Tak Hanya Pasangan, Rayakan Hari Kasih Sayang dengan Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Februari 2023

“Merayakan hari kasih sayang dengan anak memiliki banyak manfaat. Contohnya meningkatkan bonding sekaligus mengajari anak makna kasih sayang, serta cara mengekspresikannya dengan benar.”

Tak Hanya Pasangan, Rayakan Hari Kasih Sayang dengan AnakTak Hanya Pasangan, Rayakan Hari Kasih Sayang dengan Anak

Halodoc, Jakarta – Hari kasih sayang tidak hanya identik dengan pasangan. Merayakan hari kasih sayang juga bisa dilakukan dengan anak. Justru, dengan merayakan hari kasih sayang bersama anak, orang tua bisa membangun bonding yang semakin erat.

Selain membangun bonding, merayakan hari kasih sayang dapat menjadi cara orang tua mengajari anak mengenai relasi. Pastinya, ini dapat menjadi bekal penting buat anak dalam hubungan kelak ketika dewasa. Informasi selengkapnya mengenai tips merayakan hari kasih sayang bersama anak bisa dibaca di sini!

Tips Merayakan Hari Kasih Sayang dengan Anak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, merayakan hari kasih sayang bersama anak dapat menjadi cara yang tepat mengajarkan anak mengenai makna sebuah hubungan. Plus, juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Lantas, seperti apa tips merayakan hari kasih sayang bersama anak?

1. Memberikan catatan di bawah bantalnya

Orang tua bisa menyelipkan catatan yang bertuliskan betapa orang tua menyayangi anak di bawah bantal atau di meja dekat tempat tidurnya. Ketika anak bangun pagi dan menemukan ada catatan cinta dari orang tua, anak pasti senang.  Lewat catatan ini, anak dapat belajar, kalau hal-hal kecil dan sederhana bisa menjadi cara untuk mengekspresikan rasa sayang ke orang terdekat. 

2. Me time bersama anak

Sebagai orang tua tak jarang ayah dan ibu disibukkan dengan aktivitas pekerjaan. Ini membuat ayah dan ibu kehilangan momen me time bersama anak. Cobalah untuk menyisihkan waktu khusus agar bisa menghabiskan waktu dengan berkualitas bersama anak. Hal ini bisa dilakukan dengan memasak makan malam bersama atau pergi ke taman bermain dan ikut bermain dengan anak. 

3. Membuat kartu valentine

Cara lain yang bisa dilakukan orang tua untuk merayakan hari kasih sayang bersama anak adalah dengan membuat kartu Valentine. Ini juga bisa menjadi sarana kreativitas dan membuat anak menjadi lebih eksploratif. Pastinya, anak anak menikmati momen berkreasi bersama orang tua. 

Ketika sama-sama menggunting dan menempel, orang tua bisa membuka obrolan terkait hal-hal lain yang menarik minat anak. Misalnya, tentang apa yang disenangi anak akhir-akhir ini, bagaimana teman-temannya, dan lain sebagainya.

4. Merayakan upaya terbaik anak 

Coba diingat, kapan terakhir orang tua memberikan pujian kepada anak? Ketika anak belajar berjalan, ayah dan ibu menyemangati di setiap langkah anak. Seiring bertambahnya usia, orang tua cenderung lebih fokus pada pencapaian seperti nilai (akademik) atau ketika anak memenangkan suatu perlombaan. 

Padahal, pujian dari orang tua dapat memberikan semangat kepada anak. Karena itu, Pastikan untuk selalu memberikan pujian dan semangat, untuk perubahan kecil yang dilakukan anak. 

5. Mengekspresikan kasih sayang secara langsung

Sering kali dalam hal mengekspresikan kasih sayang orang tua kerap menjadi kaku. Mungkin memang anak sudah tahu kalau ayah dan ibu menyayanginya, tapi mengatakannya secara langsung dapat membuat ekspresi kasih sayang tersebut tersampaikan.

Tunjukkan kepada anak bahwa ayah dan ibu menyayanginya sepenuh hati. Mengatakannya secara langsung, menunjukkannya lewat tindakan akan sangat membantu anak merasa dicintai dan dimiliki. Sudah siap merayakan hari kasih sayang bersama anak?

Kalau orang tua punya masalah dengan pola asuh dan masalah kesehatan pada anak tanyakan saja langsung ke psikolog atau dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, jangan ditunda, download langsung aplikasi Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Mamaduck.com. Diakses pada 2023. 24 Best Ways to Celebrate Valentine’s Day with Your Kids
Bright Horizons. Diakses pada 2023. Valentine’s Day Idea for Kids: Teaching the Meaning of Love. 
Focus on The Family.com. Diakses pada 2023. Keeping Valentine’s Day Positive for Kids. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan