Tak Hanya Menggonggong, Ini Arti Suara yang Dikeluarkan Anjing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   17 Februari 2021
Tak Hanya Menggonggong, Ini Arti Suara yang Dikeluarkan AnjingTak Hanya Menggonggong, Ini Arti Suara yang Dikeluarkan Anjing

Halodoc, Jakarta - Anjing adalah salah satu hewan yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang cukup baik dengan manusia. Mereka menggunakan bahasa tubuh dan vokalisasi untuk mengekspresikan keinginan, kebutuhan, dan ketakutan mereka. Namun, tak jarang pemilik anjing juga kerap kebingungan dalam memahami apa sebenarnya arti suara anjing.

Beberapa anjing memiliki jangkauan vokalisasi yang lebih luas daripada yang lain. Tak hanya menggonggong, mereka juga bisa menggunakan suara untuk mengekspresikan beragam arti. Ada beberapa jenis suara anjing yang cukup umum seperti gonggongan, merengek, menggeram, melolong, mendesah, dan rintihan.

Baca juga: Inilah Makna di Balik Gonggongan Anjing

Berbagai Arti Suara Anjing

Selain gonggongan, ada beberapa jenis suara anjing beserta beberapa artinya yang wajib kamu pahami sebagai pemilik anjing:

Rengekan (The Whine)

Rengekan itu hampir memiliki banyak makna seperti halnya gonggongan, tetapi biasanya suara ini dikeluarkan kurang tegas. Anjing biasanya merengek ketika mereka menginginkan sesuatu, seperti makanan, mainan, atau perhatian. Seekor anjing yang merengek di pintu mungkin ingin keluar, dan anjing yang merengek sambil berbaring di samping tali pengikatnya mungkin berharap kamu akan mengajaknya jalan-jalan.

Merengek juga bisa menunjukkan kecemasan atau ketakutan. Seekor anjing dengan separation anxiety mungkin merengek saat ditinggal sendirian, dan anjing yang takut pergi ke dokter hewan mungkin merengek di lobi klinik. Anjing juga menunjukkan rasa sakit melalui rengekan. Jika anjing tampak tidak nyaman, terengah-engah dan merengek, dan perilaku atau nafsu makannya telah berubah, dia bisa saja merengek kesakitan. Seperti halnya menggonggong, triknya adalah mencari tahu konteks seputar rengekan tersebut.

Menggeram (Growl)

Saat anjing menggeram, ini bisa berarti kamu harus mundur, atau ia ingin agar kamu berhenti menyentuhnya. Suara menggeram juga bisa berarti ia akan menggigitmu jika kamu mendekat. Tentu saja, dalam permainan, geraman juga bisa berarti, "ayo tarik benda ini lebih keras!"

Geraman adalah peringatan, dan anjing yang dihukum terlalu sering karena menggeram mungkin memutuskan untuk melompat ke tingkat peringatan berikutnya yaitu menggigit. Geraman dan geraman dibuat sengaja untuk mengintimidasi. Seiring waktu, kamu dapat mempelajari geraman anjing, serta mengetahui gonggongannya. 

Gemuruh rendah bisa berarti dia mendengar sesuatu di luar. Geraman keras bisa berarti, “Aku ingin kamu berhenti menyentuhku, tapi aku tidak akan menggigitmu,” dan geraman yang menunjukkan semua giginya mungkin adalah caranya untuk mengatakan, “Aku benar-benar tidak suka anjing itu atau orang, dan aku mungkin menggigit jika diberi kesempatan. "

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Melolong (Howling)

Serigala melolong untuk berkomunikasi dengan kawanan mereka, dan mungkin untuk mengekspresikan emosi yang lebih luas daripada yang dipahami saat ini. Anjing melolong karena alasan yang sama. Anjing yang melolong saat pemiliknya meninggalkannya mungkin mencoba berkomunikasi dengan sekitar, dan melolong di antara anjing tampaknya menular, seperti halnya serigala.

Banyak anjing tidak pernah melolong. Namun, beberapa ras, seperti Siberian Huskies, melolong secara teratur, dan bahkan menggunakan lolongan mereka untuk "berbicara", membuat suara-suara aneh dan sering kali lucu saat mereka mengekspresikan kegembiraan, keingintahuan, frustasi, dan terkadang emosi yang tampaknya benar-benar asing bagi manusia.

Mendesah dan Mengerang (Sigh and Groan)

Anjing mendesah dan mengerang untuk menunjukkan kepuasan dan kekecewaan. Anak anjing merintih dan mengerang saat mereka berbaring untuk tidur siang, dan anjing dewasa mungkin menghela napas saat mereka bersantai di pangkuan atau di tempat tidur anjingnya. Namun, jika anjing mengganggumu untuk bermain atau berjalan-jalan, dan kemudian menjatuhkan diri ke tanah dan menghela nafas panjang atau mengerang, dia mungkin kecewa karena tidak mendapatkan apa yang diinginkannya.

Membandingkan suara manusia dan suara anjing juga menarik, meski kebanyakan bisa membingungkan. Misalnya, anjing biasanya menguap saat gugup atau tidak lelah, tetapi saat menghela napas, anjing dan manusia tampaknya memiliki maksud yang sama. 

Baca juga: Anjing Terus Menggonggong, Ini yang Perlu Dilakukan

Kamu dapat mempelajari arti suara anjing dengan mengamati anjing peliharaanmu untuk melihat apa yang tampaknya memicu suara tersebut. Namun, jika anjing memiliki masalah perilaku yang berhubungan dengan suara, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan di Halodoc. Dokter hewan di Halodoc mungkin akan memberikan saran untuk mengatasi masalah perilaku tersebut. 

 

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Canine Communication: Deciphering Different Dog Sounds
American Kennel Club. Diakses pada 2021. What Do Different Types of Dog Sounds Mean?
Petfeed. Diakses pada 2021. Different Dog Sounds and What They Mean.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan