurunkan berat badan.”

Teh Hibiscus, Minuman Sehat dari Bunga Kembang SepatuTeh Hibiscus, Minuman Sehat dari Bunga Kembang Sepatu

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai macam bunga yang sering diolah menjadi teh, salah satunya adalah hibiscus atau kembang sepatu. Rasanya yang asam manis, mirip seperti cranberry, membuat bunga ini sempurna untuk dijadikan teh.

Dari ratusan spesies kembang sepatu yang ada, Hibiscus sabdariffa adalah jenis kembang sepatu yang paling sering digunakan untuk membuat teh hibiscus. 

Penelitian sudah menunjukkan bahwa meminum teh kembang sepatu bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Contohnya menurunkan tekanan darah, melawan bakteri, dan membantu menurunkan berat badan. Yuk, simak lebih lanjut mengenai manfaat minuman sehat yang satu ini di sini.

Manfaat Teh Hibiscus

Selama berabad-abad, orang-orang sudah menggunakan biji, bunga, daun, dan batang hibiscus untuk diolah menjadi makanan dan pengobatan tradisional. Sekarang ini, kamu bisa menemukan selai, sirup, jeli, dan teh rasa kembang sepatu di mana-mana di seluruh dunia.

Teh hibiscus dibuat dari bagian kembang sepatu, yaitu kelopak kering. Minuman ini sudah dikategorikan sebagai teh herbal yang bisa digunakan sebagai pengobatan.

Teh hibiscus sudah digunakan di negara-negara Afrika untuk menurunkan suhu tubuh, mengobati penyakit jantung, dan meredakan sakit tenggorokan. Di Iran, minuman sehat ini dikonsumsi untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Studi terbaru melihat kemungkinan peran kembang sepatu dalam pengobatan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Berikut manfaat minuman sehat teh hibiscus untuk kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang membantu melawan senyawa yang disebut radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh. Teh hibiscus kaya akan antioksidan yang kuat, seperti beta karoten, vitamin C dan antosianin. 

Karena itu, mengonsumsi minuman sehat tersebut bisa membantu mencegah kerusakan dan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas, seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.

2. Mampu Melawan Peradangan

Beberapa penelitian pada hewan dan beberapa penelitian kecil pada manusia, sudah menunjukkan kemampuan hibiscus untuk melawan peradangan.

Peradangan berperan dalam perkembangan banyak penyakit, termasuk kanker, asma, penyakit Alzheimer, penyakit jantung, dan rheumatoid arthritis. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, tapi tampaknya teh kembang sepatu bisa menawarkan efek antiinflamasi yang bermanfaat.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan, bahwa mengonsumsi teh hibiscus mampu menurunkan tekanan darah pada orang yang berisiko tekanan darah tinggi, dan mereka yang memiliki tekanan darah agak tinggi.

Tekanan darah tinggi diketahui menjadi faktor penyebab bagi beberapa masalah kesehatan serius.  Seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung dan penyakit ginjal. Dalam uji klinis, minum teh kembang sepatu sudah terbukti bisa menurunkan tekanan darah pada manusia.

4. Menurunkan  Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan lain yang memengaruhi banyak orang dewasa. Kondisi ini  berkontribusi terhadap penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke.

Nah, beberapa studi klinis menunjukkan teh hibiscus bisa menurunkan kadar kolesterol. Namun, manfaat minuman sehat tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, teh hibiscus bisa menjadi salah satu pilihan minuman yang baik untuk kamu konsumsi. Pasalnya, beberapa penelitian menunjukkan adanya dampak positif pada penurunan berat badan dari konsumsi kembang sepatu. 

Namun, penelitian tersebut menggunakan ekstrak kembang sepatu, bentuk yang lebih pekat daripada teh hibiscus. Jadi, belum diketahui secara pasti apakah teh hibiscus akan memberikan hasil yang sama.

Itulah penjelasan mengenai teh hibiscus dan manfaatnya untuk kesehatan. Tidak ada salahnya juga untuk memeriksakan kesehatanmu secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatanmu. 

Kamu bisa buat janji medis di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Dengan begitu, bila ditemukan masalah kesehatan, perawatan bisa dilakukan segera sebelum berkembang parah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 7 Benefits of Hibiscus Tea.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Benefits of Hibiscus Tea.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What’s to know about hibiscus tea.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan