Self Hypnosis, Terapi Diri Sendiri untuk Kesehatan Mental

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Oktober 2022

“Self hypnosis adalah proses yang melibatkan penggunaan teknik tertentu untuk memasuki keadaan hipnosis. Saat berada dalam keadaan relaksasi yang intens, seseorang mencoba memvisualisasikan tujuan utama yang ingin dicapainya.”

Self Hypnosis, Terapi Diri Sendiri untuk Kesehatan MentalSelf Hypnosis, Terapi Diri Sendiri untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Self hypnosis berawal dari praktik hipnosis. Praktik ini biasanya digunakan untuk membantu mengatasi stres, insomnia, dan mencoba menghentikan kebiasaan seperti merokok atau minum alkohol. Mirip dengan meditasi, teknik ini membutuhkan latihan untuk bisa merasakan manfaatnya.

Para ahli mengartikan keadaan hipnosis sebagai keadaan ketika seseorang, meski dalam kondisi terjaga, memiliki lebih banyak kesadaran akan pengalaman batin diri mereka dibandingkan dengan lingkungan terdekat mereka. Pengalaman batin ini termasuk sensasi, perasaan, pikiran, dan gambaran mental. 

Hipnosis menjadi proses untuk memulai dan mempertahankan gambaran kesehatan mental tersebut. Teknik ini juga melibatkan perubahan visualisasi mental yang umumnya dilakukan dengan menggunakan saran yang mendorong pihak yang terhipnotis untuk membayangkan hal-hal tertentu.

Manfaat Melakukan Self Hypnosis

Melakukan self hypnosis tidak hanya dapat mengurangi stres. Cara meditasi ini juga memiliki berbagai manfaat potensial lainnya, di antaranya:

1. Membuat tidur lebih berkualitas

Studi dalam Journal of Women’s Health yang dilakukan terhadap 90 wanita dengan gangguan tidur setelah menopause menyebutkan, bahwa self hypnosis disebutkan sebagai pengobatan yang efektif untuk insomnia dan berbagai gangguan tidur lainnya. 

Sebagian besar wanita melaporkan bahwa hipnosis membantu mereka tidur lebih lama. Selain itu, mereka juga mengalami peningkatan dalam kualitas tidur, perubahan suasana hati, dan penurunan hot flashes serta keringat berlebih pada malam hari. 

2. Membantu menurunkan berat badan

Selain membuat tidur lebih berkualitas, self-hypnosis juga disebut memiliki efek untuk membantu menurunkan berat badan. Manfaatnya bisa didapatkan dengan meningkatkan kesadaran tentang makanan ketika sedang makan, dan membatasi makan sebagai respons terhadap isyarat emosi. 

Studi dalam jurnal Obesity menganjurkan peserta sebanyak 60 orang untuk menggunakan self-hypnosis sebelum makan. Tujuannya untuk meningkatkan kontrol diri dan menghentikan kebiasaan makan yang tidak diinginkan. Hasilnya, terapi diri sendiri ini memicu munculnya perasaan kenyang setelah makan bersama, dengan meningkatnya kualitas hidup dan menurunnya risiko peradangan. 

3. Mengendalikan rasa sakit

Studi dalam jurnal BMC Geriatrics yang dilakukan terhadap 53 orang dewasa yang dirawat di rumah sakit karena nyeri kronis menyebutkan, hipnosis memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit dibandingkan dengan terapi pijat selama tinggal di rumah sakit. Selain itu, terapi ini juga diduga menawarkan beberapa manfaat yang berkaitan dengan meningkatkan suasana hati.

Melakukan Self Hypnosis Sendiri

Ingin mencoba mempraktekkan self hypnosis sendiri? Kamu bisa coba mengikuti langkah berikut:

  • Bentuk kenyamanan. Kenakan pakaian yang bisa membuat kamu merasa nyaman dan rileks untuk membantu kelancaran relaksasi.
  • Cari tempat yang nyaman. Tenangkan diri di ruangan yang sepi dan tanpa gangguan. Matikan ponsel dan duduklah di mana saja dengan nyaman.
  • Tetapkan tujuan. Apa yang ingin kamu dapatkan dari melakukan self hypnosis? Misalnya, apakah kamu ingin mendapatkan tidur yang lebih baik, terlepas dari kecemasan dan stres, atau menghilangkan kebiasaan buruk.
  • Fokuskan pandangan. Temukan sesuatu yang sederhana dalam garis pandang mata untuk fokus. Bisa juga dengan membuat titik fokus seperti menyalakan lilin dan fokus pada nyala api.
  • Mulailah bernapas perlahan dan dalam. Tarik napas melalui hidung dan hembuskan perlahan melalui mulut, biarkan mata tertuju pada titik fokus. Lanjutkan bernapas, bayangkan dengan setiap napas, kelopak mata menjadi lebih berat. Teruskan sampai mata terasa terlalu berat untuk tetap terbuka.
  • Visualisasi. Ciptakan “tempat bahagia” dan damai. Misalnya, mengelilingi diri dengan awan warna-warni yang menenangkan atau membayangkan diri berjalan di sepanjang pantai, atau duduk di ladang bunga. 
  • Lakukan afirmasi. Ulangi kata-kata seperti “saya merasa tenang” atau “saya merasa damai” seperti mantra.
  • Kembali pada tujuan. Setelah kamu merasa benar-benar tenang, gunakan visualisasi untuk fokus pada tujuan. Jangan berhemat pada detailnya, buat pemandangan sejelas mungkin. Mencoba untuk tidur lebih baik? Rasakan diri terselip di tempat tidur dengan seprai lembut. Dengarkan dengungan pendingin ruangan saat kamu bernapas dengan tenang dalam kegelapan yang sejuk dan melayang menuju tidur.
  • Tegaskan tujuan. Saat membayangkan diri mencapai tujuan, ulangi kembali kata-kata motivasi sampai tubuh kamu benar-benar menerimanya. 
  • Biarkan tubuh kembali normal. Bersiaplah untuk meninggalkan kondisi hipnosis. Bayangkan setiap tarikan napas menarik energi dari dunia di sekitar kamu, dan setiap napas mengirimkannya mengalir melalui pembuluh darah. Setiap napas membuat anggota tubuh terasa lebih ringan sampai kembali normal.
  • Bangunkan dirimu. Mulailah menghitung mundur dari 10, katakan pada diri sendiri, “Ketika mencapai angka satu, saya akan membuka mata, menjadi lebih bersemangat untuk mencapai tujuan.”

Self hypnosis sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Namun, apabila kamu merasa butuh bantuan, kamu bisa hubungi dokter atau psikolog di Halodoc untuk mendapatkan panduan yang tepat.

Kamu juga bisa menggunakan layanan Tes Depresi di Halodoc✔️ untuk mengukur level depresi kamu sebagai langkah awal dalam menjaga kesehatan mental. Klik gambar di bawah ini untuk mulai tes.

tes depresi halodoc
Referensi:
Journal of Women’s Health. Diakses pada 2022. Self-Hypnosis for Sleep Disturbances in Menopausal Women.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about self-hypnosis.
Obesity. Diakses pada 2022. Effects of Self-Conditioning Techniques (Self-Hypnosis) in Promoting Weight Loss in Patients with Severe Obesity: A Randomized Controlled Trial.
BMC Geriatrics. Diakses pada 2022. Hypnosis can reduce pain in hospitalized older patients: a randomized controlled study.
Healthline. Diakses pada 2022. Yes, Self-Hypnosis Can Really Work — Here’s How to Give It a Try.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan