Selain Cuci Muka dan Jaga Makan, Ini Cara Mencegah Jerawat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Desember 2022

“Tak hanya sering cuci muka, ada banyak cara lain untuk mencegah jerawat. Termasuk memerhatikan produk riasan yang kamu pakai.”

Selain Cuci Muka dan Jaga Makan, Ini Cara Mencegah JerawatSelain Cuci Muka dan Jaga Makan, Ini Cara Mencegah Jerawat

Halodoc, Jakarta – Cara mencegah jerawat sebenarnya mudah, tapi harus disiplin dan konsisten. Dua hal yang paling penting adalah cuci muka secara teratur dan menjaga pola makan. Namun, apakah dengan melakukan keduanya sudah cukup?

Nyatanya, jerawat bisa timbul karena banyak hal. Bisa jadi ada kebiasaan tertentu yang tanpa kamu sadari menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, simak tips pencegahan jerawat dalam pembahasan berikut ini!

Cara Mencegah Jerawat

Meskipun tidak ada cara yang aman untuk menghilangkan jerawat selamanya, kamu dapat menurunkan risiko timbulnya jerawat dan menjaga kulit tetap sehat, yaitu:

1. Ketahui Jenis Kulit Kamu

Mengetahui jenis kulit dapat membantu menentukan produk mana yang harus kamu gunakan dan kamu hindari.

Ini adalah dasar dari segala cara mencegah jerawat yang perlu kamu pahami.  

Kamu dapat menggunakan parameter berikut untuk mengidentifikasi jenis kulit:

  • Kering: Kulit sering terasa terkelupas dan kencang.
  • Berminyak: Kulit cenderung terlihat berkilau di penghujung hari.
  • Kombinasi: Kamu memiliki area kering dan area berminyak. Daerah yang berminyak biasanya adalah T-zone, atau dahi, hidung, dan dagu.
  • Sensitif: Kulit mudah bereaksi terhadap produk dan rentan terhadap ruam, perubahan warna, atau iritasi. Kamu dapat memiliki kulit sensitif bersamaan dengan jenis kulit tadi.

Jika kamu memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat, terlalu banyak produk dengan bahan aktif (seperti asam salisilat dan krim retinol) dapat merusak lapisan penghalang kulit dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Bila kulit cenderung berminyak, hindari pelembap untuk kulit kering. Karena mungkin dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan rentan berjerawat. 

2. Gunakan Pelembap Kulit

Pelembap dapat membantu kulit tetap terhidrasi, dan bisa jadi cara mencegah timbulnya jerawat. Jika kulit terlalu kering, maka akan menghasilkan minyak (sebum) untuk mengimbangi kekeringan. Namun, kelebihan sebum bisa menyebabkan jerawat.

Meski begitu, banyak pelembap yang mengandung minyak, pewangi sintetis, atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

Pastikan memeriksa daftar bahan sebelum membeli pelembap untuk memastikannya bebas pewangi dan non-comedogenic.

3. Minum Air yang Cukup

Jika kamu mengalami dehidrasi, tubuh mungkin memberi sinyal pada kelenjar minyak kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Dehidrasi juga membuat kulit tampak kusam, meningkatkan peradangan dan perubahan warna.

Untuk menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik, usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Ini bisa jadi cara paling mudah untuk mencegah jerawat.

4. Batasi Produk yang Kamu Pakai

Meskipun kamu mungkin tergoda untuk menggunakan riasan untuk menutupi jerawat, hal ini dapat menyumbat pori-pori dan memperparahnya.

Jadi, membatasi produk riasan yang kamu pakai bisa jadi salah satu cara mencegah jerawat yang ampuh. 

Jika tetap ingin mengenakan make up, pilih alas bedak atau concealer yang non-comedogenic dan bebas pewangi, agar kulit tidak semakin teriritasi. Pastikan juga untuk membersihkan riasan sebelum tidur. 

Selain membatasi make-up, kamu juga perlu memerhatikan produk lain yang kamu gunakan di dekat wajah, terutama produk penata rambut.

Hair spray, dry shampoo, dan produk rambut lainnya dapat bersentuhan dengan kulit dan memicu jerawat. 

5. Jangan Suka Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dapat mentransfer bakteri dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menyentuh wajah jika belum cuci tangan. 

6. Batasi Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang terlalu sering dapat membuat kulit dehidrasi. Seiring waktu, ini menyebabkan kulit berminyak dan menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, pastikan untuk membatasi paparan sinar matahari. 

7. Cobalah Aktivitas Penghilang Stres

Stres tidak menyebabkan jerawat, tetapi dapat memperburuknya. Sebab, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon perangsang minyak saat sedang stres. Jadi, cobalah lakukan hal-hal yang bisa menghilangkan stres, seperti yoga, meditasi, pijat, dan lain-lain.

Itulah beberapa cara mencegah jerawat, selain mencuci muka dan menjaga pola makan. Jika kondisi kulit kamu tak membaik, download Halodoc saja untuk tanya dokter terkait menjalani pemeriksaan kulit. 

Chat dengan dokter kulit terkait cara mencegah jerawat bersama dengan Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Prevent Acne: 14 Tips to Reduce Pimples.
WebMD. Diakses pada 2022. 10 Tips for Preventing Acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan