Tak Hanya Lezat, Ini 8 Manfaat Ikan Gurame bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Desember 2022

"Bukan cuma lezat, ikan gurame mengandung berbagai manfaat kesehatan berkat kandungan protein, asam amino dan fosfornya. Zat tersebut mampu memperbaiki jaringan yang rusak dan membantu perkembangan otak."

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Manfaat Ikan Gurame bagi KesehatanTak Hanya Lezat, Ini 8 Manfaat Ikan Gurame bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Gurame adalah salah satu ikan air tawar yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Berkat kandungan asam aminonya, ikan ini diklaim mampu membantu perkembangan otak. Nutrisi tersebut amat dibutuhkan anak-anak yang sel-sel otaknya masih dalam masa perkembangan. Jika dikonsumsi secara rutin, asam amino ini disinyalir mampu meningkatkan kecerdasan anak.

 Selain itu, jumlah protein gurame bahkan lebih tinggi dari ikan air tawar lain, seperti nila, lele dan mas. Tubuh membutuhkan protein sebagai penyusun  otot dan tulang, paru-paru, kulit dan rambut. Tidak hanya itu, protein juga membantu memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang rusak

Manfaat Ikan Gurame bagi Kesehatan

Berikut sederet manfaat kesehatan dari mengonsumsi ikan gurame:

1. Menyehatkan jantung

Ikan gurame mengandung asam lemak omega-3 yang mampu menjaga kesehatan jantung. Senyawa tersebut masuk dalam kategori asam lemak tak jenuh yang justru melawan peradangan pada tubuh. Bahkan, asam lemak omega 3 membantu mengurangi lemak jahat yang memicu peradangan tubuh sehingga berpotensi merusak pembuluh darah dan memicu stroke. 

Tidak sampai disitu, lemak sehat ini mampu menurunkan kadar trigliserida, tekanan darah dan juga pembekuan darah. Dengan begitu, penyakit yang berkaitan dengan jantung bisa diminimalisir.

2. Menjaga berat badan

Ikan gurame juga bisa menjadi solusi menu diet yang minim lemak. Kandungan proteinnya bisa menambah massa otot dan menurunkan kadar lemak. Protein juga  membantu meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus mengontrol nafsu makan. Alhasil, kamu tidak akan makan berlebihan karena bisa kenyang lebih lama. 

3. Menyehatkan kulit

Manfaat ikan gurame tidak hanya menyasar tubuh bagian dalam saja. Ternyata, ikan ini juga mampu menjaga kesehatan kulit. Lagi-lagi, efek ini berasal dari proteinnya. Nah, kandungan protein dan vitamin E pada gurami disinyalir mampu meregenerasi kulit, sehingga kulit tetap halus dan sehat. 

4. Sumber energi

Kandungan asam aminonya yang tinggi mampu mengisi energi dalam tubuh. Dengan demikian, kamu tidak mudah kelelahan dan tetap kuat menjalani aktivitas sehari-hari.

5. Membentuk antibodi

Selain sebagai sumber energi, kandungan protein dalam ikan ini juga membantu tubuh membentuk antibodi. Antibodi punya peranan besar dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Alhasil, kamu tidak akan gampang sakit kalau mengonsumsi ikan gurame. 

6. Menjaga kesehatan tulang

Sumber kalsium bukan hanya didapat dari produk susu saja. Kenyataannya, zat ini juga bisa kamu peroleh dari ikan gurame. Meski kadarnya tidak sebanyak susu, kalsium dalam ikan ini tetap bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

7. Memperbaiki jaringan yang rusak

Bukan hanya kalsium, ikan gurame juga mengandung fosfor yang mampu memperbaiki jaringan dan sel. Fosfor ternyata juga berperan dalam pembentukan DNA. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu rutin mengonsumsi ikan gurame. 

8. Mencegah anemia

Anemia adalah kondisi medis yang membuat seseorang kekurangan sel darah merah. Penyebabnya karena kurangnya asupan zat besi. Ikan gurame mengandung cukup zat besi sehingga bisa membantu pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari anemia ketika rutin mengonsumsinya. 

Selain mengonsumsi ikan gurame, kamu juga butuh vitamin dan suplemen supaya daya tahan tubuh semakin terjaga. Segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu anak sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Benefits. Diakses pada 2022. Carp fish benefits and nutrition facts.
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Growth, production and feed conversion performance of the gurami sago (Osphronemus goramy Lacepède, 1801) strain in different aquaculture systems.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan