Tak Perlu Ke Restoran, Ini Resep Mpek Mpek Palembang Garing dan Enak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Agustus 2023

“Kamu bisa mencoba resep mpek mpek Palembang yang garing dan enak. Selain itu, perhatikan juga batas wajar konsumsinya agar tidak berisiko.”

Tak Perlu Ke Restoran, Ini Resep Mpek Mpek Palembang Garing dan EnakTak Perlu Ke Restoran, Ini Resep Mpek Mpek Palembang Garing dan Enak

Halodoc, Jakarta – Mpek-mpek adalah makanan khas dari Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang digiling halus dan dicampur dengan tepung sagu serta bumbu-bumbu lainnya. Ada berbagai jenis mpek mpek, tetapi yang paling populer adalah mpek mpek telur. 

Nah, bagi kamu yang menyukai makanan ini, kamu juga bisa menikmatinya tanpa perlu ke restoran. Sebab, kamu juga bisa memasak mpek mpek di rumah dengan rekomendasi resep berikut. 

Resep Mpek Mpek Palembang yang Garing dan Enak

Bahan-Bahan

  • 500 gram daging ikan tenggiri giling. 
  • 400 gram tepung tapioka. 
  • 200 ml air (disesuaikan bila ikan dari freezer). 
  • 2 sdt garam. 
  • 2 sdt bawang putih bubuk.
  • 1 sachet kaldu bubuk.
  • 2 botol cuko siap pakai. 

Bahan Isi:

  • 2 butir telur.
  • 1/4 sdt garam.
  • 1/2 sdt kaldu bubuk.
  • 1 sdt tepung tapioka.
  • 1 sdm air.
  • 2 tetes pewarna kuning telor.

Langkah Membuat

Langkah 1

Rebus air dalam panci hingga mencapai titik didih. Lalu, masukkan ikan giling ke dalam sebuah wadah, lalu tambahkan bawang putih bubuk dan sedikit air secara bertahap hingga ikan terhalus.

Langkah 2

Tambahkan garam dan kaldu, uleni adonan hingga mencapai tekstur yang mengental seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Tambahkan tepung secara perlahan dan uleni hingga tercampur merata, tetapi jangan terlalu keras.

Langkah 3

Bagi adonan menjadi bagian yang sama rata. Kemudian, ambil sebagian adonan dan buat lubang di tengahnya dengan menggunakan tepung kering untuk menghindari tangan lengket dan memudahkan pembentukan. Buat isi pempek telur di dalam lubang tersebut.

Langkah 4

Isi adonan dengan telur, namun jangan terlalu penuh, kemudian tutup bagian atasnya dengan hati-hati. Setelah adonan dibentuk, masukkan langsung ke dalam air mendidih dan rebus hingga pempek mengapung. Angkat dan tiriskan.

Langkah 5

Pempek dapat disajikan dengan cara digoreng atau langsung disiram dengan cuko dan ditambahkan potongan timun. 

Batas Wajar Konsumsi Pempek Pempek

Resep Mpek Mpek Palembang Garing dan Enak

Sebenarnya mpek mpek adalah salah satu makanan sehat yang padat nutrisi. Tetapi, pempek adalah makanan yang digoreng dan mengandung bahan-bahan tertentu, penting untuk mengonsumsinya secara moderat. 

Sebab, konsumsi berlebihan makanan goreng dapat membuat mpek mpek menjadi menu tidak sehat. Sebab, konsumsi makanan berlebih dapat menyebabkan peningkatan asupan lemak jenuh dan kalori. Kondisi ini berpotensi menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya seperti kolesterol tinggi dan masalah jantung. Jika kamu bingung berapa porsi yang sesuai, kamu bisa berdiskusi dengan dokter spesialis gizi terlebih dahulu. 

Makanan Pendamping dan Alternatif Cara Memasak

Kamu juga perlu mengonsumsi makanan pendamping yang sehat seperti memperbanyak timun untuk pempek dan mengonsumsi buah setelahnya. Untuk alternatif pengolahan yang lebih sehat, kamu juga bisa memasak mpek-mpek menggunakan air fryer

Itulah resep mpek mpek beserta batasan wajar konsumsinya. Jika kamu atau orang tua kamu mengidap kondisi medis tertentu, penting untuk konsultasikan terlebih dahulu konsumsinya dengan dokter di Halodoc. Selain itu, pastikan juga untuk tetap minum obat dan suplemen yang telah dokter resepkan, secara teratur.

Selain mpek-mpek, ada juga resep-resep hidangan lezat lainnya yang mudah dibuat di rumah. Cek di sini:

Referensi: 
Cookpad. Diakses pada 2023. Pempek Telur Kecik. 
Healthline. Diakses pada 2023. Is Cooking with an Air Fryer Healthy?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan