Si Kecil Alami Campak, Hubungi 5 Dokter Spesialis Anak Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Januari 2024

“Campak adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya ruam merah di seluruh tubuh. Ibu bisa menghubungi dokter spesialis anak di Halodoc untuk mengetahui pertolongan pertama yang tepat."

Si Kecil Alami Campak, Hubungi 5 Dokter Spesialis Anak IniSi Kecil Alami Campak, Hubungi 5 Dokter Spesialis Anak Ini

DAFTAR ISI

  1. Dokter Spesialis Anak yang Bisa Atasi Campak pada Anak
    1. dr. Erlin Sp.A
    2. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc
    3. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A
    4. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed
    5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Halodoc, Jakarta – Campak adalah suatu infeksi saluran pernapasan yang sangat mudah menyebar. Karakteristik dari penyakit ini adalah munculnya ruam kulit di seluruh tubuh dan gejala serupa flu. Virus yang menyebabkan campak dapat ditularkan melalui percikan air liur.

Umumnya, tanda-tanda penyakit mulai muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah tubuh terpapar virus tersebut.

Campak biasanya lebih sering menyerang anak-anak dan dapat memiliki konsekuensi yang serius, bahkan berakibat fatal. Akan tetapi, penggunaan vaksin dapat mencegah terjadinya penyakit ini.

Dokter Spesialis Anak yang Bisa Atasi Campak pada Anak

Jika ayah atau ibu curiga Si Kecil mengalami gejala campak, jangan ragu untuk bicara dengan dokter spesialis anak.

Sebelum menghubungi dokter, berikut 7 Gejala Awal Campak yang perlu ibu ketahui. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis anak yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 13 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Erlin Sp.A

Ibu bisa menghubungi dr. Erlin Sp.A yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya Jakarta pada 2005, Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2019 dan San Juan De Dios Educational Foundation, Filipina, pada 2013.

Dokter Erlin saat ini berpraktik di Bogor dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan bekal pengalaman sebagai dokter anak selama 19 tahun, dr. Erlin Sp.A. mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait campak pada anak.

Selain itu, ia juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, bayi lahir kecil dan prematur, kesehatan remaja, hormon anak dan alergi serta imunitas anak. 

Chat dr. Erlin Sp.A mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

2. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2004 dan 2009. 

Dokter Dandung kini berpraktik di Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Berbekal pengalaman selama 20 tahun, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit campak pada anak.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait gangguan darah, DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak serta perkembangan anak.

Chat dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc mulai dari Rp 89.000,- di Halodoc

3. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A

Rekomendasi dokter lain yang bisa ibu hubungi, yaitu dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A.

Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta, pada 2001 dan Universitas Sam Ratulangi, Manado, pada 2019.

Kini, dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A berpraktik di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A. bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait campak. 

Ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter Gracia terkait nafsu makan dan nutrisi anak, perkembangan anak, DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak, serta bayi lahir kecil dan prematur.

Chat dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

4. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed

Selanjutnya, ibu bisa menghubungi dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2006 dan 2018.

Ia berpraktik di Lamongan, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 17 tahun, dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait campak.

Chat dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

Sebelum menghubungi dokter, jangan sampai salah, ini Bedanya Gejala Campak, DBD, dan Tifus yang perlu ibu ketahui supaya tidak salah memperkirakan. 

5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Pilihan lainnya, yaitu dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2008 dan Universitas Airlangga pada 2020.

Dokter Dwi Lestari Avianti kini berpraktik di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar campak.

Chat dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis anak yang bisa ibu hubungi terkait campak pada Si Kecil.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, ibu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. Measles: Signs and Symptoms
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Measles.
Kids’ Health. Diakses pada 2024. Measles.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan