Sebelum Cek Kehamilan ke Bidan, Perhatikan 5 Hal Ini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Juni 2021

“Selain mengunjungi dokter kandungan, bidan sering dijadikan alternatif lain untuk cek kehamilan. Persiapkan beberapa pertanyaan mendetail, kenakan pakaian yang nyaman dan riwayat medis kamu dan pasangan.“

Sebelum Cek Kehamilan ke Bidan, Perhatikan 5 Hal IniSebelum Cek Kehamilan ke Bidan, Perhatikan 5 Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang sedang menantikan momongan, pasti merasa sangat penasaran ketika merasakan tanda-tanda kehamilan. Rasa penasaran ini tentu mendorong keinginan untuk segera menemui bidan guna memastikan kehamilan.

Menemui bidan secepatnya memang disarankan. Namun, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum menemui bidan. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin cek kehamilan di bidan.

Perhatikan Hal Ini sebelum Cek Kehamilan ke Bidan

Sebelum mengunjungi bidan untuk cek kehamilan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu seperti:

1. Periksa tanggal HPHT

HPHT adalah singkatan dari hari pertama haid terakhir. Artinya, kamu perlu memeriksa atau mengingat-ingat kapan hari pertama haid yang terakhir kali kamu alami. Ini sangat penting untuk membantu bidan dalam mengukur usia kandungan.

Jangan khawatir jika kamu tidak ingat tanggal hari pertama haid terakhir kamu. Kamu masih bisa mengira-ngira saja. Namun, supaya lebih akurat kamu juga harus mengingat kapan gejala kehamilan yang kamu alami muncul pertama kali.

2. Persiapkan untuk USG

Sebenarnya, tidak semua bidan memiliki fasilitas USG. Namun, jika klinik bidan yang kamu kunjungi tersedia USG, kamu mungkin perlu mempersiapkan diri. Kehamilan yang sangat muda biasanya sulit untuk mendeteksi embrio bila hanya melalui USG transabdominal. Untuk memastikan bakal janin, kamu mungkin akan disarankan untuk menjalani USG transvaginal

3. Siapkan Diri untuk Jalani Tes Darah

Selain melalui USG, kehamilan juga bisa dipastikan melalui tes darah. Tes darah ini bertujuan untuk memeriksa jumlah hormon kehamilan yaitu human choroid gonadotropin (hCG) dalam darah.

Semakin tinggi jumlah hCG, maka semakin besar juga usia kandungannya. Selain bertujuan untuk mendeteksi hCG, tes darah juga bertujuan untuk memeriksa kadar gula darah, sel-sel darah dan mendeteksi virus.

4. Kenakan Pakaian yang Praktis

Bidan pastinya akan memeriksa bagian perut kamu untuk mengecek kehamilan. Oleh sebab itu, sebaiknya kenakan pakaian yang praktis dan nyaman supaya mudah dibuka. Kamu bisa menggunakan dress atau baju yang berkancing.

5. Bawa Riwayat Kesehatan Kamu dan Pasangan

Kamu juga wajib membawa riwayat medis kamu dan pasangan saat berencana menemui bidan. Riwayat medis ini bertujuan agar bidan tahu apakah kamu dan pasangan memiliki riwayat penyakit tertentu yang berpotensi memengaruhi kehamilan.

Pastikan kamu menyampaikan terkait riwayat penyakit dan alergi yang pernah kamu alami serta vaksinasi yang sudah pernah kamu dapatkan. Kamu juga wajib memberi tahu bidan tentang obat atau suplemen yang sedang kamu konsumsi. 

6. Siapkan Pertanyaan

Kamu dan pasangan pasti punya segudang pertanyaan terkait kehamilan. Untuk itu, sebelum mengunjungi bidan, siapkan daftar pertanyaan mendetail yang ingin kamu katakan pada bidan. Kamu bisa menulisnya di kertas atau mengetiknya di smartphone kamu supaya tidak terlupa. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mengunjungi bidan. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, segera tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter kapan dan di mana pun kamu butuhkan. 

Mau tahu lebih jauh mengenai tugas dan peran bidan? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Tugas dan Peran Bidan di Rumah Sakit“.

Sekarang, kamu juga sudah bisa cek kesehatan tanpa keluar rumah dengan Halodoc Home Care. Halodoc Home Care adalah layanan homecare untuk tes lab, seperti cek demam, cek darah (hematology), cek kolesterol, cek diabetes, medical check up hingga imunisasi yang bisa dipanggil ke rumah atau ke tempat kamu berada, di mana saja!

Saat ini, layanan Halodoc Home Care bisa di-booking untuk area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi sesuai ketersediaan. Setiap pemesanan di Halodoc Home Care mendapatkan gratis konsultasi hasil dengan dokter dan tanpa biaya tambahan lainnya. Tunggu apalagi? Yuk, tes sekarang juga! Jangan lupa download aplikasi Halodoc dulu, ya!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2021. Your first midwife appointment.
Pregnancy, Birth & Baby. Diakses pada 2021. Your first antenatal visit.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan