Tak Hanya Masker, Lindungi Pernapasan dengan Nasal Spray

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 April 2021
Tak Hanya Masker, Lindungi Pernapasan dengan Nasal SprayTak Hanya Masker, Lindungi Pernapasan dengan Nasal Spray

Halodoc, Jakarta - Menghadapi pandemi yang telah berlangsung lebih dari satu tahun ini membuat masyarakat kini memiliki kebiasaan baru, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, hingga membatasi aktivitas di luar rumah. Memang benar, memakai masker kini telah menjadi protokol kesehatan wajib bagi seluruh masyarakat.

Menyambut era kebiasaan baru ini, banyak dijumpai jenis masker di pasaran. Tidak hanya masker medis, masker kain pun bermunculan, tentu dengan motif dan gambar, serta bahan yang memiliki tingkat filtrasi beragam. Sudah pasti, tingkat kenyamanan yang diberikan pun berbeda pada setiap orang.

Nah, ternyata, cara penggunaan masker juga penting untuk diketahui, lho. Kamu pasti pernah mendapati seseorang memakai masker lebih dari satu lapis. Memang dianjurkan, ketika kamu tanpa gejala atau sehat, menggunakan masker kain dua lapis sudah cukup. Sementara ketika berada di wilayah rawan infeksi, kamu disarankan untuk menggunakan masker medis dengan filtrasi yang lebih baik.

Baca juga: 4 Jenis Spray Hidung untuk Atasi Rhinitis Vasomotor

Masker Saja Tidak Cukup

Meski begitu, ada saatnya ketika kamu perlu atau terpaksa melepas masker, seperti ketika makan atau beristirahat setelah berolahraga guna melancarkan asupan oksigen ke dalam tubuh. Meski lingkungan sekitar tampak sepi atau kamu sudah menjaga jarak ketika berada di tempat umum, tetapi tetap saja ada risiko menyebarnya partikel melalui udara.

Ini artinya, kamu tetap memiliki risiko terinfeksi virus melalui partikel udara kotor, seperti polutan, debu, hingga alergen yang sangat mudah terhirup oleh hidung sebagai saluran pernapasan awal yang hanya terproteksi dengan bulu atau rambut halus sebagai penyaring udara.

Nasal Spray Berikan Perlindungan Ekstra pada Saluran Pernapasan

Oleh karena itulah, penting untuk kamu tetap waspada dan memberikan perlindungan ekstra pada tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini, terutama pada saluran pernapasan. Selain memakai masker, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan semprotan hidung atau nasal spray.

Baca juga: Nasal Spray Melindungi dari Debu dan Alergen

Banyak jenis semprotan hidung yang bisa kamu temukan, tetapi dari semuanya, nasal spray berbentuk bubuk atau powder bisa memberikan perlindungan ekstra pada hidung dengan mencegah dan memerangkap partikel udara kotor, terutama ketika kamu harus melepas masker saat di luar rumah.

Telah terbukti dengan uji klinis, nasal spray bubuk dari QUIXX yang dibuat dari formulasi bahan alami sudah pasti aman dan lebih praktis digunakan. Adanya kandungan hypercellullose powder akan berubah menjadi lapisan gel mukosa ketika disemprotkan ke dalam hidung. Lapisan ini akan menangkap partikel udara kotor, kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan pernapasan, maupun alergen yang memicu kekambuhan pada penderita rhinitis alergi.

Tidak hanya itu, semprotan hidung ini sudah pasti praktis dan nyaman digunakan. Tidak hanya orang dewasa, anak berusia dua tahun ke atas, ibu hamil dan menyusui, serta pegiat olahraga juga bisa menggunakan alat semprot hidung ini tanpa efek samping serius. Cukup semprotkan ke dalam lubang hidung, QUIXX nasal spray akan bekerja hanya dalam dua menit untuk memberikan perlindungan hingga 8 jam.

Baca juga: Mengenal Kriteria Masker Non-Medis untuk Cegah Virus Corona

Kesehatan saluran pernapasan menjadi hal yang wajib diperhatikan di masa pandemi ini. Kamu bisa bertanya pada dokter terkait penggunaan nasal spray untuk melindungi saluran pernapasan. Download dan pakai selalu aplikasi Halodoc supaya tanya jawab dengan dokter menjadi lebih mudah. Jadikan nasal spray sebagai salah satu kebiasaan baru, selain memakai masker guna melindungi saluran pernapasan dari risiko paparan partikel udara kotor, polusi, kuman, virus dan bakteri yang ada di udara selama masa pandemi ini.

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2021. What to Know About Using a Nasal Spray.
Kompas. Diakses pada 2021. Nasal Spray Powder Efektif Lindungi Sistem Pernapasan Selama Pandemi.
Detik. Diakses pada 2021. Nasal Spray Terbukti Jadi Cara Melindungi Diri Saat Pandemi!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan