Tak Hanya Enak, Ini 6 Manfaat Cantaloupe Melon

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Mei 2023

“Cantaloupe melon kaya akan vitamin dan mineral seperti asam folat, kalsium, zinc, potasium, dan zat besi, serta tidak mengandung lemak dan kolesterol.”

Tak Hanya Enak, Ini 6 Manfaat Cantaloupe MelonTak Hanya Enak, Ini 6 Manfaat Cantaloupe Melon

Halodoc, Jakarta – Cantaloupe melon atau melon manis adalah jenis buah yang cukup populer di dunia. Buah ini memiliki daging yang berwarna oranye terang dan tekstur yang lembut. Selain rasanya yang enak, cantaloupe melon juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Seperti layaknya buah dan sayur lainnya, melon jenis ini mengandung banyak air. Kandungannya juga kaya akan vitamin dan mineral seperti asam folat, kalsium, zinc, potasium, zat besi, dan masih banyak lagi. Selain itu, buah ini juga tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Manfaat Cantaloupe Melon untuk Kesehatan

Adapun berbagai manfaat kesehatan yang signifikan dari buah ini yaitu:

1. Memberi asupan vitamin bermanfaat

Cantaloupe melon mengandung berbagai nutrisi penting yang tubuh butuhkan, khususnya vitamin. Buah ini merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, dan K. Peran vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. 

Lalu, vitamin C berperan alam meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, dan menjaga kesehatan jaringan ikat. Vitamin K juga bermanfaat dalam penyembuhan, khususnya untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

2. Menjaga hidrasi tubuh

Kandungan air yang tinggi dalam cantaloupe melon membuatnya menjadi buah yang sangat menyegarkan dan dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi.

Menjaga hidrasi tubuh termasuk hal yang sangat penting agar fungsi tubuh bisa bekerja secara optimal. Selain itu, mendapatkan cairan yang cukup bisa mengatur suhu tubuh dan mendukung kesehatan kulit yang baik.

3. Mengandung fiber atau serat tinggi

Cantaloupe melon mengandung serat diet yang penting untuk pencernaan yang sehat. Nah, serat ini sangat baik untuk kamu konsumsi karena bisa membantu mengurangi risiko sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mencegah penyerapan kolesterol berlebih. Mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil.

4. Menjaga tekanan darah

Serat, potasium, kalium, dan vitamin C yang terkandung dalam jenis melon ini bisa mendukung kesehatan jantung dengan cara menjaga tekanan darah.

Makanan yang tinggi potasium dan kalium mampu mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga fungsi jantung. Terlebih dari itu, risiko penyakit jantung dan stroke juga bisa berkurang.

5. Membantu diet

Buah ini termasuk makanan rendah kalori dan rendah lemak yang dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan seratnya yang tinggi membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan. Selain melon, ketahui Buah Lainnya yang Baik Dikonsumsi saat Diet.

5. Mencegah kanker

Melon jenis ini mengandung senyawa antioksidan seperti beta-karoten dan tokoferol yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian kesehatan telah menemukan bahwa antioksidan ini dapat mendorong penurunan risiko kanker tertentu, terutama kanker prostat, jantung, dan juga kolorektal. 

6. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A, beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein dalam cantaloupe melon sangat baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi cantaloupe melon secara teratur dapat membantu mencegah masalah mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

Vitamin A esensial dalam menjaga kesehatan retina dan penglihatan yang baik. Sementara itu, beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan pengaruh sinar UV. 

Itulah manfaat cantaloupe melon untuk kesehatan yang kamu perlu ketahui. Selain buah, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen. Biar mudah, kamu bisa langsung beli produk kesehatan sesuai kebutuhan melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa beli obat dengan praktis kapan saja kamu butuh. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2023. Cantaloupe.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Nutritious Benefits of Eating Cantaloupe.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Everything you need to know about cantaloupe.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan