Selain Melancarkan Pencernaan, Ini 5 Manfaat Probiotik

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Juni 2023

“Probiotik merupakan bakteri baik yang menyimpan banyak manfaat. Bakteri ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung, rongga mulut, mencegah infeksi pernapasan, dan bahkan juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.”

Selain Melancarkan Pencernaan, Ini 5 Manfaat ProbiotikSelain Melancarkan Pencernaan, Ini 5 Manfaat Probiotik

Halodoc, Jakarta – Probiotik adalah bakteri baik yang hidup secara alami dalam tubuh. Bakteri ini sudah terkenal akan manfaatnya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Ketika pencernaan terinfeksi, akan ada lebih banyak bakteri jahat yang membuat sistem pencernaan menjadi tidak seimbang.

Nah, probiotik membantu menghilangkan bakteri jahat dengan menyeimbangkan bakteri baik pada usus. Selain baik untuk pencernaan, ada pula manfaat probiotik lainnya bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan

Berikut manfaat probiotik bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga kesehatan jantung

Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah. Ketika strain probiotik tertentu masuk dalam tubuh ia akan memecah empedu di usus. 

Empedu merupakan cairan alami yang sebagian besar terbuat dari kolesterol. Dengan memecah empedu, probiotik dapat mencegahnya diserap kembali di usus, yang dapat masuk ke dalam darah sebagai kolesterol.

2. Mencegah infeksi saluran pernapasan atas

Manfaat probiotik selanjutnya yaitu dapat mencegah infeksi saluran pernapasan atas, seperti batuk pilek, dan sinusitis. Menurut penelitian oleh Cochrane Library, suplementasi probiotik berperan dalam mencegah infeksi saluran pernapasan atas dan mengurangi durasi infeksi.

Ada pula penelitian lain yang juga mendukung manfaat probiotik ini. Menurut studi penggunaan probiotik berkaitan dengan tingkat dan durasi yang lebih rendah dari infeksi saluran pernapasan ringan pada anak-anak dan orang dewasa. 

3. Menjaga kesehatan rongga mulut

Penyakit periodontal terjadi akibat infeksi atau radang pada gusi. Berdasarkan studi berjudul Probiotics as an Adjunct Therapy for the Treatment of Halitosis, Dental Caries and Periodontitis menemukan bahwa, probiotik dapat secara efektif mencegah dan mengobati beberapa penyakit menular di rongga mulut, seperti halitosis dan periodontitis. 

Selain itu, bakteri baik ini juga dapat mengurangi perkembangan karies gigi dan konsentrasi bakteri berbahaya dalam mulut. Untuk mengetahui makanan lainnya yang dapat menjaga kesehatan mulut, kamu bisa kunjungi artikel ini, “Intip 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut.”

4. Meningkatkan mood dan mengurangi stress

Bakteri di usus menghasilkan neurotransmitter yang bertugas membawa pesan pada tubuh. Neurotransmitter mengatur pola tidur, suasana hati, serta mengendalikan fungsi kandung kemih dan jantung. 

Stres diketahui mengganggu bakteri usus, yang dapat mempengaruhi jumlah dan fungsi neurotransmitter. Dengan mengonsumsi probiotik, bakteri baik pada usus akan terisi kembali selama dan setelah periode stres, sehingga dapat meningkatkan suasana hati, kualitas tidur, dan fungsi kognitif.

5. Mengatasi permasalahan kulit

Manfaat probiotik selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Menggunakan probiotik baik berupa suplemen atau krim topikal dapat membantu mencegah dan mengobati kondisi kulit seperti jerawat, kulit kering, dan kerusakan kulit akibat sinar UV. 

Tak hanya itu, probiotik juga baik untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif termasuk eksim. Sebab, jenis probiotik tertentu telah terbukti meningkatkan produksi ceramide, yaitu asam lemak yang berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit dan menjaga keseimbangan bakteri penyebab jerawat. 

Ceramide sangat berguna bagi pemilik kulit eksim karena, dapat memberikan kelembapan dan melindungi kulit dari rasa kering dan gatal.  

Apakah Probiotik bisa Dikonsumsi Setiap Hari?

Dengan begitu banyaknya manfaat probiotik, kamu mungkin bertanya-tanya apakah dapat mengonsumsi probiotik setiap hari? Jawabannya, ya. Umumnya, probiotik aman kamu konsumsi setiap hari. 

Alasannya karena, untuk menjaga kesehatan pencernaan, bakteri jahat dan bakteri baik harus tetap seimbang. Dengan mengonsumsi probiotik setiap hari, kamu bisa terus menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan mendapatkan manfaat probiotik lainnya. 

Namun, ingat, jika kamu memiliki kekebalan tubuh yang lemah, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk memilih jenis probiotik yang aman dan efektif, serta dosis yang sesuai.

Itulah berbagai manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh. Kini untuk mendapatkan suplemen probiotik kamu tidak perlu repot-repot pergi ke apotek, karena dengan Halodoc kamu bisa mengakses suplemen dengan lebih mudah hanya melalui smartphone. Tunggu apa lagi yuk download Halodoc sekarang. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 8 Health Benefits of Probiotics.
Healthline. Diakses pada 2023. Brainy Beauty: What Do Probiotics Have to Do with Your Skin?
Medicinenet. Diakses pada 2023. Is It OK to Take a Probiotic Every Day?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan