Simpel dan Praktis, Ini Cara Membuat Soto Ayam yang Enak dan Segar

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Juli 2023

“Cara membuat soto bisa dengan santan ataupun tanpa santan. Kalau kamu mau tanpa santan, pastikan menambah bumbu sesuai takaran supaya rasa tetap gurih.”

Simpel dan Praktis, Ini Cara Membuat Soto Ayam yang Enak dan SegarSimpel dan Praktis, Ini Cara Membuat Soto Ayam yang Enak dan Segar

Halodoc, Jakarta – Soto ayam memiliki rasa yang kaya dan lezat. Kuah kaldu ayam yang gurih dipadukan dengan rempah-rempah seperti serai, jahe, daun jeruk, dan bawang merah memberikan aroma dan cita rasa yang khas. Ditambah dengan daging ayam yang lembut dan bumbu-bumbu khas Indonesia, soto ayam menjadi hidangan yang nikmat dan menggugah selera.

Sayangnya, sering terjadi kesalahan saat mengolah menu ini. Salah satunya adalah kuah yang terlalu encer. Untuk mengatasinya, pastikan untuk memasak kuah dengan benar dan memperhatikan proporsi air dan bumbu yang tepat untuk menciptakan kuah yang gurih dan kaya rasa. 

Mau tahu lebih banyak lagi informasi cara membuat soto ayam enak dan segar? Baca selengkapnya di sini!

Langkah-Langkah Membuat Soto Enak dan Gurih

Mengatur proporsi bumbu adalah kunci cara membuat soto ayam dengan cita rasa yang seimbang. Terlalu banyak atau terlalu sedikit bumbu dapat mengubah rasa soto secara keseluruhan. Jangan ragu untuk mencoba dan menyesuaikan bumbu hingga mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera.

Topping dan pelengkap seperti mie bihun, potongan kentang, taoge, daun seledri, irisan bawang merah, dan kerupuk merupakan elemen penting dalam soto ayam. Beberapa orang sering kali kurang memperhatikan variasi topping, sehingga mengurangi kenikmatan dan kelezatan soto ayam

Pastikan untuk menyajikan soto ayam dengan berbagai topping dan pelengkap yang sesuai untuk memberikan variasi tekstur dan cita rasa.

Nah, sudah tahu kan, beberapa tips cara membuat soto ayam. Yuk, mulai membuatnya dengan kelengkapan sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi bagian-bagian kecil.
  • 2 liter air.
  • 3 batang serai, memarkan.
  • 4 lembar daun jeruk.
  • 5 cm jahe, memarkan.
  • 4 siung bawang putih, haluskan.
  • 2 sdm minyak goreng.
  • Sejumput garam. 
  • Merica bubuk secukupnya.

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • 2 cm kunyit.
  • 1 sendok teh jintan bubuk
  • 3 cm jahe.
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk.
  • 1 sendok teh garam.

Bahan pelengkap

Cara membuat:

1. Rebus air dalam panci besar. Masukkan potongan ayam ke dalam air mendidih dan masak hingga ayam matang. Angkat ayam dan sisihkan.

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, jahe, dan bawang putih hingga harum.

3. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci berisi air rebusan ayam. Kemudian, tambahkan garam dan merica bubuk sesuai selera. Aduk rata.

4. Masukkan potongan ayam kembali ke dalam panci. Kemudian, masak soto dengan api kecil selama 30-40 menit agar bumbu meresap ke dalam ayam.

5. Angkat ayam dari panci dan tiriskan. Kemudian, suwir-suwir daging ayam menggunakan dua garpu. Selain diolah menjadi soto, ayam juga enak dimasak kalasan, baca rekomendasinya di artikel Resep Ayam Kalasan, Mantap Disantap dengan Bumbunya.

6. Saring kaldu soto untuk mendapatkan kuah yang jernih. Buang serai, daun jeruk, dan jahe.

7. Siapkan mangkuk saji. Letakkan suwiran ayam di dalam mangkuk dan tuangkan kuah soto panas di atasnya.

8. Sajikan soto ayam dengan mie bihun, toge, irisan daun seledri, irisan bawang merah, dan kerupuk sebagai pelengkap.

Manfaat Santan dan Penggantinya untuk Membuat Soto

Santan memberikan rasa kaya dan tekstur lembut pada kuah soto. Lemak dalam santan memberikan sensasi kreami dan memberikan citarasa yang khas pada hidangan. Hal ini membuat soto menjadi lebih lezat dan menggugah selera.

Selain itu, lemak dalam santan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi soto. Ini karena lemak memberikan kestabilan pada kadar gula darah dan membantu menunda rasa lapar. Enggak percaya? Yuk baca artikel Tidak Bahaya, Ini 11 Manfaat Santan untuk Kesehatan.

Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi santan dalam jumlah yang wajar penting. Santan mengandung lemak jenuh, dan mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori dan lemak jenuh. Nah, hal ini bisa berdampak negatif pada kesehatan jika tidak seimbang dengan pola makan yang sehat.

Dalam menyajikan dan mengonsumsi soto, santan dapat memberikan manfaat dalam hal rasa, tekstur, dan asupan nutrisi. Tetaplah memperhatikan porsi dan variasi bahan makanan lainnya dalam hidangan untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan gaya hidup yang sehat.

Jika kamu ingin memberikan cita rasa gurih santan, bisa menggunakan krimer sebagai pengganti atau susu.

Jaga selalu kesehatanmu dan kelurga dengan makanan sehat. Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan produk kesehatan yang bisa kamu dapatkan di Halodoc. Yuk, klik gambar berikut untuk memesannya sekarang:

Referensi:
Halodoc. Diakses pada 2023. Amankah Menggunakan Fibercreme untuk Olahan Makanan?
Detik Food. Diakses pada 2023. Resep Soto Ayam Kuning Berkuah Bening Segar.
Cookpad. Diakses pada 2023. Soto Ayam Kuah Bening.
Kompas.com. Diakses pada 2023. Resep Soto Ayam, Ide Menu Makan Siang yang Praktis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan